7 Tips agar Penampilan Tetap Cantik Saat Hamil

Sedang hamil bukan berarti tampilan Mama tak bisa fresh, lho

17 April 2019

7 Tips agar Penampilan Tetap Cantik Saat Hamil
Pexels/Bruce Mars

Saat hamil, berbagai perubahan hormon dan fisik seringkali membuat Mama jadi tak percaya diri. Beberapa produk kosmetik pun sebaiknya dihindari karena mengandung bahan kimia berbahaya.

Siapa bilang Mama tak bisa tetap tampil cantik selama hamil? Bisa kok, Ma. Yang terpenting adalah melakukan kebiasaan-kebiasaan baik setiap hari, agar kesehatan tubuh dan kulit tetap terjaga.

Berikut beberapa tips yang bisa Mama lakukan agar tampilan saat hamil tetap menyegarkan:

1. Perbaiki pola makan

1. Perbaiki pola makan
Pexels/Bruce Mars

Saat hamil, penting bagi Mama untuk memerhatikan apa saja yang dikonsumsi karena semua akan memengaruhi kesehatan kehamilan dan juga janin.

Penting juga untuk memastikan jadwal makan Mama teratur dan mengonsumsi makanan yang bergizi.

Pilihlah makanan yang mengandung minyak omega seperti kacang-kacangan, telur, dan ikan. Asupan-asupan ini dapat membantu menjaga kulit Mama tetap halus dan kenyal.

Selain itu, Mama juga bisa mengonsumsi sayuran berdaun hijau, buah-buahan jenis beri dan bahkan cokelat karena mengandung vitamin dan A, C, dan E. Nutrisi ini membantu melawan keriput, mengurangi perubahan warna kulit dan menjaga kulit tetap awet muda.

2. Tetap terhidrasi

2. Tetap terhidrasi
Pexels/Rawpixel.com

Hal lain yang tak kalah penting demi menjaga kesehatan kulit saat hamil adalah tetap terhidrasi. Alasannya, saat hamil organ tubuh Mama cenderung akan air dari sel-sel kulit karena darah semakin kental.

Pada akhirnya, jika tidak diimbangi dengan minum air putih yang cukup hal ini dapat membuat kulit Mama terlihat kering dan kusam. Bukan tidak mungkin kerutan-kerutan juga bisa bermunculan.

Rahasia kulit tampak awet muda salah satunya adalah minum setidaknya dua liter air setiap hari. Selain sehat bagi kulit, minum air putih yang cukup juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

3. Cegah datangnya stretch mark

3. Cegah datang stretch mark
Pexels/Bryan Schneider

Cara terbaik untuk mengatasi dan mencegah datangnya stretch mark adalah dengan merawat kulit dengan baik selama hamil. Salah satunya dengan cara rutin menggunakan body butter atau pelembap.

Pilihlah body butter atau pelembap dengan varian shea butter untuk membantu melembapkan kulit Mama. Bisa juga Mama gunakan minyak-minyakan seperti minyak almond atau minyak zaitun.

Pastikan Mama secara teratur menggunakan pelembap ini secara perlahan di area perut, payudara, dan pinggul.

Baca juga:

Editors' Picks

4. Tidur dengan nyenyak

4. Tidur nyenyak
Pexels/Leah Kelley

Kurang tidur dapat menyebabkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata, bahkan kulit pun akan tampak kusam.

Tidur nyenyak dan cukup waktu dapat membantu kulit Mama memperbaiki kerusakan kecil akibat perubahan hormon. Lingkaran hitam di bawah mata pun akan berkurang.

Yang tak kalah penting, tampilan kulit Mama akan tampak lebih segar dan sehat. Untuk membantu membuat tidur lebih nyenyak dan nyaman, Mama bisa menggunakan tambahan bantal.

5. Bersihkan kulit dengan benar

5. Bersihkan kulit benar
Pexels/Leah Kelley

Saat hamil, tidak ada yang bisa Mama lakukan untuk menghindari perubahan hormon yang dialami tubuh.

Namun, Mama dapat membantu kulit mengatasi perubahan ini. Salah satunya rutin menjaga kebersihan kulit dengan proses cleansing yang tepat.

Pilihlah produk pembersih kulit yang lembut dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Perhatikan tingkat pH kulit Mama. Rutin membersihkan kulit setelah beraktivitas seharian akan membantu menghilangkan sisa kotoran yang menyumbat kulit.

Pori-pori kulit Mama akan menjadi lebih bersih dan kulit wajah pun terlihat lembut serta segar.

6. Jangan lupakan tabir surya

6. Jangan lupakan tabir surya
Pixabay/Kaboompics

Sering beraktivitas di luar ruangan, Ma? Jangan lupa selalu gunakan tabir surya, ya. Sebab saat hamil kulit Mama menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari.

Seringkali hal ini membuat Mama ragu karena sebagian tabir surya mengandung bahan kimia seperti oxybenzone, octocrylene, dan homosalate.

Agar tak keliru, konsultasikan dengan dokter kandungan Mama tentang krim atau pelembap tabir surya yang ramah ibu hamil.

Selain dengan menggunakan tabir surya, Mama juga bisa menghindari paparan berlebihan sinar matahari dengan mengenakan topi bertepi lebar atau payung.

7. Hindari bahan kimia berbahaya

7. Hindari bahan kimia berbahaya
Freepik/Yanalya

Seperti disebutkan sebelumnya, saat hamil hindari penggunaan produk perawatan yang mengandung bahan kimia berbahaya. Beberapa di antaranya seperti paraben, phthalate, formaldehyde, toluene, dihydroxyacetone (DHA), aluminium chloride, salicylic dan beta-hydroxy acids.

Selain itu, beberapa jenis krim jerawat juga mengandung bahan kimia yang dapat diserap melalui kulit dan masuk ke aliran darah janin. Jadi sebelum menggunakannya, jangan lupa cek bahan-bahannya dan konsultasi ke dokter, Ma.

Nah, itu dia tips agar tampil segar selama menjalani masa kehamilan. Apakah ada yang Mama terapkan juga?

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!