Banyak Manfaat Positif, Begini 7 Manfaat Daun Sirsak untuk Ibu Hamil

Kenali manfaat dari daun sirsak untuk ibu hamil yuk, Ma!

12 Agustus 2019

Banyak Manfaat Positif, Begini 7 Manfaat Daun Sirsak Ibu Hamil
loopjamaica.com

Buah sirsak dikenal memiliki banyak manfaat positif untuk kesehatan, begitu pula dengan daunnya. Daun sirsak pun memberikan manfaat positif jika dikonsumsi oleh ibu hamil. 

Dilansir dari Parenting Healthy Babies, buah sirsak diketahui berasal dari Amerika Selatan ini memiliki berbagai vitamin dan nutrisi penting di dalamnya. 

Perlu diketahui bahwa rebusan air daun sirsak mengandung acetogenin, sehingga mampu menyingkirkan racun dalam tubuh serta menyembuhkan beragam penyakit dengan sangat ampuh.

Umumnya daun sirsak akan diekstrak dengan cara direbus, lalu air rebusannya dapat dikonsumsi untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. 

Selain banyak penelitian menyatakan bahwa daun sirsak memiliki senyawa yang mampu mengobati kanker, ibu hamil dapat mengonsumsinya selama hamil karena memiliki banyak manfaat lain. 

Untuk ibu hamil yang ingin mengetahui berbagai manfaat dari daun sirsak, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Wajib disimak dan jangan sampai tertinggal manfaat dari daun sirsak nih, Ma!

1. Mampu mengobati kolesterol selama menjalani kehamilan

1. Mampu mengobati kolesterol selama menjalani kehamilan
hcatodayblog.com

Menjaga pola makan selama masa kehamilan memang perlu dilakukan agar pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan tetap optimal. Ibu hamil perlu menjaga kadar kolesterol selalu normal karena jika meningkat terlalu drastis dapat memiliki risiko untuk kesehatan. 

Jika mengalami masalah kolesterol, Mama dapat mengatasinya dengan menggunakan daun sirsak. Ibu hamil dapat menuai manfaatnya setelah meminum air rebusan daun sirsak untuk mengobati kolesterol. 

Mama tak perlu bingung karena caranya hanya perlu merebus kurang lebih 10 lembar daun sirsak.

Pilihlah daun yang sudah agak tua, lalu tambahkan 3 gelas air mineral. Rebuslah daun sirsak tersebut hingga kondisi air tersisa setengahnya. 

Setelah itu, minumlah dengan keadaan yang hangat setidaknya setiap pagi hari agar manfaat daun sirsak bisa begitu terasa.

Baca juga: 

2. Mengobati asam urat yang dapat terjadi disela-sela kehamilan

2. Mengobati asam urat dapat terjadi disela-sela kehamilan
1000ecofarms.com

Berbagai asupan makanan yang memiliki kandungan tinggi akan zat purin dapat memicu asam urat, termasuk emping. Dilansir dari Live Strong, makanan yang memiliki kandungan zat purin tinggi dapat memicu asam urat dalam darah menjadi berlebihan. 

Jika ingin menghindari ancaman asam urat disela-sela masa kehamilan, Mama dapat menggunakan daun sirsak untuk mengobati penyakit ini. Kandungan pada daun sirsak seperti asam gentisat, acetogenin, annomuricin, annocatalin, dan asam linolenat yang dapat bermanfaat untuk mengurangi hingga mengobati penyakit asam urat. 

Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk menyembuhkan asam urat, sebaiknya diolah terlebih dahulu menjadi air rebusan. Minumlah air rebusan ini setiap pagi hari agar manfaat dari daun sirsak bisa semakin optimal khasitnya. 

Baca juga: 

3. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

3. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Freepik/vgstockstudio

Memiliki sistem kekebalan tubuh yang optimal selama menjalani masa-masa kehamilan tentu menjadi impian semua orang. 

Selain mengonsumsi berbagai nutrisi makanan yang mampu berguna untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan, Mama dapat mempergunakan khasiat dari daun sirsak. Tidak hanya buahnya saja, namun daun sirsak mempunyai jumlah vitamin C yang cukup banyak. 

Perlu diketahui bahwa kandungan vitamin C sangat bermanfaat untuk ibu hamil yakni mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan vitamin C mampu memerangi infeksi yang mampu memicu berbagai masalah kesehatan seperti demam dan pilek. 

Baca juga: Demi Nutrisi Ibu Hamil, 5 Makanan Ini Dapat Meningkatkan Imun Tubuh

Editors' Picks

4. Mampu menurunkan tekanan darah tinggi menjadi semakin stabil

4. Mampu menurunkan tekanan darah tinggi menjadi semakin stabil
Pinterest.com/Otto Blanco

Ma, perlu disadari bahwa tekanan darah tinggi selama kehamilan dapat disebabkan oleh beberapa faktor pemicu seperti gaya hidup yang kurang sehat, stres hingga sering melakukan diet.

Jika tekanan darah tinggi terjadi selama masa kehamilan, maka ini perlu mendapatkan perhatian yang cukup serius karena tidak boleh dianggap sepele. 

Tekanan darah tinggi yang tidak diselesaikan hingga proses kelahiran si Kecil, maka dapat meningkatkan risiko komplikasi seperti preeklampsia dan berbagai masalah saat persalinan ke depannya.

Sebelum terlambat, Mama dapat mengatasinya dengan olahan dari daun sirsak. 

Daun sirsak mengandung begitu banyak kalium, sehingga efektif dalam menurunkan tekanan darah dan mencegah hipertensi.

Selain olahan daun sirsak, ibu hamil dapat mengonsumsi beberapa bahan makanan utuk meredakan tekanan darah tinggi seperti bayam, kale hingga brokoli.

Sumber kalsium di dalam bahan makanan ini dapat membantu untuk menjaga tekanan darah tinggi stabil dan tidak mengalami berbagai peningkatan.  

Baca juga: 

5. Mencegah kram yang membuat ibu hamil kurang nyaman 

5. Mencegah kram membuat ibu hamil kurang nyaman 
bukujamu.blogspot.com

Kram dapat terjadi pada ibu hamil kapan saja. Kondisi ini tentu membuat berbagai aktivitas selama masa-masa kehamilan menjadi kurang nyaman. 

Untuk mengatasi permasalahan kehamilan yang satu ini, ibu hamil dapat menggunakan ekstrak daun sirsak agar tidak mengalami kram.

Ekstrak daun sirsak yang termasuk analgesik alami dapat cukup efektif dalam menyembuhkan kram otot. 

Jika pengobatan alami dengan daun sirsak ini tidak cukup ampuh dalam mengatasi kram, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Ini semua demi kesehatan diri sendiri dan janin dalam kandungan ya, Ma!

Baca juga: Banyak Masalah Selama Hamil, Sarwendah Sempat Mengalami Kram Perut

6. Mengatasi peradangan di bagian tulang hingga sendi

6. Mengatasi peradangan bagian tulang hingga sendi
womenshealtmag.com

Ibu hamil yang mengalami kenaikan berat badang terkadang dapat memicu berbagai masalah pada bagian tulang hingga sendi.

Kondisi inilah yang tanpa disadari membuat ibu hamil mengalami kecenderungan atau renang mengalami berbagai peradangan sendi. 

Untuk mengatasi permasalah ini selama masa kehamilan, ada baiknya mengonsumsi ekstrak dari daun sirsak.

Jika rutin dikonsumsi setiap harinya, ini mampu meredakan peradangan dan perlahan-lahan dapat mengurangi rasa sakit secara lebih efektif. 

Baca juga: Waspada! Nyeri Otot dan Sendi pada Ibu Hamil Bisa Chikungunya!

7. Memperbaiki pertumbuhan dan perkembangan janin menjadi lebih optimal

7. Memperbaiki pertumbuhan perkembangan janin menjadi lebih optimal
victoriahealth.com

Setiap ibu hamil tentu ingin janin di dalam kandungannya tetap berkembangan secara optimal.

Salah satu cara untuk meningkatkan pertumbuhan si Kecil yaitu dengan menambah asupan mineral, salah satunya zat besi. 

Untuk memenuhi zat besi selama hamil, ibu hamil dapat menemukannya di dalam daun sirsak. Jika ingin mengonsumsinya, Mama hanya tinggal mengolahnya menjadi ekstrak daun sirsak. Dengan begitu, maka dapat menambah asupan protein untuk mendukung pertumbuhan janin selama masa-masa kehamilan.

Itulah beberapa manfaat positif yang dapat ibu hamil rasakan dari olahan daun sirsak. Proses pengolahan yang tepat dapat membantu ibu hamil terhindari dari berbagai penyakit. 

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat selama kehamilan ya, Ma!

Baca juga: 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;