Jadi Makanan Favorit, tapi Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Duh, pastinya ngidam banget makan mie instan saat hamil ya Ma

27 Agustus 2020

Jadi Makanan Favorit, tapi Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan
Pexels/Artem Beliaikin

Mie instan adalah makanan cepat saji favorit sejuta umat.

Gimana nggak, harganya yang murah meriah, mudah dimasak dan rasanya yang juga lezat, membuat para pecintanya susah untuk menolak makanan yang satu ini.

Lalu, sering muncul pertanyaan boleh nggak ya ibu hamil makan mie instan, apalagi kalau Mama sedang ngidam makan mie instan. Apakah diperbolehkan Mama yang sedang hamil mengonsumsi mie instan?

Meski ada rasa khawatir dan cemas saat mengonsumsi mie instan, terkadang Mama tak kuat menahan godaan lezatnya mie instan.

Meski mengenyangkan dan juga memiliki rasa yang lezat, nyatanya mie instan nggak bisa memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan Mama selama masa kehamilan.

Berikut Popmama.com rangkum fakta mengenai keamanan mengonsumsi mie instan saat hamil:

Kandungan Mie Instan yang Berbahaya bagi Ibu Hamil

Kandungan Mie Instan Berbahaya bagi Ibu Hamil
cfcw.com

Sebagai makanan cepat saji, bisa jadi mie instan mengandung berbagai bahan kimia tambahan di dalamnya. Kandungan zat kimia inilah yang bisa membahayakan Mama yang tengah hamil dan janin di dalam kandungan.

Lalu, apa saja ya dampak negatif bagi Mama dan janin di dalam kandungan, jika terlalu sering mengonsumsi mie instan?

Editors' Picks

1. Kandungan garam yang tinggi bisa membuat darah tinggi

1. Kandungan garam tinggi bisa membuat darah tinggi
Pexels/Kaboompics

Mie instan memiliki rasa yang sangat asin karena mengandung banyak garam dan monosodium glutamat (MSG).

Konsumsi garam dalam jumlah tinggi dan berkelanjutan seperti yang sudah Mama ketahui dapat meningkatkan risiko Mama yang sedang hamil mengalami tekanan darah tinggi, terutama Mama yang memiliki risiko tekanan darah tinggi.

Kandungan garam yang cukup tinggi dalam mie instan inilah yang bisa memicu hipertensi bagi Mama yang sedang hamil.

Salah satu komplikasi fatal akibat hipertensi pada Mama yang tengah hamil adalah preeklampsia. Kondisi preeklampsia ini sangat membahayakan bagi Mama dan janin dalam kandungan.

2. Pengawet dan pewarna yang sangat berbahaya bagi kehamilan

2. Pengawet pewarna sangat berbahaya bagi kehamilan
Pixabay/andr

Semua makanan dalam kemasan umumnya pasti memiliki tambahan bahan kimia, seperti bahan pengawet dan pewarna yang juga sering terdapat dalam mie instan.

Bila kedua zat kimia tersebut terlalu sering Mama konsumsi, kedua zat kimia ini akan mengendap di dalam tubuh. Jika sudah dalam kondisi ini, hal ini bisa membahayakan kondisi kesehatan mama dan bayi dalam kandungan.

3. Mie instan tidak mengandung gizi lengkap

3. Mie instan tidak mengandung gizi lengkap
Pexels/Adrianna Calvo

Mie instan hanya mengandung karbohidrat yang dapat menaikkan gula darah dengan cepat tanpa kandungan nutrisi lainnya. Padahal ibu hamil memerlukan asupan makanan bergizi seimbang, yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Kekurangan nutrisi saat hamil tentu akan memengaruhi tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Sedangkan asupan karbohidrat berlebih saat hamil dapat meningkatkan berat badan yang tidak terkontrol.

Berat badan berlebih saat hamil bisa membahayakan Mama yang sedang hamil, sebab dapat meningkatkan risiko terjadinya hipertensi dan diabetes gestasional.

Tips Sehat Makan Mie Instan bagi Ibu hamil

Tips Sehat Makan Mie Instan bagi Ibu hamil
Pexels/Pixabay

Meski makan mie instan semasa kehamilan tidak disarankan, namun jika Mama sedang ngidam mie instan hingga terbayang-bayang, masih bisa diwujudkan kok Ma. Dengan catatan, jangan terlalu banyak ya.

Dan, sebaiknya Mama mengikuti tips berikut ini ya, Ma!

  • Saat Mama memasak mie instan yang berkuah, sebaiknya buang air rebusan mie saat dimasak kemudian gunakan air rebusan yang baru atau air panas saat ingin disantap.
  • Jangan gunakan seluruh bumbu mie instan dalam sekali pakai. Gunakan hanya setengah bungkus bumbu, untuk mengurangi kandungan garam yang tinggi.
  • Sebaiknya jangan jadikan mie instan sebagai makanan tunggal, jadi tambahkan bahan makanan lain seperti sayuran, telur, atau potongan daging untuk menambah asupan nutrisi dalam satu porsi mie instan.
  • Jangan makan mie instan terlalu sering.

Jadi, yang perlu Mama ingat adalah boleh saja makan mie instan sesekali. Namun, yang terpenting jangan jadikan mie instan sebagai makanan pokok.

Perlu Mama ingat! Sejatinya mie instan adalah makanan junkfood cepat saji dan dianggap tidak membawa manfaat apapun bagi Mama dan bayi.

Jadi, saran terbaik dari para pakar kesehatan adalah untuk membatasi jumlah konsumsi mie instan hingga seminimal mungkin saat hamil.

Pastikan juga Mama mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan bervariasi, ya.

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.