TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Manfaat Zinc bagi Ibu Menyusui dan Bayi

Zinc dapat membantu perkembangan bayi melalui kandungan ASI

14 November 2022

5 Manfaat Zinc bagi Ibu Menyusui Bayi
Freepik/Freepik

Zinc merupakan mineral penting yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti menambah fungsi kekebalan tubuh, membantu penyembuhan luka, metabolisme dan pencernaan.

Pada bayi dan anak-anak, zinc sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Mama dapat memperoleh zinc dari suplemen. Meski begitu zinc juga ada secara alami dalam berbagai makanan, seperti ikan, daging, biji-bijian, dan kacang-kacangan. 

Dilansir dari verywellfamily.com, untuk laki-laki dewasa, asupan harian zinc yang disarankan adalah 11 mg, sedangkan jumlah harian yang disarankan untuk perempuan dewasa adalah 8 mg per hari.

Namun, kebutuhan zinc akan terus meningkat selama masa bayi, masa kanak-kanak, dan kehamilan. Saat menyusui, kebutuhan harian yang direkomendasikan naik menjadi 12 mg per hari. Tentunya asupan ini harus didukung dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang ya, Ma.

Lalu, apa saja ya manfaat zinc bagi ibu menyusui? Simak rangkuman Popmama.com mengenai 5 Manfaat Zinc Bagi Ibu Menyusui.

1. Membantu pemulihan pasca persalinan

1. Membantu pemulihan pasca persalinan
Freepik/pch.vector

Zinc sangat penting untuk membantu menyembuhkan luka dan lesi kulit lho, Ma. Maka dari itu, zinc dapat menjadi salah satu nutrisi paling bermanfaat ketika dalam masa pemulihan persalinan.

Mengonsumsi jumlah zinc yang cukup melalui suplemen dapat membantu menyembuhkan luka yang diderita selama persalinan, seperti perineum, robekan atau operasi caesar.

Editors' Picks

2. Meningkatkan kandungan zinc dalam ASI

2. Meningkatkan kandungan zinc dalam ASI
Freepik/freepik

Dilansir dari verywellfamily.com, terdapat sebuah penelitian yang mengatakan bahwa mengonsumsi kandungan zinc dapat meningkatkan asupan zinc saat menyusui sehingga meningkatkan konsentrasi zinc dalam kandungan ASI. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan sebelum bukti ini dapat dianggap konklusif.

3. Mengaktifkan sel-sel darah putih

3. Mengaktifkan sel-sel darah putih
Freepik/Wayhomestudio

Zinc dapat membantu untuk mengaktifkan sel darah putih di dalam tubuh sehingga dapat membantu tubuh Mama menjadi tetap fit seharian karena meningkatknya kekebalan tubuh. Tentunya, bagi Mama yang sedang menyusui sangat membutuhkan zinc agar selalu dalam keadaan sehat dan dapat menyusui si kecil dengan ASI yang juga sehat.

4. Mendukung sistem kekebalan tubuh

4. Mendukung sistem kekebalan tubuh
Freepik

Dilansir dari verywellfamily.com, terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi zinc dapat menyembuhkan tingkat keparahan ketika seseorang mengalami flu biasa.

Selain itu zinc dibutuhkan agar fungsi sistem kekebalan tubuh selalu sehat dan membantu mencegah penyakit serta infeksi. 


 

5. Dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi

5. Dapat membantu pertumbuhan perkembangan bayi
Freepik/Freepic.diller

Maksudnya dalam hal ini adalah jika Mama mengonsumsi zinc, ASI yang dihasilkan dapat membantu pertumbuhan serta perkembangan bayi. Mama dianjurkan untuk mengonsumsi zinc saat menyusui karena biasanya dengan tuntutan untuk menyusui bayi serta kehamilan dapat menguras kadar zinc yang ada di tubuh.

Pada dasarnya mengonsumsi zinc pada ibu hamil dan menyusui termasuk kategori C, yaitu dapat dikonsumsi bila memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan efek sampingnya. Oleh karena itu, Mama sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi zinc agar aman. Berikut beberapa produk yang mengandung zinc:

  • Nutrimax Mother
  • Seloxy AA
  • Zinc Di-Picolinate Complex Tablets
  • Bionicom Zinc
  • Redoxon Triple Action

Nah, itulah beberapa manfaat mengonsumsi zinc bagi ibu menyusui beserta rekomendasi produk yang dapat Mama coba. Namun, tetap harus dengan resep dokter ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk