5 Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil Muda

Wajib jadi camilan Mama nih!

31 Januari 2020

5 Manfaat Buah Kiwi Ibu Hamil Muda
Unsplash/Rawpixel

Buah dan sayur memang baik untuk dikonsumsi terutama saat sedang hamil. Dari semua buah, ada buah kiwi yang memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil. 

Ibu hamil harus memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang berguna untuk kesehatan janin. Buah kiwi memiliki banyak nutrisi dengan segudang manfaat. 

Apa saja manfaatnya, dan seperti apa kandungan nutrisinya, berikut dirangkumkan oleh Popmama.com

1. Kandungan nutrisi buah kiwi

1. Kandungan nutrisi buah kiwi
Freepik/Welcomia

Dalam satu cangkir buah kiwi, terdapat:

- 110 kalori

- 2 g protein

- 5,4 g serat

- 157 IU vitamin A

- 167 mg vitamin C

- 2,6 mg vitamin E

- 562 mg kalium (K)

- 0,56 mg zat besi (Fe)

- 61 mg kalsium (Ca)

- 31 mg magnesium (Mg)

- 0,23 mg seng (Zn)

2. Kiwi kaya akan asam folat 

2. Kiwi kaya akan asam folat 
Unsplash/Kimber Pine

Untuk memenuhi asupan, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi 0,6 sampai 0,8 mg asam folat per hari.

Salah satu manfaat asam folat adalah mengurangi risiko gangguan pembentukan sistem syaraf janin dan kelainan otak tak terbentuk dengan sempurna. 

Kiwi memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Mengonsumsi 2 buah kiwi sehari bisa memenuhi 25% kebutuhan folat harian tubuh. 

Editors' Picks

3. Sumber vitamin C

3. Sumber vitamin C
Freepik/Illiabondar

Selain buah jeruk, vitamin C juga bisa didapat dari kiwi. Dalam rata-rata, dalam 1 buah kiwi terkandung 91 mg vitamin C yang sangat dibutuhkan tubuh, terutama saat hamil muda. 

Vitamin C mampu membentuk kolagen yang berguna untuk pembentukan kulit, tulang, urat, dan tulang rawan. Vitamin C yang ada di kiwi juga bisa membantu meredakan asma. 

Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi buah kiwi bisa memberikan dampak positif terhadap fungsi paru. Jika Mama memiliki riwayat asma, bisa menjaga kesehatan dengan mengonsumsi buah ini.

Selain itu, vitamin C dalam kiwi juga bisa memerangi infeksi, melindungi kerusakan sel, dan membantu penyerapan zat besi dari sayur yang Mama konsumsi. Terakhir, konsumsi vitamin C yang cukup juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Mama. Di mana kesehatan sangat penting di trimester pertama seperti ini.  

4. Penurun hipertensi

4. Penurun hipertensi
Unsplash/Toa Heftiba

Penelitian menemukan bahwa konsumsi 3 buah kiwi per hari bisa membantu menurunkan tekanan darah. Ini lebih ampuh dibanding makan 1 apel setiap hari. 

Buah kiwi sangat berguna untuk ibu hamil yang memiliki riwayat hipertensi atau yang memiliki gejala preeklampsia. 

Tekanan darah tinggi pada ibu hamil juga bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan janin. Lebih parah, bisa menyebabkan bayi lahir prematur. 

5. Mengurangi mual saat awal kehamilan

5. Mengurangi mual saat awal kehamilan
Freepik/Yanalya

Seringnya, ibu hamil muda memilih buah asam untuk mengurangi rasa mual kala hamil muda. Selain mangga muda, Mama bisa mengonsumsi buah kiwi hijau. 

Rasanya yang agak asam dan segar bisa membantu ibu hamil merasa lebih baik. Selain itu, kandungan vitamin B yang ada di dalam buah kiwi jug abisa mengatasi rasa mual. 

Banyak cara mengonsumsi buah kiwi. Mama bisa memakannya langsung, mencampurnya dengan yoghurt, atau menjadikannya campuran smoothies. 

Yang pasti, jadikan ini camilan rutin agar kesehatan Mama terus terjaga, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.