Benarkah Mudah Lapar Tanda Kehamilan? Ini Faktanya!

Dari sekian banyak tanda-tanda kehamilan, benarkah mudah lapar salah satunya?

24 Mei 2022

Benarkah Mudah Lapar Tanda Kehamilan Ini Faktanya
Pexels/NathanCowley

Salah satu gejala paling umum tentang kehamilan selain mual dan muntah adalah bertambahnya nafsu makan. Jika sebagian besar ibu hamil merasakan mual sehingga kehilangan nafsu makan, sebagian lainnya justru tidak merasakan mual berlebihan dan nafsu makannya baik.

Lantas, apakah peningkatan nafsu makan termasuk salah satu tanda awal kehamilan? Bagaimana penjelasan ilmiahnya, ya?

Nah, untuk menjawab rasa penasaran mama, kali ini Popmama.com akan membahas tentang apakah mudah lapar tanda kehamilan. Yuk, kita simak bersama!

Editors' Picks

Kapan Tanda-Tanda Kehamilan Mulai Muncul?

Kapan Tanda-Tanda Kehamilan Mulai Muncul
Freepik/katemangostar

Saat pembuahan berhasil terjadi, maka perempuan bisa dikatakan sudah hamil dengan usia kandungan dua minggu. Pernyataan ini diungkap oleh Heidi Murkoff dan Sharon Mazel dalam buku 'What to Expect When You're Expecting'.

Ini terjadi karena masa subur, di mana terjadi pembuahan, dimulai sekitar dua minggu setelah hari pertama menstruasi dan kehamilan dihitung sejak hari itu.

Gejala kehamilan biasanya muncul sekitar 3-6 minggu masa kehamilan atau 1-4 minggu setelah pembuahan terjadi. Namun, tidak semua perempuan merasakan gejala awal kehamilan.

Nah, alasan kenapa ibu hamil ada yang merasakan gejala kehamilan adalah karena adanya peningkatan level pada hormonnya, dan gejala yang akan muncul adalah tidak menstruasi.

Setelahnya, ibu hamil biasanya akan mulai merasakan mual dan muntah, atau yang biasa disebut dengan morning sickness. Beberapa ibu hamil juga ada yang merasa pusing dan kram perut yang tidak biasa.

Apakah Mudah Lapar Merupakan Tanda Kehamilan?

Apakah Mudah Lapar Merupakan Tanda Kehamilan
Freepik/freepic.diller

Memang benar jika ibu hamil biasanya lebih mudah lapar. Fakta ini juga diungkap oleh Dr. Miriam Stoppard di bukunya yang berjudul 'Conception, Pregnancy, and Birth'.

Namun, rasa lapar ini biasanya muncul di akhir trimester pertama atau menjelang trimester kedua kehamilan. Beberapa ibu hamil justru kehilangan atau mendapati turunnya nafsu makan saat awal trimester pertama.

Jika Mama merasakan meningkatnya nafsu makan yang cukup signifikan tanpa merasakan gejala kehamilan lainnya, maka kemungkinan besar kamu sedang tidak hamil.

Ada beberapa alasan lain yang menjadi penyebab kenapa Mama mungkin merasakan hal tersebut, salah satunya saat jadwal menstruasi akan tiba.

Bagaimana jika Mudah Lapar Diiringi dengan Terlambat Menstruasi?

Bagaimana jika Mudah Lapar Diiringi Terlambat Menstruasi
Shutterstock/interstid

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, beberapa ibu hamil justru tidak merasakan adanya peningkatan nafsu makan di awal trimester pertama.

Namun jika ternyata Mama merasakannya diiringi dengan munculnya tanda kehamilan lainnya, seperti terlambat menstruasi, maka mungkin kamu sedang hamil.

Karena setiap ibu hamil merasakan pengalaman yang berbeda-beda di awal masa kehamilannya, maka sebaiknya Mama melakukan tes kehamilan menggunakan test pack yang dijual di apotek.

Jika ternyata Mama memang sedang hamil, segera periksakan ke dokter atau bidan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, serta mengetahui vitamin dan suplemen apa yang sebaiknya dikonsumsi.

Nah, itu dia tadi penjelasan tentang mudah lapar tanda kehamilan. Semoga bisa menjawab rasa penasaran Mama tentang apakah mudah lapar artinya sedang hamil, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk