Hukum Menyusui Lebih dari 2 Tahun Menurut Islam

Ketentuan menyusui telah dijelaskan dalam Al Quran Surat Al Baqarah Ayat 233

29 April 2021

Hukum Menyusui Lebih dari 2 Tahun Menurut Islam
Freepik

Menyusui memiliki banyak manfaat bagi Mama dan tumbuh kembang bayi. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan Mama untuk memberikan ASI eksklusif selama enam bulan dan dilanjutkan hingga bayi berusia dua tahun. 

Namun, ada beberapa kondisi yang membuat bayi tetap menyusu hingga usianya lebih dari dua tahun. Meski sering dipandang negatif, menyusui hingga bayi berusia lebih dari dua tahun ternyata bisa memberikan perlindungan daya tahan berupa antibodi kepada si Kecil. 

Lantas, bagaimana hukum menyusui lebih dari dua tahun menurut Islam? Berikut ulasannya yang dirangkum Popmama.com

Anjuran Menyusui selama Dua Tahun

Anjuran Menyusui selama Dua Tahun
Pexels/jonathan-borba

Ketentuan menyusui telah dijelaskan dalam Al Quran Surat Al Baqarah Ayat 233. Melalui ayat tersebut, Allah berfirman bahwa setiap ibu menyusui dianjurkan memberikan ASI hingga bayi berusia dua tahun. 

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan,” bunyi petikan Surat Al Baqarah Ayat 233. 

Meski begitu, Mama diperbolehkan untuk menyapih bayi meski usianya belum dua tahun selama mendapat persetujuan dari dokter dan pasangan. Mama pun tidak berdosa meski harus menyapih bayi ketika usianya di bawah dua tahun. 

“Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya,”lanjutan petikan Surat Al Baqarah Ayat 233. 

Editors' Picks

Boleh Menyusui Lebih dari Dua Tahun

Boleh Menyusui Lebih dari Dua Tahun
Freepik/anna-grant

Al Quran tidak menjelaskan lebih lanjut tentang ketentuan menyusui bayi lebih dari dua tahun. Selain itu, tak ada dalil yang melarang ibu menyusui untuk memberikan ASI lebih dari dua tahun. Artinya, jika tidak ada dalil yang melarang, maka hukum menyusui lebih dari dua tahun adalah mubah atau boleh. 

Dilansir dari muslimahfiyah.com, ada beberapa ahli tafsir Al Quran yang menyampaikan pendapatnya mengenai pemberian ASI lebih dari dua tahun.  Al Qurthubi pernah berkata bahwa ibu menyusui diperbolehkan untuk memberikan ASI lebih dari dua tahun. 

“Menambah lebih dari dua tahun atau menguranginya, jika tidak menimbulkan bahaya bagi bayi dan kedua orangtua ridha (setuju).”

Syaikul Islam Ibnu Taimiyah juga mengutarakan pendapat yang sama tentang hukum memberikan ASI hingga lebih dari dua tahun. 

“Firman Allah “selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan.”, menunjukkan inilah sempurnanya persusuan. Adapun setelah dua tahun maka sama saja seperti makanan biasa.”

Manfaat Menyusui Lebih dari 2 Tahun

Manfaat Menyusui Lebih dari 2 Tahun
Freepik/Lenamay

Apabila dipandang dari sisi medis, menyusui lebih dari dua tahun atau extended breastfeeding juga memberikan manfaat bagi kesehatan mama dan si Kecil. ASI akan tetap memberikan nutrisi kepada bayi meski usianya sudah lebih dari dua tahun. 

Pemberian ASI lebih dari dua tahun juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi sehingga dia tidak mudah terserang penyakit. 

Sementara untuk kesehatan mama, menyusui lebih dari dua tahun bisa menurunkan risiko terserang kanker payudara. Selain itu, menyusui juga bisa membantu Mama untuk menurunkan berat badan. Namun, meski masih menyusui, Mama tetap harus menjaga pola makan dan rutin berolahraga. 

Waktu yang Tepat untuk Mulai Menyapih

Waktu Tepat Mulai Menyapih
Freepik/black.salmon

Ketika si Kecil belum siap untuk disapih, maka Mama jangan pernah memaksanya. Mama bisa menyapih si Kecil secara perlahan. Extended breastfeeding juga tidak akan membuat anak lebih sulit untuk disapih. 

Apabila Mama ingin menyapih si Kecil, maka mulailah menyapih di siang hari. Sebab, Mama bisa mengganti rutinitas pemberian ASI dengan memberi MPASI kepada si Kecil. 

Kemudian, Mama juga bisa menciptakan suasana yang menyenangkan sebelum tidur seperti membaca buku atau mendengarkan musik sehingga tidak ada keinginan dari si Kecil untuk menyusu lagi. 

Dalam islam, menyusui bayi hingga usianya lebih dari dua tahun memang diperbolehkan. Ketika Mama ingin menyapih si Kecil, lakukanlah penuh cinta sehingga proses menyapih menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi bayi. 

Semoga informasi mengenai hukum menyusui lebih dari dua tahun menurut Islam tersebut bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.