Manis Menyegarkan, Inilah Manfaat Buah Delima untuk Ibu Menyusui

Bukan cuma enak rasanya, tapi kaya gizi untuk menunjang kesehatan ibu menyusui

18 Februari 2021

Manis Menyegarkan, Inilah Manfaat Buah Delima Ibu Menyusui
Pixabay/RitaE

Di masa menyusui, penting untuk senantiasa memenuhi kebutuhan gizi dengan makanan-makanan sehat. Tak lupa juga buah-buahan. Salah satu buah yang digemari banyak orang adalah buah delima.

Buah delima punya warna merah yang sangat cantik dan juga rasa manis yang enak. Bukan hanya itu, mengonsumsi delima sejak kehamilan ternyata juga baik untuk kesehatan ibu menyusui, lho. Apa sajakah itu? Berikut Popmama.com merangkum manfaat delima untuk ibu menyusui, dilansir dari MomJunction:

1. Menyehatkan ginjal

1. Menyehatkan ginjal
Pixabay/Fruchtandel_Magazin

Ketika menyusui, tubuh mama bekerja lebih keras ketimbang biasanya. Apalagi Mama baru saja melahirkan. Salah satu organ tubuh yang bekerja keras di masa-masa tersebut adalah ginjal. 

Delima mengandung kalium sehingga dapat mencegah penyakit dan infeksi yang berhubungan dengan ginjal saat menyusui. 

Editors' Picks

2. Mencegah anemia

2. Mencegah anemia
Pixabay/megspl

Bagi Mama yang selepas melahirkan langsung menyusui secara eksklusif, sangat rentan terkena anemia karena kehilangan banyak darah selama melahirkan dan kekurangan zat besi. Buah delima mengandung zat besi sebanyak 0,3 miligram dalam setiap 100 gramnya, serta vitamin C yang dapat meningkatkan dan melancarkan aliran darah dalam tubuh ibu menyusui. 

3. Anti peradangan

3. Anti peradangan
Unsplash/Marco Secchi

Saat menyusui, Mama rentan mengalami berbagai radang yang menyerang tubuh. Peradangan yang kronis dapat menyebabkan banyak penyakit yang serius, antara lain penyakit jantung, diabetes tipe 2, penyakit Alzheimer, dan lain-lain. 

Kandungan anti peradangan dalam buah delima dapat mencegah aktivitas inflamasi di saluran pencernaan, pada sel kanker payudara, dan kanker usus besar. 

4. Memperkuat imun tubuh

4. Memperkuat imun tubuh
Unsplash/Arjun Kapoor

Penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh saat menyusui karena bayi mama menggantungkan makanannya pada Mama sehingga Mama harus senantiasa sehat. Dengan rutin mengonsumsi buah delima di masa menyusui, maka sistem imun tubuh mama dapat berkembang dengan baik karena biji buah delima sendiri mengandung vitamin C yang setara dengan 40 persen asupan nutrisi penting harian. 

5. Memenuhi kebutuhan gizi harian

5. Memenuhi kebutuhan gizi harian
Unsplash/Charles Deluvio 🇵🇭🇨🇦

Dikategorikan sebagai buah berry, buah berkulit tebal ini memiliki kandungan gizi yang kaya. Dalam satu buah delima ukuran sekitar 174 gram mengandung:

  • 7 gram serat
  • 3 gram protein
  • 30 persen vitamin C dari kebutuhan gizi harian
  • 36 persen vitamin K dari kebutuhan gizi harian
  • 16 persen folat dari kebutuhan gizi harian
  • 12 persen kalium dari kebutuhan gizi harian

Namun, meski tinggi gizi, Mama harus berhati-hati dengan kandungan kalori dan gula dalam buah delima. Satu cangkir buah delima mengandung 24 gram gula dan 144 kalori. Maka Mama sebaiknya mengonsumsi delima dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.

Itu dia serba-serbi manfaat buah delima untuk ibu menyusui. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.