7 Penyebab Hasil Tes Kehamilan Tunjukkan Hasil Positif Samar

Kok garis duanya tampak samar dan tidak jelas, ya?

27 November 2019

7 Penyebab Hasil Tes Kehamilan Tunjukkan Hasil Positif Samar
Freepik/jcomp

Saat melakukan tes kehamilan dengan menggunakan test pack, hasil yang ditunjukkan akan berupa garis satu untuk negatif dan garis dua untuk positif hamil. Tapi kadang-kadang muncul garis dua yang tampak samar. Kondisi ini dikenal juga dengan istilah faint positive.

Jika hasilnya demikian, sebagian Mama akan merasa bingung apakah ini benar positif hamil atau tidak. Nyatanya, kondisi ini kerap menunjukkan kemungkinan besar Mama memang positif hamil.

Umumnya garis muncul samar karena kadar hormon kehamilan atau human chorionic gonadotropin (hCG) masih rendah. Tetapi selain itu, apa saja penyebab hasil tes kehamilan menunjukkan positif samar atau garis dua yang samar? Berikut Popmama.com rangkum informasinya:

1. Test pack sudah kedaluwarsa

1. Test pack sudah kedaluwarsa
Freepik/4045

Sebelum melakukan tes kehamilan dengan menggunakan test pack, pastikan test pack yang Mama gunakan dalam kondisi baik, utuh dan tidak kedaluwarsa. Sebab jika alat yang digunakan sudah tidak dalam kondisi baik, pengukuran hCG bisa terganggu.

Dikutip dari Baby Gaga, selain bisa menunjukkan hasil positif samar, test pack yang kedaluwarsa juga bisa menunjukkan hasil negatif palsu. Segala sesuatu yang tidak akurat, terutama saat melakukan pemeriksaan kehamilan, dikhawatirkan bisa membuat Mama bingung.

Jadi, jangan lupa pastikan kualitas test pack yang hendak Mama gunakan, ya.

2. Hasil pemeriksaan sudah didiamkan terlalu lama

2. Hasil pemeriksaan sudah didiamkan terlalu lama
Freepik/Jcomp

Tes kehamilan yang menunjukkan hasil positif samar bisa jadi juga terjadi karena test pack sudah didiamkan terlalu lama. Test pack umumnya perlu waktu beberapa menit saja untuk menunjukkan hasil, ketika didiamkan terlalu lama (misalnya lebih dari 15 menit), hasil yang ditunjukkan seringkali berubah.

Test pack bekerja dengan mengukur dan memeriksa adanya hormon hCG dalam urine, jika didiamkan terlalu lama, urine yang ada mungkin sudah menguap. Efeknya, garis yang muncul pun lama-kelamaan akan tampak samar.

Editors' Picks

3. Ada masalah kesehatan pada tubuh

3. Ada masalah kesehatan tubuh
Freepik/Katemangostar

Masalah kesehatan, terutama yang memengaruhi sistem endokrin (yang bertanggung jawab untuk memproduksi dan mengatur hormon) mungkin juga menjadi penyebab dari munculnya hasil positif samar.

Seperti disebutkan sebelumnya, test pack bekerja dengan mendeteksi apakah seorang perempuan memiliki hCG di tubuhnya atau tidak. Nah, adanya masalah kesehatan mungkin juga bisa memicu munculnya hasil tes positif samar atau bahkan positif palsu.

Penyakit ginjal juga bisa memicu munculnya kondisi ini, terutama karena penyakit ini menyebabkan protein dan darah ‘bocor’ ke urine. Test pack kadang-kadang keliru mengira protein ini adalah hCG, sehingga menunjukkan hasil positif samar atau  mungkin positif palsu.

4. Sedang minum obat kesuburan

4. Sedang minum obat kesuburan
Freepik/Eva058929

Obat kesuburan bekerja dengan memicu ovulasi pada perempuan. Bagi perempuan yang memiliki masalah kesuburan, obat-obatan ini menjadi salah satu terapi pengobatan yang bisa dipilih.

Namun demikian, perlu diketahui bahwa obat kesuburan sebagian besar mengandung hCG, sehingga test pack pun kadang-kadang membacanya sebagai hasil positif hamil padahal kenyataannya bukan.

5. Ada masalah keguguran pada awal kehamilan

5. Ada masalah keguguran awal kehamilan
Freepik/Jcomp

Hasil positif samar juga bisa terjadi ketika Mama sebenarnya sudah mengalami keguguran pada awal kehamilan. Keguguran pada periode waktu ini kadang-kadang tidak memiliki gejala yang jelas terlihat, bahkan kadang tidak terasa sama sekali.

Setelah terjadi keguguran di awal kehamilan, dibutuhkan waktu bagi kadar hCG tubuh untuk kembali ke kadar sebelumnya. Jadi jika tes kehamilan dilakukan selama periode pemulihan tersebut, hasil positif samar mungkin dapat terjadi.

6. Wadah yang digunakan tidak dalam kondisi baik

6. Wadah digunakan tidak dalam kondisi baik
Pixabay/Frolicsomepl

Mama seringkali memerlukan wadah untuk menampung urine saat melakukan pemeriksaan kehamilan dengan test pack. Sama seperti saat memilih test pack, pastikan juga Mama memilih wadah penampung urine yang berkualitas baik dan bersih.

Jika sebelumnya Mama pernah menggunakan wadah untuk menampung urine dengan tujuan yang sama, hindari menggunakan wadah yang sama untuk kedua kalinya.

Tes kehamilan memerlukan sampel urine yang tidak terlalu banyak, sehingga apa pun yang tersisa dalam wadah sebelumnya dapat memengaruhi hasil pemeriksaan.

7. Benar positif hamil, tetapi usianya masih sangat muda

7. Benar positif hamil, tetapi usia masih sangat muda
Freepik/Pressfoto

Hasil positif samar pada test pack bisa benar-benar menandakan bahwa Mama hamil. Hanya saja, usia kehamilannya masih sangat muda sehingga kadar hCG-nya masih rendah. Perlu diketahui bahwa hGC diproduksi oleh plasenta yang akan terus berkembang, sehingga kadarnya akan membutuhkan waktu untuk meningkat.

Kadar hCG awal yang dapat dideteksi adalah antara 11-14 hari setelah pembuahan, kemudian menguat pada akhir trimester pertama. Kemudian, kadar hCG akan menurun dan tetap stabil sampai tiba waktunya untuk melahirkan.

Demikian informasi tentang hasil positif samar pada test pack saat tes kehamilan. Pernahkah Mama mengalaminya juga?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.