Menyegarkan, Ini 5 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil Muda

Segar dan nikmat, ternyata air kelapa punya banyak manfaat

8 Juli 2020

Menyegarkan, Ini 5 Manfaat Air Kelapa Ibu Hamil Muda
Freepik/Prostooleh

Orangtua kita nggak bosan-bosan mengingatkan ibu hamil untuk rajin minum air kelapa. Konon, air kelapa bakal membuat kulit bayi putih dan bayi lahir dalam kondisi bersih.

Mitos lain yang beredar, air kelapa juga bisa membuat rambut bayi lebat dan hitam. Namun, semua itu jelas belum terbukti kebenarannya, Ma. Faktanya, warna kulit dan rambut sangat dipengaruhi oleh faktor keturunan atau genetik.

Satu hal yang sudah jelas adalah kenyataan bahwa air kelapa mempunyai segudang manfaat untuk ibu hamil, tak terkecuali untuk Mama yang masih hamil muda.

Apa saja manfaat minum air kelapa untuk ibu hamil muda? Berikut Popmama.comrangkum informasinya khusus untuk Mama:

1. Berfungsi sebagai antioksidan dan elektrolit

1. Berfungsi sebagai antioksidan elektrolit
Freepik/Rawpixel.com

Hamil muda identik dengan morning sickness. Hampir semua Mama yang sedang hamil trimester pertama mudah merasakan mual dan muntah. Semua makanan rasanya serba nggak enak.

Meski mual muntah saat hamil muda adalah hal wajar, jangan sampai tubuh mama kekurangan cairan karenanya. Selain minum air putih, air kelapa juga berfungsi sebagai sumber elektrolit guna mengganti cairan tubuh yang hilang.

Kandungan antioksidan dalam air kelapa juga baik untuk menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh mama. Jadi, sekalipun morning sickness kerap datang dan pergi, tubuh mama tetap bisa fit berkat terjaganya asupan elektrolit tubuh.

Editors' Picks

2. Terhindar dari dehidrasi

2. Terhindar dari dehidrasi
Freepik/tirachardz

Ibu hamil memang mudah sekali haus. Bahkan, meski cuaca sedang tidak terlalu panas, tetapi keringat selalu saja muncul. Mama jadi mudah kepanasan. Belum lagi kalau Mama harus bolak-balik ke toilet karena mual muntah.

Kandungan elektrolit air kelapa bisa mengganti cairan tubuh mama secara cepat, sehingga Mama terhindar dari dehidrasi.

Apalagi, terdapat garam alami dalam air kelapa, seperti kalium, natrium, dan klorida. Cocok untuk menggantikan kadar garam alami dalam tubuh agar Mama tidak cepat lelah.

3. Pencegahan infeksi saluran kemih

3. Pencegahan infeksi saluran kemih
Freepik/Spukkato

Infeksi saluran kemih tergolong keluhan yang paling sering muncul di kalangan ibu hamil muda. Semua memang tidak lepas dari perubahan hormon dalam tubuh.

Ditambah, rahim juga kian membesar seiring pertambahan usia kehamilan mama. Kondisi ini jelas memberikan tekanan lebih pada kandung kemih dan membuat Mama merasa tidak nyaman.

Air kelapa rupanya juga bermanfaat sebagai diuretik alami. Mama yang tengah hamil muda jadi lebih mudah berkemih dan mencegah terjadinya infeksi saluran kemih.

4. Memperlancar sirkulasi darah

4. Memperlancar sirkulasi darah
Freepik

Mama sering mengeluh tubuh terasa nyeri dan pegal saat hamil? Bisa jadi hal ini disebabkan sistem sirkulasi darah yang kurang optimal.

Risikonya, suplai oksigen ke janin bisa berkurang. Mama bisa mengatasinya dengan minum air kelapa. Kandungan kalium dan magnesium dalam air kelapa membantu darah di jantung terpompa ke seluruh tubuh.

Selain itu, kalium juga bertugas dalam mendukung pergerakan otot, membantu kerja ginjal untuk menyaring darah, dan menghantarkan sinyal saraf.

5. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

5. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Pexels/Daria Shevtsova

Air kelapa mengandung antioksidan. Bersama kandungan vitamin dan mineral, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ibu hamil muda perlu mengonsumsi air kelapa guna melindungi diri dan janin dari risiko berbagai jenis penyakit. Kandungan asam laurat yang tinggi pada air kelapa juga berfungsi menghasilkan monolaurin, yang bertugas sebagai antibakteri dan antivirus dalam tubuh.

Demikian lima manfaat minum air kelapa untuk ibu hamil muda. Namun, Mama sebaiknya memilih air kelapa asli (bukan kemasan). Hal terpenting adalah Mama bisa minum air kelapa secukupnya, tanpa meninggalkan konsumsi air putih sebagai asupan cairan paling utama.

Baca juga:


 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.