Ibu Positif Covid-19 Melahirkan Bayi secara Normal di Wisma Atlet

Ibu tersebut berasal dari Bekasi yang sudah hamil 9 bulan saat tekonfirmasi positif virus corona

15 Desember 2020

Ibu Positif Covid-19 Melahirkan Bayi secara Normal Wisma Atlet
Instagram.com/fanday40

Covid-19 bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Terbaru ada kabar seorang mama melahirkan di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta pada Minggu (13/12/2020) siang. Ibu tersebut diketahui positif Covid-19 sebelum melahirkan bayinya.

Kejadian tersebut adalah pertama kalinya RS Wisma Atlet membantu persalinan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 saat hamil sembilan bulan. Belum lagi persalinan tersebut dilakukan secara normal.

Bagaimana kabar mengenai ibu positif Covid-19 yang melahirkan di Wisma Atlet? Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.

Editors' Picks

1. Pertama kali terjadi kasus melahirkan di Wisma Atlet

1. Pertama kali terjadi kasus melahirkan Wisma Atlet
Unsplash/Christian Bowen

Kejadian ini adalah hal yang pertama kali di Wisma Atlet ketika tenaga medis membantu proses melahirkan ibu hamil yang positif Covid-19. Diketahui, mama yang berasal dari Bekasi tersebut sudah hamil sembilan bulan saat terkonfirmasi positif.

Mama tersebut adalah hasil rujukan dari salah satu rumah sakit swasta di Jakarta. Dirinya dirawat di tower empat lantai lima Wisma Atlet. Dikutip dari berbagai sumber, ia pertama kali dinyatakan positif covid-19 pada 29 November 2020 berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang dilakukan oleh perusahaannya.

2. Ibu positif Covid-19 melahirkan secara normal

2. Ibu positif Covid-19 melahirkan secara normal
Freepik/KamranAydinov

Ibu tersebut melahirkan bayi perempuan secara normal. Bayi yang dilahirkan itu diberi nama Atlecia Afrina. Sang Mama memberinya nama itu sebagai simbol pengingat dan rasa terima kasih atas jasa tenaga medis yang membantu persalinannya.

Karena melahirkan secara normal, Atlecia pun akan di tes swab segera setelah ia dilahirkan. Kini hasil dari tes swab bayi Atlecia belum diumumkan. Ketika berita ini terbit, baik sang Ibu maupun bayinya masih menjalani pemulihan di RS Mitra Keluarga.

3. Risiko bayi yang lahir dari ibu positif Covid-19

3. Risiko bayi lahir dari ibu positif Covid-19
pixabay/ Madlen Deutschenbaur

Dikutip dari website WHO, penularan dari ibu hamil ke bayi atau saat melahirkan masih belum diketahui pasti. Pasalnya, hingga saat ini virus tersebut belum ditemukan dalam sampel cairan di sekitar bayi dalam kandungan atau ASI.

Meski begitu soal kelahiran normal atau caesar pada pasien Covid-19, WHO menyebut bahwa kelahiran caesar boleh dilakukan ketika memang ada pertimbangan medis. Operasi caesar tidak diharuskan bagi Ibu suspek atau tekonfirmasi positif Covid-19.

Dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Pondok Indah-Puri Indah, dr. Eric Kasmara dalam webinar bulan Juni 2020 lalu menyatakan bahwa sebaiknya ibu melahirkan yang positif Covid-19 melakukan persalinan normal dan tidak melakukan direct breastfeeding (menyusui secara langsung).

Selain itu, mama yang positif ini juga disarankan tidak menemui langsung bayinya sebelum negatif Covid-19 sebagai tindakan pencegahan.

Itulah tadi informasi mengenai ibu melahirkan di Wisma Atlet. Jika saat ini Mama sedang hamil tetap berusaha untuk selalu menjaga kesehatan ya, Ma. Semoga pandemi lekas berakhir.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.