6 Cara Alami Mengatasi Puting Gatal saat Menyusui

Bisa dilakukan dengan mudah di rumah!

16 Januari 2022

6 Cara Alami Mengatasi Puting Gatal saat Menyusui
Freepik

Puting gatal biasanya sering dialami oleh Mama di masa-masa awal menyusui. Umumnya ini terjadi saat tubuh sedang menyesuaikan diri dengan proses menyusui Ma dan akan hilang dengan sendirinya. Namun dalam beberapa kondisi, puting gatal saat menyusui juga bisa menjadi tanda adanya masalah serius pada payudara.

Ada banyak penyebab puting gatal saat menyusui diantaranya, infeksi mastitis, sariawan puting, kulit sensitif, eksim, hingga posisi menyusui yang tidak tepat.

Jika Mama mengalaminya, tak perlu khawatir ya. Pasalnya ada beberapa cara alami mengatasi puting gatal saat menyusui, yang bisa dilakukan di rumah. Berikut Popmama.com berikan informasi selengkapnya, dilansir dari Parenting Firstcry.

1. Jaga payudara agar tetap kering

1. Jaga payudara agar tetap kering
freepik.com/user11167029

Cara mengatasi puting gatal saat menyusui yang pertama yaitu dengan menjaga payudara tetap kering. Biasakan untuk mengeringkan bagian puting susu setelah selesai menyusui ya Ma. Ini guna menghindari kondisi lembap di area puting, yang bisa memicu tumbuhnya bakteri dan jamur penyebab puting gatal.

Mama bisa membersihkan dan mengeringkan payudara menggunakan kain lembut, atau bantalan payudara yang diletakkan di dalam bra. Ini akan membantu menyerap kelebihan susu yang keluar dari puting serta menghindari rembesan air susu.

2. Gunakan krim pelembap

2. Gunakan krim pelembap
Freepik/lifeforstock

Krim pelembap dibutuhkan jika puting payudara cenderung kering dan pecah-pecah. Ingat untuk menggunakannya sedikit saja ya Ma. Karena jika berlebihan akan membuat area di sekitar areola dan puting menjadi terlalu lembap. Hal ini justru berisiko menjadi tempat tumbuhnya jamur dan bakteri penyebab puting gatal.

Gunakan krim pelembap setiap habis mandi atau ketika payudara sudah dibersihkan ya Ma!

Editors' Picks

3. Gunakan pompa ASI untuk menghindari penumpukan susu

3. Gunakan pompa ASI menghindari penumpukan susu
Freepik/Zilvergolf

Seperti yang kita tahu, penumpukan ASI bisa menyebabkan payudara bengkak dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi. Infeksi bisa jadi salah satu penyebab puting gatal Ma. Untuk itu, sebaiknya hindari penumpukan ASI di payudara dengan memompanya menggunakan alat atau tangan.

Selain itu saat berencana menyapih si Kecil, pastikan juga Mama melakukanya secara bertahap ya. Ini guna menghindari penumpukan ASI secara tiba-tiba di payudara.

4. Gunakan pakaian yang longgar

4. Gunakan pakaian longgar
Pexels/Sam Lion

Pakaian yang ketat umumnya menyebabkan sirkulasi darah dan udara di sekitar payudara menjadi kurang baik. Bagi Mama yang menderita eksim, penggunaan pakaian yang ketat bisa memperparah kondisi dan membuat kulit semakin iritasi.

Oleh karenanya, gunakanlah pakaian dengan ukuran yang tepat atau lebih longgar. Pilih juga pakaian dengan bahan yang nyaman seperti katun, karena bisa menyerap keringat dan menjaga sirkulasi udara yang baik di sekitar payudara.

5. Jaga kebersihan payudara

5. Jaga kebersihan payudara
Freepik

Ketika menyusui, Mama mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk bersantai karena kesibukan dalam merawat bayi. Namun, hal ini jangan sampai menghalangi Mama dalam menjaga kebersihan tubuh terutama payudara ya.

Cuci dan bersihkan payudara dengan rutin menggunakan air dan sabun. Pastikan juga Mama menggunakan sabun yang lembut ya agar tidak mengiritasi kulit payudara. Setelah dibersihkan, keringkan payudara untuk menghindari lembap ya Ma.

6. Ubah posisi menyusui agar pelekatan bisa terjadi dengan baik

6. Ubah posisi menyusui agar pelekatan bisa terjadi baik
Pexels/Wendy Wei

Salah satu penyebab puting gatal yaitu posisi menyusui yang kurang tepat sehingga pelekatan tidak terjadi dengan baik. Maka dari itu, Mama sangat disarankan untuk mengubah posisi menyusui.

Selain untuk mengatasi puting gatal, mengubah posisi menyusui juga akan membantu bayi melakukan pelekatan yang baik. Dengan begitu bayi bisa menyusu dengan lebih maksimal Ma. Jika mengalami kesulitan dalam menentukan posisi menyusui, Mama bisa berkonsultasi ke dokter atau konsultan laktasi untuk mendapatkan bantuan ya.

Itulah tadi, 6 cara alami mengatasi puting gatal saat menyusui yang bisa dilakukan di rumah. Umumnya, cara alami dinilai lebih efektif dilakukan karena minim risiko Ma.

Tapi jika rasa gatal pada puting tidak kunjung reda setelah melakukan beberapa cara di atas, segera periksakan diri ke dokter ya untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan medis. Semoga informasi ini bisa membantu ya Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk