6 Persiapan Menyusui untuk Mama Baru, Bisa Dilakukan Sejak Hamil

Yuk persiapkan bebarapa hal ini agar menyusui lebih nyaman untuk Mama dan si Kecil

23 November 2021

6 Persiapan Menyusui Mama Baru, Bisa Dilakukan Sejak Hamil
Freepik/cookie_studio

Proses menyusui jadi satu tantangan tersendiri setelah Mama melahirkan. Ketika menyusui, Mama mungkin saja menemukan beberapa masalah yang menimbulkan rasa khawatir. Nah, rasa khawatir saat menyusui biasanya timbul karena Mama kurang mempersiapkan diri. 

Padahal untuk bisa menyusui dengan optimal, ada banyak hal yang harus dipersiapkan lho Ma. Mulai dari informasi, support sistem yang baik, hingga kesiapan fisik maupun mental.

Untuk itu, Popmama.com akan memberikan informasi mengenai persiapan menyusui untuk Mama baru, dilansir dari Verywell Family. Yuk, disimak Ma!

1. Cari tahu informasi lebih banyak seputar laktasi

1. Cari tahu informasi lebih banyak seputar laktasi
Pexels/Pixabay

Persiapan menyusui yang bisa dilakukan Mama baru yaitu mencari informasi sebanyak mungkin tentang proses menyusui atau laktasi yang bisa dilakukan sejak hamil. Untuk lebih jelasnnya, Mama bisa berkonsultasi ke dokter mengenai hal ini, atau perbanyak membaca ya.

Ketika siap menyusui, artinya kita sudah harus memahami bagaimana cara menyusui, posisi menyusui yang baik dan benar, proses produksi ASI, serta masalah-masalah yang mungkin timbul saat menyusui.

Tak hanya itu, Mama mungkin harus mengetahui juga tentang pompa ASI dan bagaimana alat yang satu ini dibutuhkan demi keberhasilan proses menyusui.

2. Cari support sistem terbaik, yang akan membantu Mama ketika ada kendala dalam menyusui

2. Cari support sistem terbaik, akan membantu Mama ketika ada kendala dalam menyusui
Pexels/Elina Fairytale

Persiapan sebelum menyusui, pastikan Mama sudah menemukan support System terbaik ya. Ini bisa suami atau keluarga terdekat yang dipercaya.

Biasanya saat menyusui, Mama membutuhkan orang-orang terdekat untuk memberikan dukungan. Selain itu, support system juga akan membantu Mama ketika mengalami kendala saat menyusui.

Jangan pernah memendam atau menyimpan masalah sendirian ya, Ma. Karena ini bisa berdampak pada penurunan produksi ASI, serta memberikan efek yang kurang baik terhadap si Kecil. Oleh karena itu, peran support sistem sangatlah penting di saat Mama mulai menyusui.

Editors' Picks

3. Periksa kesehatan payudara dan puting

3. Periksa kesehatan payudara puting
Freepik/Bonnontawat

Umumnya, masalah bentuk dan ukuran puting jadi satu hal yang dikhawatirkan ketika Mama mulai menyusui. Meskipun ini bisa memengaruhi proses menyusui, faktanya masalah tersebut bisa diatasi kok, Ma.

Oleh karenanya, perlu dilakukan pemeriksaan payudara dan puting sebelum menyusui. Ini guna mengetahui apakah putingnya normal, rata atau terbalik. Untuk bisa mengetahuinya, Mama bisa melakukan pemeriksaan sendiri di rumah.

Caranya, lakukan cubitan kecil tepat di luar areola atau bagian gelap payudara. Cari tahu apakah puting menjadi tegak berdiri, tertarik ke dalam, atau tetap rata. Jika puting tidak mengeras atau mengalami ereksi, ada kemungkinan Mama mengalami masalah dengan puting rata atau terbalik.

Jika hal ini terjadi, Mama bisa berkonsultasi ke dokter ya.

4. Lakukan skrining payudara untuk mendeteksi hipoplasia

4. Lakukan skrining payudara mendeteksi hipoplasia
Freepik/snowing

Hipoplasia atau Insufficient Glandular Tissue (IGT), adalah suatu kondisi dimana jaringan kelenjar payudara tidak mencukupi. Nah, hal ini biasanya kurang mendapatkan perhatian sehingga banyak yang tidak menyadarinya.

Meskipun langka, nyatanya ada beberapa tanda dan gejala yang mungkin Mama alami terkait kondisi ini. Diantaranya payudara yang asimetris (satu lebih besar dari yang lain), payudara lebar, berbentuk tabung, atau tampak seperti kantung kosong.

Untuk memastikannya lebih lanjut, Mama harus melakukan skrining payudara.

5. Jika pernah pernah melakukan tindakan medis di payudara, sebaiknya konsultasikan diri ke dokter

5. Jika pernah pernah melakukan tindakan medis payudara, sebaik konsultasikan diri ke dokter
Pixabay/Foundry

Jika pernah mengalami tindakan medis di bagian payudara atau operasi, ada kemungkinan Mama juga mengalami hipoplasia. Biasanya operasi pada payudara banyak dilakukan untuk memperbaiki kondisi seperti mengecilkan, atau membesarkan ukuran.

Apabila pernah mengalaminya, ada baiknya Mama menemui dokter yang pernah menanganinya ya. Ini untuk mencari tahu, apakah jaringan payudara Mama masih aman atau tidak pasca tindakan operasi tersebut.

6. Lakukan pijat payudara untuk persiapan menyusui

6. Lakukan pijat payudara persiapan menyusui
freepik.com/user11167029

Selama masa kehamilan dan setelah melahirkan, biasanya Mama akan mengalami rasa sakit akibat pertumbuhan jaringan di payudara. Salah satu cara yang bisa dilakukan guna mengatasinya dan untuk mempersiapkan proses menyusui adalah pijat payudara.

Pijat payudara akan mengurangi rasa sakit di jaringan payudara, serta mempersiapkan tubuh agar lebih nyaman saat menyusui nantinya.

Nah, demikianlah tadi persiapan sebelum menyusui si Kecil yang bisa dilakukan Mama baru. Selain melakukan beberapa hal di atas, Mama sebaiknya meminta saran dari dokter juga ya. Biasanya dokter akan memberikan informasi lebih jelas dan rekomendasi yang tepat, sesuai dengan riwayat kesehatan Mama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.