Tenangkan Pikiran, Ini Persiapkan untuk Melahirkan di RS saat Pandemi

Saat ini, rumah sakit menjadi tempat yang dihindari, amankan untuk ibu yang mau melahirkan?

21 Mei 2021

Tenangkan Pikiran, Ini Persiapkan Melahirkan RS saat Pandemi
Pexels/Andrea Piacquadio

Banyak orang menganggap melahirkan di rumah sakit sebagai cara teraman untuk membawa kehidupan baru ke dunia.

Namun sekarang kondisi berubah karena pandemi. Dengan adanya virus corona, rumah sakit adalah salah satu tempat yang dihindari. Mama mungkin tidak akan mengunjungi rumah sakit jika memang tidak memiliki urusan penting. Melahirkan di tengah pandemi, hal yang paling Mama hindari adalah si Kecil tertular virus corona.

Tetapi Mama mungkin tidak punya pilihan lain dan harus melahirkan di rumah sakit.

Agar Mama tidak terlalu khawatir, berikut tips dari Popmama.com mengenai bagaimana mempersiapkan diri sebelum melahirkan di rumah sakit.

1. Buatlah rencana kelahiran

1. Buatlah rencana kelahiran
Pixabay/TeroVesalainen

Dengan rencana kelahiran, Mama dapat menjelaskan mengenai segala sesuatu mengenai proses melahirkan yang Mama inginkan.

Pra-pandemi, rencana kelahiran mencakup segala sesuatu dari siapa yang mendukung Mama selama persalinan.

Namun setelah pandemi, aturan mengenai siapa saja yang boleh mendampingi Mama pun berubah. Ini adalah aturan rumah sakit yang tidak dapat diganggu gugat. Tetapi Mama dapat fokus pada rencana lain yang dapat Mama kendalikan.

Seperti seberapa cepat Mama ingin melakukan kontak kulit dengan bayi, apakah Mama menginginkan operasi caesar, epidural, atau kelahiran tanpa pengobatan atau pengaturan kamar yang Mama inginkan.

Editors' Picks

2. Ingatlah bahwa tim medis merupakan kelompok yang ahli dalam membantu proses persalinan

2. Ingatlah bahwa tim medis merupakan kelompok ahli dalam membantu proses persalinan
Freepik/gpointstudio

Dokter kandungan dan tim pendukungnya dilatih secara khusus untuk menangani semua potensi darurat medis, komplikasi, dan semua aspek lain dari persalinan. Berisiko tinggi atau tidak, mereka memiliki banyak pengalaman dan dilatih untuk memfasilitasi proses persalinan untuk Mama.

Pandemi tidak mengubah apa pun tentang itu. Para ahli ada untuk membantu memastikan keselamatan mama dan bayi, tidak hanya selama persalinan di rumah sakit, tetapi juga setelah melahirkan saat Mama sedang dalam pemulihan.

3. Atasi kegelisahan di hati

3. Atasi kegelisahan hati
Freepik/Yanalya

Rasa cemas yang muncul jelang persalinan adalah hal yang normal, terutama melahirkan di tengah pandemi Covid-19.

Untuk mengatasinya, sama seperti persalinan sebelum pandemi, Mama dapat berdoa, bermeditasi, mengambil napas yang menenangkan, atau meregangkan tubuh.

Berlatihlah melepaskan pikiran-pikiran yang tidak kondusif untuk ketenangan pikiran saat Mama bersiap untuk melahirkan.

4. Berbagi pengalaman dengan ibu lain yang melahirkan di masa pandemi

4. Berbagi pengalaman ibu lain melahirkan masa pandemi
Freepik/erstudio

Apakah Mama mengenal seseorang yang melahirkan di rumah sakit selama pandemi Covid-19? Bicaralah dengan mereka. Mama bisa mendapatkan gambaran mengenai apa tantangan yang mereka hadapi dengan proses persalinan dan kelahiran sehingga Mama dapat bersikap proaktif mengatasi masalah apa pun yang muncul.

Mengobrol dengan mereka yang melahirkan di rumah sakit saat pandemi dapat membantu Mama mempersiapkan diri dan memiliki gambaran seperti apa prosesnya nanti.

5. Lakukan riset

5. Lakukan riset
Freepik

Pengetahuan adalah kekuatan, bukan? Jika Mama menebak-nebak apakah melahirkan di rumah sakit menjadi satu-satunya pilihan, Mama dapat mencoba memeriksa pilihan lain.

Meski persalinan di rumah bukan menjadi pilihan semua orang, Mama juga dapat melihat beberapa pilihan pusat persalinan atau rumah sakit yang paling cocok untuk Mama.  

Mungkin Mama akan menemukan alternatif selain rumah sakit yang masih memberikan dukungan medis yang Mama inginkan; atau mungkin pilihan untuk melahirkan di rumah merupakan pilihan yang tepat. Apa pun yang Mama pilih, percayalah pada diri sendiri dan tim medis.

Itulah beberapa hal yang harus Mama persiapkan sebelum melahirkan di rumah sakit saat masa pandemi. Cemas menjelang kelahiran bayi adalah hal yang normal, ditambah Mama harus melahirkan di tengah pandemi.

Namun yang terpenting adalah persiapkan diri dan jangan terlalu cemas. Stres juga dapat memengaruhi persalinan lho, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.