TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Mengenal Bakuchiol, Alternatif Retinol yang Aman untuk Ibu Hamil

Memiliki fungsi mirip retinol, namun bakuchiol terbuat dari tanaman sehingga diklaim lebih aman

18 Maret 2021

Mengenal Bakuchiol, Alternatif Retinol Aman Ibu Hamil
Pexels/pavel-danilyuk

Untuk Mama yang usianya sudah di atas 20 tahun, mungkin skin care dengan kandungan retinol udah jadi andalan banget untuk skin care routine mama.

Sayangnya, kandungan vitamin A pada retinol yang cukup kuat, ternyata nggak disarankan untuk dipakai ibu hamil, lho!

Nah, untuk para ibu hamil yang sedang mencari alternatif pengganti retinol, Mama bisa beralih ke kandungan yang lebih alami bernama bakuchiol.

Apa saja fungsi bakuchiol dan benarkan aman untuk ibu hamil? Popmama.com sudah merangkum informasinya untuk Mama.

1. Apa itu bakuchiol?

1. Apa itu bakuchiol
Pexels/Mikhail Niov

Bagi para pecinta skin care mungkin sudah nggak asing lagi dengan bakuchiol. Kandungan skincare yang satu ini terbuat dari ekstrak daun dan biji tanaman babchi, yang terkenal dengan bunga berwarna ungunya.

Karena terbuat dari tumbuhan, bakuchiol pun disebut lebih aman dan minim efek samping dibanding kandungan antiaging berbahan kimia.

2. Fungsinya mirip retinol

2. Fungsi mirip retinol
Freepik.com

Bakuchiol disebut sebagai alternatif alami retinol yang memiliki fungsi mirip, yaitu menstimulasi produksi kolagen dalam kulit, melawan hiperpigmentasi, hingga meminimalkan tampilan garis halus dan kerutan di wajah. 

Dengan fungsinya tersebut, nggak heran kalau bakuchiol disebut efektif untuk melawan tanda penuaan dini. Siapa sih yang nggak mau tampil awet muda?

3. Amankah untuk ibu hamil?

3. Amankah ibu hamil

Para ahli kandungan biasanya akan menyarankan untuk menghindari retinol bagi ibu hamil karena kandungan ini dapat mengakibatkan iritasi bagi sebagian orang. Bakuchiol pun banyak disebut bisa jadi alternatif yang aman untuk para ibu hamil karena terbuat dari bahan alami. Namun, benarkan demikian?

Mengutip dari Refinery29, Ole Henriksen, seorang spesialis kulit ternama menyatakan pendapatnya soal bakuchiol vs retinol. 

“Bakuchiol lembut dan bahkan menenangkan kulit, daripada membuat kulit jadi sensitif, dan dapat digunakan dengan aman selama kehamilan - tidak seperti retinol dan retinoid lainnya, yang dianjurkan oleh Obgyn untuk dihindari. Yang hebat adalah ia berasal dari tanaman obat dengan khasiat yang luar biasa ini," katanya.

Nah, itulah informasi terkait bakuchio, kandungan skin care yang aman untuk ibu hamil. Jadi, bagi Mama yang sedang mencari skin care antiaging, mungkin bisa nih mulai pakai bakuchiol sebagai alternatif retinol. Tapi agar lebih amannya bisa konsultasikan dulu ke dokter kepercayaan mama, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk