Lahiran Anak Kelima, Ini 11 Potret Perjuangan Zaskia Mecca sejak Hamil

Selamat untuk pasangan ini!

3 Juli 2020

Lahiran Anak Kelima, Ini 11 Potret Perjuangan Zaskia Mecca sejak Hamil
Instagram.com/hanungbramantyo

Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo sedang ada di momen bahagia. Pasangan yang sudah dikaruniai empat anak ini menyambut kedatangan anggota baru di keluarga mereka. Yups, Zaskia baru saja melahirkan anak kelima pada Jumat (3/7/2020) pagi.

Sejak hamil anak kelima ini, Zaskia kerap membagikan setiap momen seru yang dijalaninya mulai dari pertama kali mengumumkan hamil hingga melahirkan hari ini. Tak ketinggalan, Hanung sebagai suami juga terus mendukung istri tercintanya.

Turut berbahagia dengan pasangan ini, berikut Popmama.com rangkum 11 potret perjuangan Zaskia Mecca dari pertama hamil anak kelima hingga melahirkan.

1. Mengumumkan kehamilan kepada publik saat PSBB

1. Mengumumkan kehamilan kepada publik saat PSBB
Instagram.com/zaskiadyamecca

Zaskia Mecca baru mengumumkan kehamilannya pada saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan beberapa waktu lalu. Diketahui, sejak Maret 2020 keluarga Bramantyo sudah berada di rumah mereka di Yogyakarta. Setelah hampir tiga bulan menjalani karantina di sana, pada Kamis (27/5/2020), Zaskia mengaku bahwa ia sedang hamil anak kelima. Pengakuan tersebut ia sampaikan di laman instagramnya.

2. Zaskia kerap 'update' perihal kehamilannya

2. Zaskia kerap 'update' perihal kehamilannya
Instagram.com/zaskiadyamecca

Dalam youtube The Bramantyos, Zaskia menceritakan perkembangan kehamilannya. Mama empat anak ini diketahui melakukan check up ke dokter pada 6 Februari 2020 di usia kehamilannya yang ke-16 minggu.

Namun, diungkapkan Zaskia kalau ia pertama kali mengetahui dirinya hamil pada November 2019.

3. Menurut Zaskia, ini kehamilan ‘paling drama’

3. Menurut Zaskia, ini kehamilan ‘paling drama’
Instagram.com/zaskiadyamecca

Menurut Zaskia kehamilannya kali ini sangat drama. Karena dirinya yang sempat down, hingga terus menangis di awal kehamilan. Bahkan menyebut kalau ini adalah kehamilan ‘paling drama’.

“Menurutku ini kehamilan paling drama dan dimulainya cukup berat juga,” ujar Zaskia dalam vlognya tanggal 28 Mei 2020.

Ia mengaku belum siap untuk mengandung anak kelima. Bukan tanpa sebab, karena Zaskia dan Hanung sudah berencana akan berhaji tahun 2020 ini.

“Pertama tahu hamil bulan November, ini pertama kali kehamilan yang aku tahu paling beda reaksinya. Nangis, terus mas Hanung belum tau itu aku hamil. Terus terang aku nggak siap buat nambah anak. Nggak ada bayangan buat nambah anak lagi,” tutur Zaskia.

“Aku nggak siap itu karena kita set tahun 2020 ini udah pengen haji,” tambahnya.

4. Zaskia dan Hanung sempat bertengkar ketika awal kehamilan

4. Zaskia Hanung sempat bertengkar ketika awal kehamilan
Youtube.com/The Bramantyos

Karena ketidaksiapan Zaskia dengan kehamilan anak kelimanya ini, ia dan Hanung sempat bertengkar. Mengingat saat itu Zaskia tidak berhenti menangis ketika mengetahui dirinya hamil.

“Kita periksa ke dokter aja bukan kayak pasangan yang hamil, kayak berantem,” jelas Zaskia.

“Aku kan nangis terus dari tahu hamil, sampai ke rumah sakit, sampai masuk ke ruang dokter tuh aku mojok dan nangis. Terus Mas Hanung marah, karena nganggepnya ‘kok aku disalahin sih kamu nangis’,” tuturnya.

Editors' Picks

5. ‘Support System’ jadi hal yang penting untuk kehamilan Zaskia

5. ‘Support System’ jadi hal penting kehamilan Zaskia
Instagra.com/zaskiadyamecca

Namun, meski sempat down di bulan pertama hamil pada akhirnya Zaskia bisa menerima. Ia menyebut salah satunya adalah karena support system dari semua orang terdekatnya.

“Akhirnya bulan kedua aku udah mulai menerima. Tapi emang aku alhamdulillah punya support system yang luar biasa sih. Mas Hanung juga akhirnya nguatin, temen-temen aku, keluarga. Akhirnya ya aku jalanin,” tuturnya.

6. Zaskia sudah punya nama untuk bayinya ketika usia kehamilan 8 bulan

6. Zaskia sudah pu nama bayi ketika usia kehamilan 8 bulan
Instagram.com/zaskiadyamecca

Sebelum melahirkan, ternyata Hanung Bramantyo dan Zaskia Mecca sudah punya nama untuk calon anaknya. Bahkan nama itu sudah disiapkan sebelum usia kandungan Zaskia 34 minggu.

“Kita udah punya nama, semenjak dia udah punya nama alhamdulillah makin sayang. Dan bersyukur, alhamdulillah dulu nggak jadi ngegugurin. Udah bahagia alhamdulillah,” tutur Zaskia.

7. Zaskia dan keempat anaknya sempat sakit di bulan Januari

7. Zaskia keempat anak sempat sakit bulan Januari
Instagram.com/zaskiadyamecca

Meski sudah mulai menerima kehamilannya ini, drama ternyata tidak berhenti sampai di sana. Di usia kehamilan 13 minggu atau 3 bulan. Saat itu, ia sempat stres karena ia jatuh sakit. Tak hanya dirinya, ternyata keempat anaknya juga jatuh sakit.

“Pas aku sakit berempat kenapa segitu paniknya karena lagi hamil 3 bulan. Aku hamil, anak sakit semua, nangis terus dan Mas Hanung juga nggak bisa nemenin. Mbaknya juga sakit semua,” tutur Zaskia.

“Karena kondisinya saat itu lagi kacau,” tambahnya.

8. Menemukan dokter kandungan yang cocok cukup sulit untuk Zaskia

8. Menemukan dokter kandungan cocok cukup sulit Zaskia
Youtube.com/The Bramantyos

Menurut Zaskia Mecca mencari dokter kandungan yang tepat cukup sulit. Karena menurutnya perasaan cocok ini tergantung dari masing-masing orang. Tak menampik, perempuan yang hampir berusia 33 tahun ini menyebut memang banyak dokter kandungan yang bagus, tapi masalah kecocokan itu beda lagi.

“Banyak dokter yang bagus, tapi kan masalah dokter kandungan itu cocok-cocokan, kayak jodoh,” jelasnya.

9. Sempat mendapat banyak komentar sebelum mengumumkan kehamilan

9. Sempat mendapat banyak komentar sebelum mengumumkan kehamilan
Instagram.com/zaskiadyamecca

Zaskia mengungkapkan, bahwa kehamilan kelimanya seakan telat diberitahukan kepada warganet karena ia sempat down dengan berbagai komentar yang ditujukan kepadanya. Sehingga ia menarik mundur sejenak pengumuman tentang kehamilannya hingga usia ke-32 minggu.

“Dibalik Instagram dan postingan yang rutin, ada sesuatu hal yang lebih besar. Jadi aku cuman ingin share kalau kita nggak bisa jugde orang lewat Instagram. Tidak semua orang share hal-hal besar yang terjadi dalam hidupnya. Jadi jangan mudah judge orang lewat apa yang terlihat di sosial media,” jelas Zaskia.

10. Melahirkan dengan proses Caesar 

10. Melahirkan proses Caesar 
Instagram.com/hanungbramantyo

Diungkapkan oleh Hanung Bramantyo, bahwa Zaskia melahirkan dengan prosesi caesar. Ia mengungkapkan hal itu lewat postingan Instagramnya. Diketahui, anak kelimanya berjenis kelamin laki-laki.

“Bia @zaskiadyamecca memasuki ruang operasi untuk Lahiran putera kami. Di Rumah Sakit JIH-Sleman, Yogyakarta. Mohon doanya teman-teman semua,” jelas Hanung.

11. Zaskia dan Hanung memberi nama anak kelimanya ‘Bhaj Kama Bramantyo’

11. Zaskia Hanung memberi nama anak kelima ‘Bhaj Kama Bramantyo’
Instagram.com/zaskiadyamecca

Mengutip dari akun Instagram Hanung Bramantyo, nama anaknya dengan Zaskia Mecca yakni Bhaj Kama Bramantyo. Mengandung arti yang luar biasa yakni 'pengikut tuhan penuh cinta dari keluarga Bramantyo'. Diketahui jika anaknya lahir di RS JIH, Sleman - Yogyakarta pukul 06.11 WIB.

”Alhamdulillah, telah lahir dengan selamat adik dari @barmastyabhumi @kana.sybilla @kalamadali @bhaikaba @bhrekata, BHAJ KAMA BRAMANTYO (pengikut Tuhan penuh cinta dari keluarga Bramatyo) Jumat (kliwon) 3 Juli 2020, jam 06.11 wib, di RS JIH - Sleman, Yogyakarta. Terima kasih atas doanya yaa teman-teman semua,” tutur Hanung.

Itulah tadi 11 potret perjuangan Zaskia Mecca ketika mengandung hingga melahirkan anak kelimanya dengan Hanung Bramantyo. Sekali lagi selamat untuk Mama Zaskia dan Papa Hanung!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.