Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Perawatan Tradisional setelah Melahirkan ala Artis, Minim Risiko!

Mulai dari minum jamu hingga mandi rempah, semua dilakukan agar tubuh cepat pulih usai melahirkan

28 November 2022

7 Perawatan Tradisional setelah Melahirkan ala Artis, Minim Risiko
Instagram.com/kittendust/alikaislamadina

Menjalani perawatan tradisional setelah melahirkan memang bisa jadi satu pilihan ya, Ma. Sebab perawatan tradisional sangat mudah dilakukan dan umumnya minim risiko.

Tak hanya orang biasa, para artis Tanah Air juga memilih untuk melakukan perawatan tradisional. Mereka melakukan perawatan mulai dari minum jamu, pakai pilis, pijat nifas, pakai bengkung, hingga mandi rempah.

Selain untuk mempercepat proses pemulihan, sebagian dari mereka mengaku menjalani perawatan tradisional karena saran dari orangtua. Seperti kita tahu, segala hal yang berkaitan dengan cara tradisional memang umumnya sudah dilakukan sejak dulu ya, alias turun temurun.

Penasaran, perawatan apa saja yang mereka lakukan usai persalinan? Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya mengenai 7 perawatan tradisional setelah melahirkan ala artis.

1. Alika Islamadina pakai bengkung di perut

1. Alika Islamadina pakai bengkung perut
Instagram.com/@alikaislamadina

Usai melahirkan seorang bayi perempuan pada 25 Oktober 2022, Alika Islamadina berbagi cerita mengenai perannya sebagai Mama baru di media sosial Instagram. Di salah satu fotonya, Mama dari Zulu Alara Siregar ini terlihat memegang alat pumping sambil menggunakan bengkung berwarna pink.

Bengkung merupakan salah satu perawatan untuk perempuan pasca melahirkan. Ini bermanfaat untuk menjaga bentuk tubuh terutama area perut, serta untuk membantu meringankan gerak tubuh Mama usai melahirkan.

2. Aurel Hermansyah pakai pilis di dahi

2. Aurel Hermansyah pakai pilis dahi
YouTube.com/AH

Beberapa hari usai melahirkan Ameena Hanna Nur Atta, dalam video di channel YouTube pribadinya, Aurel terlihat menggunakan pilis di dahi dibantu oleh seorang perawat bernama Bu Tari.

Menurut perempuan kelahiran 10 Juli 1998 tersebut, pilis bisa membantu meredakan pusing, sakit kepala dan mata ngeblur atau kunang-kunang. Kondisi ini sangat rentan terjadi pada Mama pasca melahirkan, terutama karena kurang tidur dan kelelahan saat menyusui.

Editors' Picks

3. Eriska Rein lakukan pijat nifas

3. Eriska Rein lakukan pijat nifas
Instagram.com/eriskarein

Pasca melahirkan anak kedua pada 3 Juni 2022, Eriska Rein memilih untuk fokus menjalani masa pemulihan. Dibantu oleh seorang bidan bernama Ita, Eriska sempat bercerita bahwa dirinya rutin melakukan pijat nifas.

Pijat nifas adalah bentuk perawatan tubuh pasca melahirkan, yang banyak dipilih karena bisa bikin tubuh jadi lebih rileks. Selain itu, pijat ini juga berguna untuk merelaksasi otot, sehingga sirkulasi darah meningkat dan hormon stres pasca melahirkan jadi mereda.

4. Fathia Izzati pakai jamu 40 hari

4. Fathia Izzati pakai jamu 40 hari
Instagram.com/kittendust

Fathia Izzati, vokalis grup musik Reality Club ini kerap kali membagikan proses pemulihan tubuhnya pasca melahirkan di Instagram. Di antara sekian banyak perawatan yang dijalani, ada satu hal yang menarik perhatian, yaitu momen saat dirinya pakai jamu 40 hari. Ini merupakan ramuan tradisional yang memang dikhususkan untuk Mama pasca bersalin.

Chia mengaku kalau dirinya menggunakan jamu 40 hari karena saran dari sang Mama. Dimana jamu-jamu tersebut bermanfaat untuk menyembuhkan luka, sebagai antibakteri, serta bisa bantu menghangatkan badan.

5. Gista Putri minum jamu kunyit asam

5. Gista Putri minum jamu kunyit asam
Popmama.com/KING Foto

Dalam wawancara bersama Popmama.com kala itu, Gista Putri sempat mengungkapkan kalau dirinya menjalani perawatan tradisional usai melahirkan Salima. Istri dari Wishnutama tersebut memilih untuk melakukan pijat tubuh dan minum jamu kunyit asam.

Seperti yang kita ketahui, jamu kunyit asam punya beragam manfaat untuk Mama pasca persalinan. Diantaranya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, merangsang produksi ASI, serta menjaga tubuh tetap sehat usai melahirkan.

6. Kartika Putri lakukan mandi rempah

6. Kartika Putri lakukan mandi rempah
Youtube.com/Kartika Putri Official

Dibantu seorang perawat bernama Bu Nurul, Kartika Putri melakukan serangkaian perawatan tradisional usai melahirkan anak keduanya pada 13 Oktober 2022. Perawatannya antara lain, pakai pilis, pijat badan, totok wajah, hingga mandi rempah.

Menurut istri dari Habib Usman tersebut, perawatan tradisional seperti mandi rempah bikin tubuhnya terasa rileks. Dengan begitu, Kartika merasa hormon tubuhnya menjadi lebih seimbang dan rasa sakit di area pinggang pun mereda.

7. Putri Tititan minum jamu beras kencur

7. Putri Tititan minum jamu beras kencur
Instagram.com/putrititian

Melalui media sosial Instagram, Putri Titian sempat mengungkapkan kepada warganet kalau dirinya mengonsumsi jamu pasca persalinan. Jamu yang diminumnya yaitu beras kencur, sebanyak 100 ml setiap hari. Lalu ada juga jamu lain yang diminumnya secara bergantian nih Ma, seperti kunyit asam dan jamu pahitan.

Jamu-jamu tersebut menurut Tian sangat baik dikonsumsi usai melahirkan. Karena bisa membantu melancarkan masa nifas dan bikin berat badan jadi turun. Tapi di satu sisi, ia menyarankan para Mama untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum minum jamu. Sebab kondisi tubuh setiap orang berbeda-beda dan perawatannya juga belum tentu sama.

Nah itu tadi, 7 perawatan tradisional setelah melahirkan ala artis. Kalau Mama, perawatan tradisional apa nih yang dilakukan usai melahirkan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk