Kapankah Akan BAB Pertama setelah Melahirkan? Sering Terasa Sakit

Sudah berhari-hari belum kunjung BAB juga setelah melahirkan, normal nggak ya?

9 September 2021

Kapankah Akan BAB Pertama setelah Melahirkan Sering Terasa Sakit
Pexels/sora-shimazaki

Setelah melahirkan, Mama mungkin akan mendapati begitu banyak pertanyaan mengenai kinerja sistem organ-organ tubuh mama yang belum kembali normal. Salah satunya adalah mengenai BAB. 

BAB adalah hal yang tidak bisa ditahan, tetapi juga tidak dapat dipaksakan. Setelah melahirkan, BAB bisa jadi sangat menegangkan, sulit, dan menyakitkan. Lalu, kapankah Mama akan BAB pertama setelah melahirkan, dan bagaimana cara melancarkan BAB pertama setelah melahirkan tanpa rasa sakit?

Berikut ini Popmama.com merangkum informasinya, dilansir dari What to Expect:

Kapankah Mama Akan BAB Pertama setelah Melahirkan?

Kapankah Mama Akan BAB Pertama setelah Melahirkan
Pexels/MART PRODUCTION

Umumnya, BAB pertama akan terjadi antara tiga sampai lima hari setelah melahirkan. Tetapi ini hanyalah perkiraan. Setiap mama bisa jadi memiliki waktu yang berbeda-beda.

Beberapa mama mungkin akan langsung BAB di hari yang sama saat melahirkan, sementara bagi sebagian mama bisa memakan waktu yang lebih lama, bahkan sampai seminggu. Hal ini tergolong normal kok, Ma, jadi tak perlu khawatir. Kecuali jika Mama tidak bisa BAB hingga lebih dari seminggu, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Editors' Picks

Otot Melemah setelah Melahirkan Bikin BAB Terhambat

Otot Melemah setelah Melahirkan Bikin BAB Terhambat
Pexels/Jonathan Borba

Tahukah Mama, proses melahirkan sangat membutuhkan kerja keras otot-otot tubuh kita. Bagi banyak perempuan, otot-otot dasar perut dan panggul begitu diandalkan dalam proses persalinan, termasuk usus. Hal ini membuatnya meregang sementara dan mengalami kelelahan. Akibatnya, sulit bagi otot-otot ini membantu proses BAB sehingga BAB pun terhambat selama beberapa waktu.

Apakah Obat-obatan Pasca Melahirkan Memengaruhi BAB?

Apakah Obat-obatan Pasca Melahirkan Memengaruhi BAB
Pexels/JESHOOTS.com

Ya, obat-obatan yang digunakan dalam proses melahirkan sampai pasca melahirkan termasuk faktor yang memengaruhi BAB. Bahkan jika Mama menjalani operasi caesar dengan sedikit tenaga untuk mengejan, BAB pertama pun bisa mengalami hambatan. 

Resep obat pasca melahirkan yang mengandung narkotik bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit. Obat-obatan ini dapat menghentikan sistem pencernaan sementara. 

Selain itu, apabila Mama mengonsumsi suplemen zat besi pasca melahirkan, hal ini juga dapat memperlambat kinerja pencernaan.

Hindari Mengejan setelah Melahirkan

Hindari Mengejan setelah Melahirkan
Freepik/User7350813

Kekhawatiran karena tidak BAB selama beberapa waktu setelah melahirkan terkadang membuat Mama sedikit memaksakan diri. Padahal, mengejan setelah melahirkan berbahaya. Untuk Mama yang mendapatkan jahitan dalam proses melahirkan, mengejan bisa membuat jahitan robek. 

Mengejan juga dapat menyebabkan atau memperburuk wasir. Dorongan keras atau memaksa adalah tanda bahwa tubuh belum siap. Jadi jangan dipaksakan ya, Ma. Istirahat dan coba lagi nanti. Tenang saja, BAB akan keluar pada waktunya secara alami.

Melancarkan BAB Pertama setelah Melahirkan dengan Nyaman

Melancarkan BAB Pertama setelah Melahirkan Nyaman
Freepik/mike.shots

Harus diakui, BAB yang tak kunjung keluar setelah melahirkan membuat perasaan was-was dan tidak nyaman. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk melancarkan BAB setelah melahirkan dengan nyaman:

  • Konsumsi lebih banyak air putih untuk menghindari sembelit
  • Minum jus apel atau air putih dengan lemon jika Mama merasa perut kembung
  • Makan lebih banyak makanan yang mengandung serat, seperti buah-buahan kering, sereal gandum, atau kacang-kacangan
  • Mintalah ke dokter untuk obat pelancar BAB yang aman untuk ibu menyusui

Nah itulah perkiraan waktu BAB pertama setelah melahirkan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.