Waktu Terbaik untuk Berhubungan Seksual Pasca Operasi Caesar

Mama dianjurkan untuk menjalani perawatan di rumah sakit selama 2-4 hari pasca operasi caesar

12 Oktober 2021

Waktu Terbaik Berhubungan Seksual Pasca Operasi Caesar
Freepik/jcomp

Operasi caesar memang tidak meninggalkan luka pada area vagina, namun meninggalkan luka bekas operasi di perut. Luka bekas operasi di perut ini kerap membuat Mama merasa tidak nyaman dan bisa memengaruhi hubungan seksual dengan pasangan. 

Beberapa orang bahkan menunda untuk berhubungan seksual karena khawatir akan memperparah kondisi luka bekas operasi di perut. Namun, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Mama dan pasangan hanya perlu mengetahui waktu yang tepat untuk berhubungan seksual pasca operasi caesar. 

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk berhubungan seksual setelah menjalani operasi caesar? Berikut ini rangkuman penjelasan seputar hubungan seksual pasca operasi caesar yang dirangkum Popmama.com.

Kondisi Organ Reproduksi Pasca Operasi Caesar

Kondisi Organ Reproduksi Pasca Operasi Caesar
Pexels/Andreas Ayrton

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai waktu yang tepat untuk berhubungan seksual, Mama perlu mengetahui terlebih dahulu kondisi organ reproduksi pasca operasi caesar. Mama umumnya dianjurkan untuk menjalani perawatan di rumah sakit selama 2-4 hari. Pasalnya, Mama akan mengalami perdarahan vagina atau biasa disebut masa nifas. 

Saat masa nifas, rahim mama yang semula membesar akan kembali ke ukuran semula. Leher rahim yang semula terbuka juga akan menutup kembali. Bagi Mama yang menjalani operasi caesar, proses pemulihan akan membutuhkan waktu lebih lama karena adanya bekas jahitan di perut. 

Editors' Picks

Boleh Berhubungan Seksual 6 Minggu Pasca Operasi Caesar

Boleh Berhubungan Seksual 6 Minggu Pasca Operasi Caesar
Freepik/Bugphai

Hingga kini, belum ada patokan waktu yang tepat untuk berhubungan seksual pasca operasi caesar. Meski begitu, Mama dan pasangan umumnya sudah diperbolehkan berhubungan seksual sekitar enam minggu pasca operasi caesar. Pasalnya, pada periode tersebut, leher rahim sudah menutup dan perdarahan nifas sudah berhenti. 

Selain itu, leher rahim umumnya sudah menutup dan luka bekas jahitan operasi sudah benar-benar sembuh. Namun, kondisi setiap perempuan tentu saja berbeda. 

Mama sebaiknya memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan apakah luka bekas operasi sudah pulih atau belum. Jika dinyatakan sudah pulih, dokter akan memperbolehkan Mama untuk berhubungan seksual. 

Risiko Berhubungan Seksual Pasca Operasi Caesar

Risiko Berhubungan Seksual Pasca Operasi Caesar
Pixabay/Stas_F

Berhubungan seksual pasca operasi caesar tentu tidak semudah sebelumnya. Mama harus mengenali kondisi tubuh diri sendiri dan tidak membandingkan dengan perempuan lain. 

Tubuh mama perlu waktu untuk menyesuaikan diri untuk pemulihan luka bekas operasi. Mama biasanya merasa nyeri di bagian perut dan kulit di sekitar luka bekas operasi akan terasa kencang atau meregang. Apabila Mama berhubungan seksual, luka bekas operasi berisiko kembali terbuka sehingga menyebabkan infeksi. 

Oleh karena itu, Mama harus santai dan tidak terburu-buru saat berhubungan seksual dengan pasangan. Komunikasikan terlebih dahulu dengan pasangan mengenai rasa sakit yang mungkin timbul saat berhubungan seksual. 

Posisi yang Aman saat Berhubungan Seksual

Posisi Aman saat Berhubungan Seksual
Pixabay/Victoria_Borodinova

Untuk meminimalkan risiko yang terjadi saat berhubungan seksual, Mama dan pasangan harus menemukan posisi yang aman. Mama sebaiknya mencoba posisi seksual yang tidak memberi tekanan di bagian perut, terutama di sekitar luka bekas operasi. 

Salah satu posisi seksual yang harus dihindari adalah spooning. Mama dan pasangan bisa mencoba melakukan foreplay terlebih dahulu untuk membangkitkan kembali gairah seksual dan tidak menimbulkan rasa sakit di bagian perut. 

Mempercepat Proses Pemulihan

Mempercepat Proses Pemulihan
Freepik/katemangostar

Senam kegel ternyata tidak hanya bermanfaat bagi Mama yang melewati persalinan normal, namun juga direkomendasikan untuk Mama yang menjalani operasi caesar. Senam kegel dapat melatih otot di bagian panggul dan vagina sehingga meningkatkan gairah seksual saat berhubungan seksual. 

Mama bisa mengencangkan otot panggul bawah selama lima detik, kemudian lepaskan dan ulangi 3-5 kali. Hentikan senam kegel jika terasa nyeri di bagian perut, terutama area luka bekas operasi. Terpenting adalah Mama memperbanyak minum air putih dan menjaga asupan nutrisi untuk mempercepat proses pemulihan. 

Jadi, Mama baru boleh berhubungan seksual sekitar enam minggu pasca operasi caesar atau sampai dokter menyatakan aman. Selama menunggu waktu tersebut, Mama bisa melakukan berbagai cara untuk mempercepat proses pemulihan. 

Semoga informasi mengenai waktu yang tepat untuk berhubungan seksual pasca operasi caesar ini bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.