Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Manfaat Anggur untuk Kesehatan Tubuh Usai Melahirkan

Selain dukung proses pemulihan, anggur juga kaya nutrisi untuk Mama menyusui

8 Desember 2022

7 Manfaat Anggur Kesehatan Tubuh Usai Melahirkan
Freepik/8photo

Mengonsumsi makanan sehat tentu jadi satu hal penting bagi Mama usai melahirkan. Sebab di waktu tersebut, tubuh perlu lebih banyak nutrisi untuk mendukung proses pemulihan.

Tak hanya sayur, buah juga jadi pilihan makanan kaya nutrisi yang bisa dikonsumsi seusai persalinan. Buah dikenal kaya akan serat serta antioksidan, yang bisa mendukung kesehatan organ tubuh, sehingga proses pemulihan bisa berjalan lebih optimal.

Salah satu buah yang banyak direkomendasikan yaitu anggur. Anggur kaya akan antioksidan dan juga potasium yang pastinya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh pasca melahirkan dan selama menyusui.

Lebih lengkapnya, berikut Popmama.com rangkum 7 manfaat anggur untuk kesehatan tubuh usai melahirkan.

1. Membantu menjaga suasana hati

1. Membantu menjaga suasana hati
Freepik/wayhomestudio

Melansir dari Healthline, mengonsumsi anggur bisa bantu menjaga suasana hati dan kesehatan otak. Bahkan berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 111 orang dewasa, mengonsumsi 250 mg suplemen anggur setiap harinya bisa bantu meningkatkan daya ingat dan juga suasana hati.

Ini tentu sangat baik untuk Mama. Mengingat pasca melahirkan, seorang perempuan sangat rentan mengalami mood swing, karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh. Dimana jika dibiarkan, ini bisa berisiko menyebabkan kondisi depresi pasca persalinan.

2. Baik untuk kesehatan tulang

2. Baik kesehatan tulang
Freepik/tirachard

Pasca melahirkan, Mama bisa saja mengalami masalah kesehatan tulang, salah satunya nyeri sendi. Ini merupakan hal yang wajar, karena selama hamil dan melahirkan tubuh Mama harus menopang bayi, yang menyebabkan otot terasa nyeri dan kekakuan pada sendi.

Karena itu, Mama disarankan mengonsumsi buah anggur secukupnya. Sebab di dalam buah anggur terkandung banyak mineral, antara lain potasium, mangan, vitamin (B, C dan K), yang bisa bantu mencegah terjadinya nyeri sendi, osteoporosis dan kerapuhan tulang.

Editors' Picks

3. Bisa meredakan infeksi pasca persalinan

3. Bisa meredakan infeksi pasca persalinan
Freepik.com

Pada umumnya, tubuh akan terasa lelah dan sakit usai persalinan. Bisa karena bekas luka jahitan, masalah saat menyusui, atau infeksi lain pasca persalinan. Nah untuk meredakan hal tersebut, Mama bisa coba mengonsumsi buah anggur sebagai cara alami ya.

Antosianin dan resveratrol dalam buah anggur, dipercaya bisa bantu mengurangi infeksi pasca melahirkan. Dengan begitu, tubuh Mama jadi lebih sehat dan proses pemulihan bisa berjalan dengan optimal.  

4. Bantu atasi sembelit pasca melahirkan

4. Bantu atasi sembelit pasca melahirkan
Freepik/Drobotdean

Dalam 150 gram anggur terkandung 1,4 gram serat, demikian menurut Mom Junction. Ini juga diperkuat dengan hasil penelitian lainnya, yang mengatakan bahwa anggur memiliki sifat pencahar dan asam organik di dalamnya.

Kandungan serat yang tinggi dibutuhkan tubuh, terutama untuk mendukung sistem pencernaan. Dengan asupan serat yang cukup, proses buang air besar menjadi lancar dan Mama terhindar dari sembelit pasca melahirkan.

5. Mencegah rambut rontok

5. Mencegah rambut rontok
Freepik/diana.grytsku

Kerontokan rambut sangat mungkin dialami usai melahirkan. Ini terjadi karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh, peradangan, hingga stres oksidatif. Jika mengalaminya, Mama tak perlu khawatir ya. Karena buah anggur secara alami bisa bantu mengatasi hal ini.

Di dalam anggur terkandung resveratrol, senyawa makanan yang bersifat antioksidan dan bisa bantu menetralkan radikal bebas di dalam tubuh. Manfaat lainnya, resveratrol ini bisa melindungi folikel rambut dari kerusakan, mempercepat proses pertumbuhan rambut, serta mengurangi kerontokan. 

6. Membantu menurunkan berat badan pasca melahirkan

6. Membantu menurunkan berat badan pasca melahirkan
Freepik/rom_check

Umumnya setiap perempuan mengalami kenaikan berat badan usai hamil dan melahirkan. Jika dibiarkan, hal ini tentu tak baik untuk kesehatan. Karena bisa menurunkan rasa percaya diri, serta berisiko menimbulkan penyakit jantung dan diabetes.

Untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan, salah satunya bisa dengan mengonsumsi anggur secara rutin ya, Ma. Sebab menurut Healthline, anggur mengandung antosianin yang punya efek anti obesitas. Sehingga dengan mengonsumsinya, bisa bantu menekan penambahan berat badan dan mengurangi kandungan lemak di tubuh.

7. Membuat tidur lebih nyenyak

7. Membuat tidur lebih nyenyak
Freepik/Drobotdean

Di minggu-minggu awal saat merawat bayi, tubuh Mama mungkin mengalami kelelahan. Ini disebabkan karena bertambahnya aktivitas sebagai Ibu baru, sehingga kualitas tidur pun berkurang. Buah anggur bisa jadi solusi untuk atasi hal tersebut.

Menurut penelitian, buah anggur mengandung melatonin, terutama di bagian kulitnya. Melatonin adalah hormon pemicu rasa mengantuk yang sekaligus bisa bantu tubuh untuk tidur lebih nyenyak. Jadi jangan ragu mengonsumsi anggur sekaligus dengan kulitnya ya!

Demikian tadi Ma, 7 manfaat anggur untuk kesehatan tubuh usai melahirkan. Jadi selama masa pemulihan, nggak ada salahnya untuk melengkapi nutrisi tubuh dengan mengonsumsi buah anggur ya, Ma. Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk