Menggemaskan, Amankah Memelihara Hewan saat Hamil?

Tetap bermain bersama hewan peliharaan selama kehamilan, aman nggak ya?

9 November 2020

Menggemaskan, Amankah Memelihara Hewan saat Hamil
Unsplash/Worldsbetweenlines

Hewan peliharaan adalah sahabat terbaik bagi banyak orang. Tidak sedikit yang bahkan menganggap hewan peliharaannya sebagai bagian dari keluarga dan memperlakukannya demikian.

Ketika memasuki masa kehamilan, Mama yang memiliki hewan peliharaan mungkin mulai resah dan mempertanyakan kembali keamanan memelihara hewan saat hamil karena khawatir membahayakan janin. Padahal, apabila dijaga kebersihannya, memelihara hewan saat hamil sebenarnya aman, bahkan dapat memberi banyak manfaat, lho.

Berikut pembahasan Popmama.com mengenai manfaat memelihara hewan saat hamil:

1. Meningkatkan kesehatan emosional

1. Meningkatkan kesehatan emosional
Pexels/HelenaLopes

Centers For Disease Control (CDC) menyatakan hasil penelitian bahwa dampak hubungan baik dengan hewan peliharaan dapat mengurangi stres, kesepian, kecemasan, dan menimbulkan efek bahagia pada pemiliknya.

Keberadaan hewan peliharaan kesayangan mama selama masa kehamilan akan sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan emosional m ama tetap baik.

Editors' Picks

2. Meningkatkan kesehatan fisik

2. Meningkatkan kesehatan fisik
Unsplash/Psomas

Masih dari sumber yang sama, hasil penelitian yang diungkap CDC menunjukkan bahwa memelihara hewan terbukti dapat menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan lemak trigliserida pemiliknya.

Dengan aktif bergerak mengurus hewan peliharaan, Mama juga dapat menjaga tubuh tetap dalam keadaan prima dan mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan.

3. Mengurangi kecenderungan bayi terkena dermatitis atopik

3. Mengurangi kecenderungan bayi terkena dermatitis atopik
Pexels/Pixabay

Sebuah penelitian dari Universitas Alberta menunjukkan bahwa salah satu manfaat binatang peliharaan bagi janin adalah penyebaran bakteri baik oscillospira dan ruminococcus yang membuat janin lebih resisten terhadap alergi, khususnya penyakit peradangan kulit dermatitis atopik, di kemudian hari.

Bakteri baik yang menyebar melalui udara ini umumnya berasal dari hewan peliharaan kucing dan anjing.

4. Mengurangi potensi asma dan obesitas pada bayi di kemudian hari

4. Mengurangi potensi asma obesitas bayi kemudian hari
Unsplash/Zacharykadolph

Penelitian yang sama dari Universitas Alberta juga menunjukkan bahwa bayi yang tinggal di lingkungan dengan hewan peliharaan lebih terlindungi dari penyakit pernapasan seperti asma.

Sebagaimana dilansir juga dalam Microbiome Journal, anak dari keluarga yang memelihara hewan selama masa kandungan lebih terhindar dari obesitas.

5. Mempersiapkan Mama untuk menyambut kehadiran bayi

5. Mempersiapkan Mama menyambut kehadiran bayi
Unsplash/Jpsmithuga

Sering kewalahan saat hewan peliharaan mengacak-acak perabotan, muntah sembarangan, atau berisik pada waktu tengah malam? Anggap saja latihan!

Jika sebelumnya sudah merawat hewan peliharaan, Mama biasanya akan lebih siap menyambut kehadiran bayi di dalam rumah. Apabila Mama sudah bisa mengurus hewan peliharaan dengan baik, sedikit banyak Mama sudah terlatih dan tidak akan terlalu terkejut mengurus bayi kelak.

Nah, itu dia lima manfaat memelihara hewan saat hamil. Apabila Mama tetap ragu, lebih baik untuk tidak memelihara hewan. Namun apabila Mama mantap ingin tetap memelihara hewan selama kehamilan, pastikan Mama memahami risiko dan cara merawat hewan peliharaan yang aman selama masa kehamilan, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.