8 Cara Mengatasi Sakit Kepala pada Ibu Hamil

Jangan langsung minum obat ya Ma

17 Maret 2021

8 Cara Mengatasi Sakit Kepala Ibu Hamil
Freepik/yanalya

Sakit kepala yang terjadi di awal kehamilan merupakan hal yang normal, biasanya terjadi pada trimester awal hingga ketiga.

Gejala pusing pada masa ini juga bisa disebabkan darah rendah yang diakibatkan oleh aktivitas hormon progesteron dan menyebabkan pelebaran pada pembuluh darah.

Meningkatnya produksi dan aliran darah pada masa awal kehamilan diduga bisa menjadi pemicunya.

Kemungkinan lain yaitu karena kurang tidur, depresi, kelaparan, atau bahkan kelelahan. Tapi perlu diingat, sebaiknya ibu hamil tidak mengonsumsi sembarang obat-obatan tanpa resep dokter. Jangan segan untuk konsultasi ke dokter jika sakit kepala bertambah parah.  

Walau pusing di saat hamil tidak berbahaya, tetapi pastinya membuat Mama tidak nyaman. Alangkah baiknya Mama mencegah sakit kepala dengan mengonsumsi makanan bergizi.

Kini Mama tak perlu cemas, di sini akan membahas beberapa cara mudah dan aman untuk mengurangi sakit kelapa saat hamil. Berikut ulasan yang telah Popmama.comrangkum dari berbagai sumber:

1. Istirahat yang cukup

1. Istirahat cukup
Pexels/bruce mars

Saat sakit kepala menyerang, Mama sebaiknya membaringkan tubuh di tempat yang nyaman tanpa gangguan. Lalu pejamkan mata agar terasa rileks.

Namun dengan catatan tidak berlebihan. Karena jika terlalu lama berbaring akan membuat suplai oksigen terhadap janin berkurang lho. Jangan lupa tidur pada waktu yang teratur setiap hari.

2. Pijat lembut bagian pundak

2. Pijat lembut bagian pundak
Pexels/andreas160578

Solusi lain ketika pusing melanda yaitu meminta bantuan orang atau melakukan pemijatan sendiri dengan lembut di bagian pundak yang sakit. Pemijatan ini sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit kepala.

3. Rutin olahraga

3. Rutin olahraga
Freepik

Mama bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, senam hamil, ataupun yoga yang mampu melancarkan sirkulasi darah. Karena banyak manfaat yang didapat dari berolahraga, salah satunya dapat membuat tubuh lebih rileks dan bugar.

Editors' Picks

4. Jaga pola hidup sehat

4. Jaga pola hidup sehat
Pexels/Julian Jagtenberg

Kali ini Mama harus menjaga pola hidup dari pemicu yang menyebabkan sakit kepala. Ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang mengandung MSG, pemanis buatan, serta makanan yang difermentasi.

Hindari juga dari paparan asap rokok, kebisingan, dan cuaca yang panasatau dingin berlebihan.

5. Perbanyak minum air

5. Perbanyak minum air
Freepik/rawpixel.com

Kekurangan cairan juga menjadi penyebab utama sakit kepala. Jadi perbanyaklah minum air putih untuk mencukupi cairan dalam tubuh. Dan ibu hamil tidak dianjurkan mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol.

6. Makan tepat waktu

6. Makan tepat waktu
Pexels/freestockpro

Ibu hamil harus lebih memerhatikan pola makan setiap hari, termasuk jam makan. Alangkah baiknya Mama menyediakan stok makanan di rumah agar selalu bisa menerapkan pola makan yang teratur, meski porsi sedikit namun sering dilakukan.

7. Kelola stres dengan baik

7. Kelola stres baik
Freepik/yanalya

Jika Mama sering merasa sakit kepala saat hamil, baiknya Mama mengelola stres dengan baik. Salah satu cara untuk mengelola stres adalah dengan cara teknik relaksasi dengan mencoba bernapas dalam-dalam, yoga, pijat, dan meditasi.

8. Minum obat

8. Minum obat
Freepik/jannoon028

Dilansir dari mayoclinic.org, sebagian besar ibu hamil dapat dengan aman menggunakan acetaminophen mengobati sakit kepala sesekali.

Penyedia perawatan kesehatan mama mungkin merekomendasikan obat lain juga. Pastikan Mama hanya mengonsumsi obat-obatan atas saran dokter.

Sakit kepala selama kehamilan biasa terjadi. Namun, jika Mama mengalami sakit kepala yang parah, segera hubungi dokter ya.

Nah, itulah informasi mengenai beberapa cara mengatasi sakit kepala saat hamil. Semoga bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.