Apa Artinya Kalau Ibu Hamil Ngidam Es Krim dan Makanan Asin?

Saat ngidam, beda makanan beda pula artinya bagi tubuh

19 Agustus 2019

Apa Arti Kalau Ibu Hamil Ngidam Es Krim Makanan Asin
Pixabay/Stevepb

Saat hamil, ngidam alias tiba-tiba ingin makan sesuatu dianggap sebagai hal yang lazim. Banyak yang berpikir bahwa ini adalah ‘bawaan bayi’, sehingga sebisa mungkin harus diusahakan untuk diwujudkan.

Nah, pernahkah Mama mengalami ngidam makanan yang tak biasa selama hamil? Meski sebagian beranggapan pilihan makanan saat ngidam ini bersifat acak, namun sebagian pakar justru meyakini keinginan ini muncul karena suatu alasan.

Menurut teori ini, ngidam merupakan cara tubuh Mama untuk ‘meminta’ asupan vitamin dan mineral tertentu.

Dengan kata lain, jenis makanan tertentu yang tiba-tiba Mama sangat inginkan menandakan tubuh sedang kekurangan asupan nutrisi yang dikandungnya.

Diyakini ini adalah cara tubuh untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Mama selama masa kehamilan. Keren ya, Ma?

Apa sesungguhnya arti dan kaitan antara makanan yang diinginkan dan kondisi tubuh yang sedang terjadi? Berikut rangkuman informasinya:

1. Tanda mengidam makanan asin

1. Tanda mengidam makanan asin
Pixabay/StockSnap

Makanan asin seperti keripik adalah salah satu jenis makanan yang banyak diinginkan ibu hamil. Seringkali saat tak hamil Mama sebenarnya tak suka makan makanan asin, namun mendadak kali ini keinginan untuk memakannya menjadi sangat besar.

Menurut pakar nutrisi dan kesehatan, Lovisa Nilsson, keinginan mendadak untuk mengonsumsi makanan asin bisa menjadi pertanda bahwa tubuh Mama sedang kekurangan sodium. Namun bisa juga, Mama sekadar hanya ingin merasakan sensasi asin di lidah.

Jika Mama mengalaminya, usahakan untuk tetap membatasi asupan makanan asin ya Ma. Seperti diketahui, tingkat natrium yang tinggi juga bisa memberikan efek negatif bagi tubuh, salah satunya meningkatkan tekanan darah.

Selain itu, keinginan untuk makan makanan asin juga bisa menjadi pertanda Mama sedang dehidrasi. Jadi, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan minum air putih selama masa kehamilan ya, Ma.

2. Ngidam es krim ternyata ada artinya lho

2. Ngidam es krim ternyata ada artinya
Pexels/Bekir Donmez

Saat hamil, indra pengecap Mama menjadi lebih sensitif. Itulah sebabnya mengapa Mama seringkali tidak berselera makan makanan tertentu.

Nah, ketika Mama mendadak ingin makan es krim, diyakini alasannya adalah karena tubuh Mama sedang kekurangan kalsium.

Kadar kalsium yang cukup dibutuhkan oleh janin guna mendukung proses pertumbuhannya. Karena keju dan susu seringkali membuat para Mama mual dan tak berselera, keinginan pun beralih pada es krim yang dianggap lebih segar dan enak.

Lovisa menjelaskan, saat hamil para Mama juga biasanya tidak berselera mengonsumsi makanan matang yang berat dan dengan kandungan tinggi lemak serta gula. Efeknya, es krim yang dingin pun menjadi pilihan ibu hamil.

Editors' Picks

3. Ibu hamil ingin makan cokelat, ini tandanya!

3. Ibu hamil ingin makan cokelat, ini tandanya
Pexels/Kaboompics.com

Sama seperti es krim, cokelat juga menjadi makanan manis yang sering ‘menggoda’ para Mama yang sedang hamil.

Konsumsi makanan dengan cita rasa manis bagi sebagian Mama dapat memberikan rasa nyaman. Namun selain itu, mendadak ingin makan cokelat juga bisa menjadi pertanda lain lho, Ma. Apa itu?

Menurut Lovisa, cokelat kaya akan vitamin B, sehingga ibu hamil yang tubuhnya kekurangan vitamin B seringkali mendadak ingin mengonsumsinya.

Keinginan makan makanan manis seperti cokelat atau permen juga bisa menjadi pertanda kadar gula darah dalam tubuh sedang rendah.

Ingat ya Ma, meski diperbolehkan namun Mama sebaiknya tetap berhati-hati agar tak berlebihan saat mengonsumsi makanan manis. Bukan nggak mungkin yang terjadi berikutnya justru kadar gula darah Mama menjadi naik terlalu tinggi.

4. Makanan asam dan pedas sering diidamkan ibu hamil

4. Makanan asam pedas sering diidamkan ibu hamil
Pexels/Artem Bali

Selain makanan asin dan manis, idola lainnya bagi para Mama saat hamil adalah makanan asam dan pedas.

Hal ini tentu terasa aneh apabila biasanya saat tidak hamil Mama termasuk orang yang tidak menyukai cita rasa ini. Lovisa menjelaskan kondisi ini sangat wajar terjadi.

Salah satu penyebabnya adalah karena perubahan indra pengecap akibat kehamilan. Kondisi ini mengakibatkan Mama menjadi ingin makan dengan cita rasa yang benar-benar beda dari biasanya.

Jika biasanya Mama tidak suka makan pedas, saat hamil Mama justru tidak bisa makan jika tidak pedas. Unik ya, Ma?

Penyebab lain keinginan untuk makan makanan asam dan pedas muncul adalah rasa mual yang sedang mengganggu Mama. Kondisi ini seringkali bisa sedikit teratasi jika Mama mengonsumsi makanan asam dan pedas.

5. Ngidam daging merah pertanda kurang zat besi

5. Ngidam daging merah pertanda kurang zat besi
Pexels/Rawpixel.com

Ketika Mama mendadak ingin makan daging merah saat hamil, Lovisa menjelaskan hal ini kemungkinan besar diakibatkan oleh tubuh yang sedang kekurangan protein dan zat besi.

Seperti diketahui, zat besi merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan Mama selama kehamilan. Jadi tubuh pun berespons demikian saat kekurangan zat besi.

Nah, Ma, ada alasan ilmiah di balik mengapa Mama mendadak mengidam makanan tertentu. Jika mengalaminya, coba ingat-ingat kembali seperti apa pola makan Mama sebelumnya.

Bisa jadi tubuh memang sedang benar-benar membutuhkan asupan tertentu. Dengan begitu, jangan lupa beri penjelasan ke Papa kalau mendadak ngidam, ya!

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;