Mengenal Manfaat Daun Bangun-Bangun untuk Ibu Menyusui

Daun bangun-bangun juga dikenal dengan nama daun jinten, daun eceran, daun kucing, atau daun iwak

27 Juli 2021

Mengenal Manfaat Daun Bangun-Bangun Ibu Menyusui
Pexels

Nama daun bangun-bangun memang belum sepopuler daun katuk. Daun bangun-bangun atau memiliki nama latin Coleus Aromaticus adalah tumbuhan liar yang bisa dibudidayakan dengan cara stek. Daun bangun-bangun memiliki ciri batang berkayu lunak dan beruas-ruas, sementara daunnya agak berombak dengan tulang daun menyirip. 

Daun bangun-bangun juga dikenal dengan nama daun jinten, daun eceran, daun kucing, atau daun iwak. Daun bangun-bangun selama ini dikenal sebagai obat tradisional yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, tahukah Mama jika daun bangun-bangun juga bisa melancarkan ASI? 

Berikut penjelasan seputar manfaat daun bangun-bangun untuk ibu menyusui yang dirangkum Popmama.com. Meski namanya masih terdengar asing, namun tak ada salahnya untuk mencobanya ya, Ma. 

1. Memperlancar ASI

1. Memperlancar ASI
Pexels

Seperti telah disebutkan di atas, daun bangun-bangun bisa dikonsumsi untuk melancarkan ASI. Tumbuhan ini cocok untuk Mama yang memiliki masalah produksi ASI sehingga tidak dapat menyusui si Kecil secara optimal. Mama tak perlu khawatir karena daun bangun-bangun tidak memiliki efek samping apapun pada kesehatan mama. 

Daun bangun-bangun mengandung fosfor, vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, dan kalium. Nutrisi-nutrisi tersebut memang dibutuhkan Mama untuk melancarkan produksi ASI.

Tumbuhan ini bahkan dipercaya bisa meningkatkan produksi ASI hingga 50 persen. Itulah sebabnya, Mama tak butuh lagi suplemen yang mengandung bahan-bahan kimia untuk melancarkan ASI. 

Editors' Picks

2. Meningkatkan kualitas ASI

2. Meningkatkan kualitas ASI
Pexels

Selain bisa melancarkan produksi ASI, daun bangun-bangun juga bisa meningkatkan kualitas ASI. Nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam daun bangun-bangun bisa masuk ke ASI dan terserap oleh si Kecil. 

Salah satu nutrisi terpenting dalam daun bangun-bangun adalah asam lemak tak jenuh ganda. Nutrisi tersebut bisa memengaruhi kelenjar air susu untuk menstimulasi produksi ASI yang berkualitas. Jika si Kecil mendapatkan ASI yang berkualitas, maka tumbuh kembang bayi juga semakin terjamin. 

3. Mempercepat pemulihan pasca melahirkan

3. Mempercepat pemulihan pasca melahirkan
Pexels

Saat melewati proses persalinan, Mama akan kehilangan banyak darah. Kondisi tersebut bisa menyebabkan anemia selama masa menyusui. Itulah sebabnya, Mama dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi untuk menambah produksi sel darah merah. 

Salah satu makanan yang bisa dikonsumsi adalah daun bangun-bangun. Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian RI menyebut daun bangun-bangun sebagai sumber zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh mama. Kandungan zat besi bahkan bisa mempercepat pemulihan rahim, terutama bagi Mama yang menjalani operasi caesar. 

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

4. Meningkatkan kekebalan tubuh
Pexels

Daun bangun-bangun juga dikenal sebagai obat tradisional yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan nutrisi dalam daun bangun-bangun bisa menyembuhkan sekaligus mencegah berbagai penyakit seperti sariawan, demam, batuk, asma, dan perut kembung. 

Daun bangun-bangun cocok untuk Mama yang mudah sakit selama masa menyusui. Seperti diketahui, tubuh mama perlu beradaptasi selama menyusui. Mama pun harus selalu sehat agar si Kecil tetap bisa menyusu dan mendapat asupan nutrisi yang cukup.

Cara Mengolah Daun Bangun-Bangun

Cara Mengolah Daun Bangun-Bangun
Freepik/senivpetro

Ada banyak cara untuk mengolah daun bangun-bangun. Sebagian orang Jawa sering mengolahnya dengan cara direbus atau dimakan langsung dalam keadaan segar. Sementara itu, orang Sumatera Utara lebih suka mengolah daun bangun-bangun sebagai sup yang dimasak bersama santan. 

Apapun cara mengolahnya, Mama dianjurkan mengonsumsi daun bangun-bangun untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI. Terpenting adalah Mama telah mencuci bersih daun bangun-bangun sebelum mengonsumsinya. 

Nah, itulah informasi terkait manfaat daun bangun-bangun untuk ibu menyusui. Semoga bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.