Demi Keselamatan Janin, Ini Alasan Zaskia Sungkar Melahirkan Caesar

Apa pertimbangan Zaskia hingga memilih persalinan caesar?

31 Maret 2021

Demi Keselamatan Janin, Ini Alasan Zaskia Sungkar Melahirkan Caesar
Instagram.com/zaskiasungkar15

Kebahagiaan tengah menyelimuti keluarga Irwansyah dan Zaskia Sungkar. Kakak dari Shireen Sungkar ini diketahui baru saja melahirkan anak pertama di Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda, pada Selasa (30/3/2021). 

Kehadiran putra pertama Irwansyah dan Zaskia memang telah dinantikan. Zaskia pun diketahui memilih melahirkan anak pertamanya secara caesar setelah konsultasi ke dokter.

Apa alasan Zaskia memilih melahirkan secara caesar? Popmama.com telah merangkum alasan Zaskia tersebut dilansir dari tayangan video di Youtube The Sungkars Family yang ditayangkan pada Senin (29/3/2021). 

1. Kepala bayi belum turun ke jalan lahir

1. Kepala bayi belum turun ke jalan lahir
Instagram.com/zaskiasungkar15

Zaskia bercerita bahwa kepala bayi dalam rahimnya sudah mulai bergerak ke bawah. Namun, posisi kepala si Kecil belum dekat dengan jalan lahir. Padahal usia kehamilan Zaskia sudah memasuki minggu ke-39. 

“Ini mau masuk minggu ke-39, sampai kemarin itu belum ada kemajuan si kepala baby nemu jalur lahirnya, jadi masih agak terlalu ke atas, tapi udah ke bawah,” kata Zaskia. 

Itulah sebabnya, dr Reino Rambey, SpOG, selaku dokter kandungan yang menanganinya tidak menyarankan Zaskia melahirkan secara normal. 

“Dokter Reno enggak menyarankan untuk induksi, banyaklah pertimbangan beliau,” ujar Zaskia. 

Editors' Picks

2. Berupaya untuk melahirkan normal

2. Berupaya melahirkan normal
Instagram.com/zaskiasungkar15

Zaskia awalnya mengaku masih berpikir dirinya bisa melahirkan secara normal. Sebab, dia sudah berusaha melakukan beberapa kegiatan yang diketahui memudahkan persalinan secara normal di antaranya yoga dan sering jalan kaki. 

“Aku masih positif masih bisa melahirkan normal tapi ini udah mau masuk minggu ke-39, yaitu kendalanya kepala baby-nya,” katanya. 

3. Sempat dilarang capek

3. Sempat dilarang capek
Instagram.com/zaskiasungkar15

Zaskia bercerita bahwa dia sempat diminta tidak terlalu capek ketika kehamilannya memasuki usia tujuh bulan. Oleh karena itu, dia mulai mengurangi aktivitas-aktivitas yang bisa menyebabkan capek, termasuk olahraga dan jalan kaki yang ternyata bisa memudahkan proses persalinan secara normal. 

“Mungkin aku telat buat yoganya, telat jalannya karena memang ada problem juga waktu masih tujuh bulan, delapan bulan, ada beberapa kondisi yang enggak boleh kecapean,” ujarnya. 

Zaskia merasa serba salah kala itu. Dia ingin melahirkan normal, namun di sisi lain dirinya tidak boleh terlalu capek. 

4. Memutuskan melahirkan secara caesar setelah tes USG

4. Memutuskan melahirkan secara caesar setelah tes USG
Instagram.com/zaskiasungkar15

Hasil tes USG pun memperlihatkan kepala bayi yang belum dekat dengan jalan lahir. Padahal, Zaskia baru saja melakukan yoga kehamilan lima hari sebelum tes USG. 

“Aku pengen yang terbaik, tetap ikhtiar pengen normal. Tapi pas di USG, dia enggak turun juga, terakhir yoga lima hari lalu, jadinya serviksnya masih panjang perjalanannya,” ujar Zaskia. 

Dokter Reno pun menyarankan untuk melahirkan secara caesar untuk menghindari stres. Pasalnya, Zaskia sudah melewati perjalanan yang panjang untuk bertemu anak pertamanya. 

“Perjuangan kita udah panjang banget, perjuangan udah panjang banget, ibaratnya hamil 9 bulan, tapi aku setahun lebih, jangan sampai stres sendiri,” kata Zaskia. 

5. Kondisi bayi sehat

5. Kondisi bayi sehat
Instagram.com/dierabachir

Meski memutuskan untuk operasi caesar, Zaskia menegaskan kondisi bayinya dalam keadaan sehat. 

“Engga ada masalah yang lain, baby-nya sehat, nah ya sudah kita putuskan untuk caesar,” katanya. 

Nah, itulah alasan Zaskia Sungkar memilih untuk melahirkan secara caesar. Apapun pilihannya yang penting Mama dan bayinya sehat, ya. Selamat atas kelahiran anak pertama Zaskia Sungkar dan Irwansyah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.