Menyusui setelah Persalinan Caesar, Simak 4 Posisi dan Tips Menyusui

Apakah Mama dapat langsung menyusui setelah persalinan caesar?

29 Januari 2021

Menyusui setelah Persalinan Caesar, Simak 4 Posisi Tips Menyusui
Freepik/Jonathan Borba

ASI adalah makanan utama bayi selama enam bulan pertama. Terlepas dari apakah itu persalinan normal atau operasi caesar, menyusui setelah bayi lahir sangat penting untuk memberikan nutrisi kepada si Kecil serta untuk mengirim sinyal ke tubuh untuk mulai memproduksi lebih banyak ASI.

Tapi, apakah Mama dapat segera menyusui sesaat setelah melahirkan? Apakah anestesi atau obat lain akan memengaruhi ASI dan bayi?

Untuk mengurangi keresahan Mama, simak ulasan Popmama.com berikut ini mengenai tips menyusui setelah persalinan caesar.

Apakah Mama Dapat Menyusui setelah Persalinan Caesar?

Apakah Mama Dapat Menyusui setelah Persalinan Caesar
Pixabay/Larissa Sampaio

Ya, Mama dapat menyusui setelah operasi caesar. Faktanya, para ahli medis menganjurkan agar menyusui sesegera mungkin setelah bayi lahir.

Manfaat menyusui setelah operasi caesar:

  • Meningkatkan perkembangan neurologis otak bayi.
  • Bermanfaat bagi kesehatan jantung bayi baru lahir.
  • Menstabilkan suhu tubuh bayi karena kontak kulit ke kulit selama menyusui.
  • Mengatasi kesedihan jika persalinan tidak berjalan sesuai rencana.
  • Kepuasan mengetahui bahwa Mama memberi bayi yang terbaik.
  • Membantu membentuk perilaku menyusui yang sehat dan efektif pada bayi.
  • Meningkatkan produksi susu.

Mama mungkin membayangkan jika menyusui setelah operasi bukanlah hal yang mudah. Apa saja yang biasanya menjadi kekhawatiran mama?

Apa Kekhawatiran Mama saat Menyusui setelah Operasi Caesar?

Apa Kekhawatiran Mama saat Menyusui setelah Operasi Caesar
Freepik/Spukkato

Mama mungkin pernah mendengar tentang beberapa komplikasi yang mungkin timbul dari operasi caesar. Namun, sebagian besar memiliki efek kecil pada menyusui, misalnya:

1. Pengaruh anestesi

Perhatian pertama kebanyakan ibu saat masih di ruang operasi adalah kemungkinan efek anestesi pada bayinya. Bisakah anestesi masuk ke bayi melalui ASI? Jawabannya adalah tidak.

Dokter tahu bahwa menyusui segera setelah lahir itu penting dan karena itu hanya memberikan anestesi lokal atau epidural. Ini membuat tubuh bagian bawah mati rasa sedangkan batang tubuh memiliki sensitivitas normal. Ini memastikan bahwa tidak ada efek pada bagian tubuh atas, termasuk payudara.

Peneliti menyatakan bahwa anestesi epidural tidak berdampak buruk pada kesehatan bayi atau menyusui.

2. Penggunaan obat pereda nyeri

Karena Mama berada di bawah pengaruh anestesi, kemungkinan besar Mama tidak akan merasakan sakit. Namun, saat efeknya berkurang, Mama akan merasakan sakit di sekitar lokasi operasi. Impuls nyeri dapat mengganggu sekresi oksitosin, hormon penting untuk aliran ASI.

Dokter memberikan infus (IV) obat nyeri selama operasi untuk mencegah timbulnya nyeri. Obat pereda nyeri tidak langsung masuk ke ASI. Bayi mungkin akan merasa sedikit mengantuk, tetapi tidak ada pengaruh jangka panjang pada pertumbuhan yang sehat.

Faktanya, ASI pertama, yang disebut kolostrum, menyerap paling sedikit obat pereda nyeri. Oleh karena itu, tidak diragukan lagi aman untuk menyusui bayi segera setelah operasi caesar meskipun Mama diberikan obat pereda nyeri.

3. Pengaruh antibiotik

Mama diberikan antibiotik intravena segera setelah melahirkan untuk mencegah infeksi pada luka operasi. Namun, saat antibiotik masuk ke dalam ASI, hanya antibiotik yang aman yang diberikan kepada Mama. Antibiotik dapat menyebabkan efek samping ringan, yang bersifat sementara, dan biasanya, efek dinilai oleh dokter dalam pemeriksaan rutin pasca melahirkan.

Dokter mungkin akan memberi tahu Mama untuk minum antibiotik setelah menyusui bayi, sehingga ada jarak yang cukup jauh antara dua sesi menyusui. Ini memberi cukup waktu bagi tubuh untuk memproses obat, sehingga meminimalkan paparan pada bayi baru lahir.

Anastesi dan obat-obatan berdampak minimal pada ASI dan bayi. Tapi, luka bekas operasi mungkin akan menyulitkan Mama untuk menyusui dengan nyaman.

Untuk mengatasinya, ada beberapa posisi menyusui setelah persalinan caesar yang dapat Mama coba agar tidak memengaruhi pemulihan luka bekas operasi.

Editors' Picks

1. Memangku bayi dengan bantuan bantal

1. Memangku bayi bantuan bantal
Freepik/JoaquinCorbalan

Duduklah di tempat tidur dan letakkan bantal lembut di pangkuan. Letakkan bayi di atas bantal dengan posisi tengkurap ke arah mama sehingga mulutnya bisa mencapai puting. Sangga bayi dengan tangan dan gunakan bantal sebagai penyangga. Mama dapat mempertimbangkan untuk membeli bantal menyusui khusus yang memungkinkan Mama menggendong bayi dengan lebih baik saat menyusui.

2. Berbaring miring

2. Berbaring miring
freepik.com/alexander_safonov

Berbaring miring dan susui bayi yang baru lahir dengan menempatkanya di samping mama. Mama bisa meletakkan bayi di atas bantal empuk jika Mama merasa bayi tidak mampu meraih payudara. Lingkarkan lengan di atas kepalanya untuk memberikan dukungan.

Mama juga dapat menggunakan bantal di bawah kepala, di belakang punggung, dan di antara lutut untuk memberi lebih banyak dukungan dan merasa nyaman.

3. Menyusui sambil duduk bersandar di kursi

3. Menyusui sambil duduk bersandar kursi
Freepik/Freepik

Jika punggung terasa sakit, maka Mama bisa menyusui dengan posisi bersandar di kursi. Tempatkan bantal kecil untuk menopang punggung bawah. Sebagai alternatif, Mama bisa membeli kursi empuk. Duduk bersandar di kursi dengan bayi dan menyusui dengan cara biasa.

4. Posisi seperti memegang bola

4. Posisi seperti memegang bola
Freepik/nadyaskobeleva

Ini juga disebut football hold. Duduklah di tempat tidur dengan kaki terlipat atau direntangkan. Letakkan bantal di sisi kiri atau kanan, mana saja yang nyaman. Perlahan letakkan bayi telentang, di atas bantal, dengan kaki mengarah ke belakang dan menuju ke arah mama. Sesuaikan bayi sedemikian rupa sehingga kepalanya berada di bawah lengan dan mulutnya mencapai langsung ke payudara.

Kemudian gendong bayi yang baru lahir seperti bola di samping. Gendongan ini sangat nyaman saat menyusui bayi kembar setelah operasi caesar karena dapat menghilangkan ketegangan menggendong bayi sepenuhnya di lengan.

Nah, itu beberapa posisi menyusui setelah persalinan caesar yang dapat Mama coba. ASI sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan bayi, terutama selama enam bulan pertama setelah lahir. Namun, selain menyusui, Mama juga harus memerhatikan luka setelah operasi. Jika Mama masih belum menemukan posisi yang nyaman, diskusikan dengan konsultan laktasi ya, Ma.

Selamat menyusui, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.