Viral! Ibu Ini Tak Tahu Dirinya Hamil dan Melahirkan di Atas Pesawat

Kehamilan kriptik adalah kondisi ketika seseorang tak sadar bahwa dirinya hamil

4 Mei 2021

Viral Ibu Ini Tak Tahu Diri Hamil Melahirkan Atas Pesawat
Pexels/kseniachernaya

Kejadian mengejutkan terjadi di Amerika Serikat, Lavinia Mounga melahirkan anak secara mendadak ketika ia sedang melakukan perjalanan udara. Ia tiba-tiba mengalami kontraksi dan melahirkan darurat di atas pesawat.

Sang Mama dan Papa bayi begitu kaget karena tak tahu bahwa Lavinia tengah mengandung. Salah seorang penumpang pesawat mengunggah video itu di TikTok dan seketika viral di dunia maya. 

Kok bisa seorang Mama tidak sadar dirinya tengah hamil? Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.

Editors' Picks

1. Sebut kelahiran anaknya adalah keajaiban

1. Sebut kelahiran anak adalah keajaiban
Pexels/wildlittlethingsphoto

Dikutip dari Mirror, Lavinia Mounga melahirkan anak laki-laki di atas pesawat saat melakukan perjalanan dari Salt Lake City ke Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat pada Kamis (29/4/2021). 

Ia dan Ethan Magalei, suaminya, memberikan nama Raymond Kaimana Wade Kobe Lavaki Mounga kepada bayinya itu. Ethan menyebut jika ia sempat kaget dengan kelahiran Raymond. Namun, ketimbang tidak bersyukur ia menyebut kejadian ini adalah sebuah keajaiban.

2. Orangtua bayi tak tahu kehamilan ini

2. Orangtua bayi tak tahu kehamilan ini
Pexels/marcin-jozwiak

Kelahiran mendadakan Raymond di atas pesawat pun sempat menuai pertanyaan. Sebab, baik Laviana maupun Ethan rupanya tak mengetahui kehamilan tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh salah seorang saksi yang ikut satu pesawat dan melihat proses bersalin Laviana di atas pesawat. Penumpang bernama Julia itu juga merekam proses kelahiran Raymond dan mengunggahnya ke TikTok.

Setelah mendarat, staf bandara langsung membawa peralatan lainnya untuk memeriksa keadaan sang Mama dan bayinya. Julia menyebut jika Laviana dan Raymond dalam keadaan sehat ketika turun dari pesawat pasca melahirkan darurat.

3. Mengapa seorang ibu tidak sadar dirinya hamil?

3. Mengapa seorang ibu tidak sadar diri hamil
Pexels/rodnae-prod

Ada salah satu istilah medis yang bisa menjelaskan kondisi Laviana yang tak sadar dirinya hamil. Kondisi ini dinamakan kehamilan kriptik atau denial of pregnancy.

Kehamilan kriptik adalah kondisi seorang perempuan yang tidak sadar bahwa dirinya hamil. Sebab, perempuan tersebut umumnya divonis tidak dapat memiliki anak, akan menjalani sterilisasi, atau mengalami gejala kehamilan yang tidak begitu terlihat.

Para ibu hamil yang mengalami kondisi ini biasanya memiliki kadar hCG yang rendah, sehingga kehamilannya bisa tidak terdeteksi. Kasus kehamilan kriptik adalah langka karena terjadi satu antara 475 kasus kehamilan.

Namun, periode kehamilan kriptik sangat bervariasi. Mama dari bayi cenderung menyadari dirinya hamil lebih lama. Bisa sesaat sebelum melahirkan atau ketika usia bayi sudah beberapa bulan.

Kasus seputar kehamilan kriptik banyak yang berakhir dengan kelahiran prematur karena kurangnya perhatian terhadap janin dalam kandungan. Hingga saat ini, belum ada penelitian lebih lanjut tentang berapa lama kehamilan kriptik berlangsung dengan pasti.

Itulah tadi informasi mengenai seorang mama yang melahirkan di pesawat karena tak sadar dirinya hamil. Ternyata kondisi medis kehamilan kriptik ini cukup unik dan masih perlu diteliti lagi ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.