Bukan Hanya Bermanfaat Bagi Bayi, Ini 5 Manfaat Menyusui untuk Mama

Manfaat menyusui bagi Mama dijamin akan membuat Mama semakin semangat menyusui

24 April 2020

Bukan Ha Bermanfaat Bagi Bayi, Ini 5 Manfaat Menyusui Mama
Unsplash/Dave Clubb

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan pemberian ASI eksklusif selama enam bulan, lalu dilanjutkan hingga dua tahun dengan tambahan MPASI. Berbagai manfaat ASI sudah tidak dapat dipungkiri lagi ya, Ma. Mama pasti setuju kalau ASI merupakan asupan terbaik bagi bayi. 

Banyak penelitian yang telah membuktikan keistimewaan ASI untuk bayi. Tapi jangan salah, ASI bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan bayi. Kini, saatnya Mama untuk mengetahui berbagai manfaat yang akan Mama dapatkan bila menyusui si Kecil.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum berbagai keuntungan yang akan Mama dapatkan saat menyusui.

1. Menurunkan berat badan

1. Menurunkan berat badan
Unsplash/I Yunmai

Menyusui dapat membakar kalori sekitar 300 hingga 500 kkal dalam sehari. Jadi menyusui menjadi salah satu cara efektif untuk mengembalikan bentuk tubuh Mama seperti saat sebelum melahirkan. Cara ini pun tergolong aman jika dibandingkan dengan berbagai diet yang bisa memengaruhi kesehatan Mama dan si Kecil. Jadi makin semangat ya buat menyusui.

Tapi ingat, Mama juga perlu mengimbanginya dengan menjaga pola makan. Meski sedang menyusui, pastikan Mama tidak makan berlebihan. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui berapa banyak kebutuhan kalori Mama setiap harinya.

Editors' Picks

2. Mengurangi perdarahan rahim setelah melahirkan

2. Mengurangi perdarahan rahim setelah melahirkan
Unsplash/Anna Pritchard

Saat melahirkan akan terjadi perdarahan pada rahim. Selain itu, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengembalikan kondisi rahim seperti semula. Nah, menyusui dapat membantu tubuh untuk memulihkan kondisi rahim.

Menyusui dapat merangsang pelepasan hormon oksitosin. Hormon inilah yang akan menyebabkan rahim berkontraksi untuk membantunya kembali ke bentuk semula dan mengurangi perdarahan.

3. Menurunkan risiko kanker payudara, endometrium, dan ovarium

3. Menurunkan risiko kanker payudara, endometrium, ovarium
Unsplash/Annie Spratt

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa menyusui dapat melindungi Mama dari penyakit kanker. Menyusui dapat menurunkan risiko kanker payudara sebanyak 4 persen, dan risiko kanker endometrium sebanyak 11 persen. Sebab, menyusui dapat menekan hormon esterogen, yang dapat menghalangi pertumbuhan sel abnormal yang bisa berkembang menjadi kanker.

4. Mencegah penyakit diabetes

4. Mencegah penyakit diabetes
Unsplash/Kate

Diabetes tipe 2 merupakan penyakit gula darah yang makin banyak diderita. Tapi tenang, Mama bisa mencegah penyakit tersebut dengan menyusui. Bahkan, menyusui selama 6 bulan atau lebih dapat menurunkan risiko terkena diabetes hingga 50 persen. Wah kok bisa ya? Sebab, menyusui memiliki efek perlindungan pada organ pankreas yang bertugas mengontrol kadar insulin dalam darah.

5. Mencegah penyakit jantung

5. Mencegah penyakit jantung
Unsplash/Jair Lazaro

Ini salah satu manfaat menyusui yang menakjubkan. Bahkan, semakin lama Mama menyusui, maka akan semakin rendah faktor risiko untuk Mama mengalami penyakit jantung. Sebuah penelitian melaporkan bahwa bila Mama menyusui lebih dari 12 bulan dalam seumur hidup, Mama akan memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami hipertensi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung, dibandingkan wanita yang tidak pernah menyusui.

Wah menakjubkan sekali ya manfaat menyusui yang bisa Mama dapatkan. Semoga informasi ini bisa membuat Mama semakin semangat untuk menyusui, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.