Pilihan Makanan dengan Kandungan Vitamin B yang Baik untuk Ibu Hamil

Mengapa vitamin B baik untuk ibu hamil?

11 Agustus 2019

Pilihan Makanan Kandungan Vitamin B Baik Ibu Hamil
Freepik/Onlyyouqj

Ibu hamil sangat memerlukan makanan yang bisa menutrisi tubuhnya dan kandungannya, makanan yang seimbang akan membuat tubuhnya sehat selalu.

Tetapi akan lebih baik jika Mama mengonsumsi vitamin B karena vitamin B merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan pada masa kehamilan.

Mendapatkan vitamin B tidak cuma bisa dari suplemen saja, Mama bisa merasakan asupan vitamin B dari berbagai makanan yang sehat, Vitamin B kompleks terdiri dari 8 jenis vitamin B yang berbeda.

Manfaat vitamin B pada masa kehamilan untuk mengoptimalkan jantung janin, membentuk organ tubuhnya dan mencegah risiko Preeklampsia.

Mama bisa mengonsumsi makanan seperti sayuran dan buah-buahan untuk mendapatkan vitamin B.

Berikut Popmama.com rangkum informasi mengenai macam-macam makanan yang mengandung vitamin B yang bisa dikonsumsi oleh Mama saat sedang hamil.

1. Ikan salmon bisa mengurangi risiko depresi saat hamil

1. Ikan salmon bisa mengurangi risiko depresi saat hamil
Freepik

Ikan salmon adalah makanan yang enak dan bergizi, di dalam satu ikan salmon terdapat kandungan vitamin B12, omega 3 dan lemak jenuh.

Vitamin B12 berguna untuk menjaga kesehatan sistem saraf Mama dan kandungan jika Mama memiliki nutrisi asam folat dan dibarengi dengan vitamin B12 maka akan semakin mengurangi risiko bayi lahir cacat.

Jadi dengan mengonsumsi ikan salmon tubuh akan mendapatkan vitamin B12 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan Mama dan bayi, ikan salmon juga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Kandungan omega 3 pada salmon juga bisa membut Mama terhindar dari depresi saat hamil. 

2. Roti gandum mengandung vitamin B

2. Roti gandum mengandung vitamin B
Freepik/Onlyyouqj

Roti gandum adalah salah satu makanan yang memiliki tinggi serat dan nutrisi, teratur mengonsumsi roti gandum juga sangat baik untuk pencernaan lho, Ma.

Roti gandum juga mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti terdapat protein, zat besi, vitamin B, vitamin E, dan fosfor.

Jika mama ingin mengonsumsi roti gandum pilihlah roti gandum yang rendah kalori dan untuk mengimbangi asupan roti gandum Mama bisa mengonsumsi roti gandum bersamaan dengan sebutir telur.

3. Pisang bisa mengurangi rasa mual

3. Pisang bisa mengurangi rasa mual
Freepik/Lifeforstock

Pisang ternyata mengandung vitamin B6 dan baik dikonsumsi oleh Mama terlebih pada masa kehamilan trimester pertama, karena pisang dapat mengurangi rasa mual pada masa kehamilan.

Selain itu, pisang juga mengandung kalium yang bisa mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit selama kehamilan.

Perempuan yang sedang hamil harus mencukupi kebutuhan vitamin B6 sekitar 1.7 mg per hari, untuk memenuhi vitamin ini juga harus dibarengi dengan gizi lainnya ya, Ma!

Editors' Picks

4. Menghindari anaemia dengan kacang mete

4. Menghindari anaemia kacang mete
Freepik

Jika senang makan cokelat pasti Mama pernah mengonsumsi cokelat yang ada kacang mete di dalamnya, kacang mete merupakan makanan yang banyak mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Pada kacang mete terdapat karbohidrat, protein lemak, vitamin E, dan vitamin B. Di dalam vitamin B5, B12 mengandung pantotenat dan piridoksin yang bisa membantu mama mengurangi risiko kekurangan sel darah merah dan meredakan kram.

Selain itu vitamin B bisa membuat daya tahan tubuh Mama menjadi kuat.

5. Brokoli membantu pembentukan syaraf pada bayi

5. Brokoli membantu pembentukan syaraf bayi
Freepik/Khumthong

Brokoli juga wajib Mama konsumsi selama proses kehamilan karena sayur brokoli mengandung vitamin B9 atau asam folat yang dapat mencegah risiko bayi mengalami cacat saat dilahirkan.

Vitamin B9 juga membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah, sehingga kamu tidak mengalami anemi tetap dan aliran darah tetap lancar sehingga pembentukan jaringan pada janin juga berlangsung baik.

Brokoli juga membantu pembentukan saraf bayi, kalau Mama makan brokoli juga tidak menyebabkan efek samping apapun.

6. Kuning telur bisa mengurangi kerontokan pada rambut

6. Kuning telur bisa mengurangi kerontokan rambut
Freepik

Kabar baik nih untuk Mama  yang suka sekali makan kuning telur, karena ternyata kuning telur mengandung vitamin B7.

Jika Mama mengalami kerontokan pada rambut ketika hamil maka makan kuning telur bisa membantu mengurangi kerontokan rambut yang Mama alami.

Tidak hanya dapat mengatasi permasalah pada rambut, kuning telur juga bisa membantu mengoptimalkan perkembangan si Janin.

Paling tidak saat hamil Mama harus mendapatkan asupan vitamin B7 sebanyak 30 mcg per hari.

7. Meredakan sakit kepala dengan memakan buah alpukat

7. Meredakan sakit kepala memakan buah alpukat
Freepik/Dashu83

Alpukat adalah buah yang enak untuk dimakan terlebih jika alpukat dibuat menjadi jus, tidak cuma enak untuk dimakan buah ini juga mengandung vitamin B3 alias niasin.

Vitamin B3 bermanfaat untuk mengatasi gangguan pada pencernaan, meredakan rasa mual, dan meringankan sakit kepala.

Jadi alpukat merupakan buah yang bagus untuk Mama konsumsi ya, selain ditemukan pada buah alpukat kamu juga bisa mendapatkan vitamin B ini dengan mengonsumsi ubi jalar sebagai gantinya.

Nah, makanan diatas bisa Mama konsumsi saat hamil ya, makanan tersebut mengandung vitamin B yang baik untuk tubuh Mama dan janin, makanan tersebut juga tidak berbahaya dan tidak memiliki efek samping jadi aman untuk Mama konsumsi.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;