5 Alasan Mengapa Mama Perlu Mendokumentasikan Proses Persalinan

Detik-detik kelahiran merupakan momen istimewa bagi Mama

13 Mei 2020

5 Alasan Mengapa Mama Perlu Mendokumentasikan Proses Persalinan
Monetnicole.com

Melahirkan adalah salah satu pengalaman yang paling mengesankan bagi Mama. Tidak peduli berapa banyak anak yang Mama miliki, setiap kelahiran akan berbeda satu dengan yang lain. Momen ini menjadi detik-detik berharga bagi Mama dan keluarga.

Setelah Mama melahirkan bayi dan memeluknya, Mama mungkin berpikir sejenak, bagaimana semua ini terjadi?

Seluruh proses ini luar biasa dan menakjubkan. Tetapi ketika melahirkan, Mama membutuhkan banyak fokus sehingga mungkin menyebabkan Mama tidak dapat mengingat secara rinci semua proses itu. Itulah sebabnya merekam proses kelahiran bayi dapat menjadi hal yang istimewa bagi Mama.

Kelak Mama dapat melihat kembali rekaman salah satu momen yang tidak terlupakan ini.

Selain itu, ada lima alasan lain yang bisa dijadikan pertimbangan untuk merekam momen kelahiran . Yuk, simak ulasannya di Popmama.com.

1. Memberikan semangat dan inspirasi

1. Memberikan semangat inspirasi
Freepik

Mengamati diri sendiri berjuang ketika melahirkan dapat menjadi inspirasi dan memberikan semangat, bahkan untuk Mama. Melahirkan adalah perjuangan hidup dan mati. Mama tidak hanya berjuang untuk bayi namun juga untuk diri sendiri. Video ini dapat menjadi semangat bagi Mama. Bayangkan, jika Mama dapat melakukan hal yang sulit seperti melahirkan, Mama pasti dapat melewati rintangan lain.

Mama akan terkesan dengan diri sendiri bahkan mungkin ingin memeluk diri Mama sendiri. Selain itu, video dapat memberikan visualisasi secara nyata tentang betapa sempurna hari itu dan betapa hebatnya Mama.

Editors' Picks

2. Menjadi dokumentasi bagi anak kelak

2. Menjadi dokumentasi bagi anak kelak
Freepik/Rawpixel-com

Mama membuat film mini agar dapat menunjukkan kepada anak suatu hari nanti.

Ini adalah cara yang sangat keren untuk mendokumentasikan awal kehidupan anak untuk mereka dan keluarga.

Ajak anak untuk menonton bersama. Mama tentu senang mengingat hari bahagia tersebut dan anak pun mempunyai gambaran bagaimana kehidupannya dimulai.

3. Melihat kembali kondisi sebelum bayi dilahirkan

3. Melihat kembali kondisi sebelum bayi dilahirkan
Freepik/Vgstockstudio

Video ini dapat menjadi sebuah film pendek yang tidak hanya merekam proses kelahiran saja tetapi juga merekam Mama dan Papa sebelum proses tersebut.

Mama dapat mengintip kembali kehidupan sebelum bayi dilahirkan dan melihat sekilas kehidupan di rumah setelahnya.

Video ini memberi kesempatan untuk melihat kembali keadaan ketika Mama hanya berdua saja dengan Papa dan melihat perbedaan jelas ketika si Kecil bergabung.

4. Menjadi dokumentasi penting bagi Mama

4. Menjadi dokumentasi penting bagi Mama
Monetnicole.com

Persalinan merupakan proses yang menakjubkan. Mama berjuang bertaruh nyawa untuk melahirkan si Kecil. Semua fokus dan tenaga Mama kerahkan selama proses tersebut. Ketika bayi sudah lahir, Mama berusaha mengingat apa saja yang sudah dilalui.

Terkadang karena terlalu fokus, Mama tidak dapat mengingat secara rinci. Video dapat menjadi dokumentasi yang berharga bagi Mama. Mama dapat memilih untuk membagikannya kepada anggota keluarga lain atau menyimpannya untuk koleksi pribadi.

5. Hubungan dengan pasangan menjadi lebih erat

5. Hubungan pasangan menjadi lebih erat
www.newbornbaby.com.au

Melihat kembali video dokumentasi kelahiran akan mengingatkan Mama dan Papa mengenai proses dan perjuangan yang harus dilalui. Ini dapat membuat Papa lebih menghargai Mama setelah apa yang sudah dijalani selama sembilan bulan. Video proses kelahiran juga dapat mempererat hubungan Papa dan Mama, lho.

Itulah lima alasan mengapa Mama perlu mendokumentasikan proses persalinan. Sebelum mendokumentasikan proses kelahiran ini, Mama juga harus memastikan dengan dokter dan rumah sakit. Tanyakan bagaimana prosedur dan peraturannya, apakah orang lain selain keluarga diperbolehkan untuk berada di ruang persalinan. Atau apakah diperbolehkan mengambil video.

Semoga proses persalinannya lancar, Ma.

Baca juga:  

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.