Cara Mencairkan ASIP Beku yang Baik dan Benar agar Kualitasnya Terjaga

Jangan asal mencairkan ASIP untuk si Kecil ya Ma!

28 Mei 2022

Cara Mencairkan ASIP Beku Baik Benar agar Kualitas Terjaga
Freepik/Comzeal

Air Susu Ibu Perah (ASIP) adalah susu yang didapatkan dari payudara Mama dengan cara diperah atau pumping.

Biasanya ASIP akan dikemas dalam wadah steril, kemudian disimpan dalam lemari es pada suhu 4° C atau freezer dengan suhu -18° C. Dengan suhu tersebut, biasanya ASIP menjadi beku dan memiliki daya simpan yang lebih lama.

Namun saat ASIP akan diberikan pada bayi, tentu Mama harus mencairkannya terlebih dahulu. Nah proses inilah yang terkadang berisiko menyebabkan kerusakan nutrisi pada ASI. Terutama jika Mama mencairkannya dengan cara yang kurang tepat.

Supaya hal ini tidak terjadi, berikut Popmama.com akan berikan informasi mengenai cara mencairkan ASIP beku yang baik dan benar. Dilansir dari Instagram Stephanie King (@stephanieking), seorang konsultan laktasi.

Editors' Picks

1. Slow Thawing

1. Slow Thawing
Instagram.com/stephanieking

Slow thawing dilakukan dengan cara mencairkan ASIP beku di chiller.

Metode ini sangat cocok bagi Mama yang ingin menyiapkan ASIP untuk persiapan sebelum bepergian atau berangkat kerja. Karena, slow thawing membutuhkan waktu kurang lebih 12 jam untuk ASIP bisa benar-benar cair dan siap diminum bayi.

Kelebihan dari slow thawing yakni nutrisi dan lemak dalam ASIP akan tetap terjaga, sehingga Mama bisa memberikan ASIP dengan kualitas terbaik untuk bayi. Setelah dicairkan, ASIP bisa digunakan untuk 24 jam setelahnya.

Bagaimana cara melakukannya?

  1. Ambil kantong ASIP yang ingin dicairkan.
  2. Letakkan ke dalam container atau wadah dengan posisi terbalik. Ini bertujuan untuk berjaga-jaga, jika kantong ASIP bocor di bagian bawah.
  3. Kemudian simpan ASIP di bagian chiller lemari es dan tunggu hingga benar-benar mencair.

2. Cold Thawing

2. Cold Thawing
Instagram.com/stephanieking

Cold Thawing merupakan metode mencairkan ASIP beku dengan cara merendamnya menggunakan air es selama 1 hingga 2 jam. Ini tentu lebih cepat dari metode sebelumnya yaitu slow thawing.

Cara ini cocok untuk Mama yang ingin mencairkan ASIP dengan cepat untuk sekali minum, namun tidak ingin mengambil keseluruhan ASIP beku. Selain itu, ASIP yang sudah dicairkan tersebut juga bisa bertahan hingga 24 jam setelahnya.

Bagaimana cara melakukannya?

  1. Ambil ASIP yang ingin dicairkan.
  2. Masukkan ke dalam wadah atau container berisi air dingin dan es batu. Letakkan secara terbalik untuk menghindari kebocoran.
  3. Lalu simpan wadah tersebut di ruang terbuka, misalnya di atas meja.

3. Warm Thawing

3. Warm Thawing
Instagram.com/stephanieking

Warm thawing adalah salah satu metode mencairkan ASIP, dengan cara meletakkannya di bawah air mengalir atau rendaman air hangat.

Kelebihan dari warm thawing yaitu proses pencairan ASIP lebih cepat, kurang lebih 20 menit. Jadi ini cocok untuk Mama yang ingin buru-buru memberikan ASIP untuk bayi.

Tapi metode warm thawing ini memiliki kekurangan Ma. Diantaranya yakni ASIP yang sudah cair harus digunakan dalam waktu 2 jam, serta adanya potensi kehilangan nutrisi dan lemak saat proses pencairan.

Bagaimana cara melakukannya?

  1. Letakkan kantong ASI beku di bawah air mengalir. Gunakan air pada suhu normal kemudian naikkan suhunya secara perlahan.
  2. Setelah itu, rendam dalam wadah berisi air hangat hingga ASIP benar-benar cair.

Nah demikianlah Ma, cara mencairkan ASIP beku yang baik dan benar agar kualitasnya terjaga. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan baru untuk Mama ya. Tetap semangat dalam menyusui Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk