Tips Memudarkan Stretch Mark saat Hamil a la Eriska Rein

Bisa dicoba nih, Ma!

20 Februari 2022

Tips Memudarkan Stretch Mark saat Hamil a la Eriska Rein
Pinterest.com/Healthline

Saat hamil, kulit mama mungkin mengalami perubahan dengan munculnya stretch mark pada perut, paha, dan bagian tubuh lainnya.

Meski tidak membahayakan, kondisi kulit yang regang ini mungkin bisa membuat Mama tidak percaya diri.

Permasalahan stretch mark ini ternyata juga dialami oleh artis Indonesia, Eriska Rein, saat hamil anak pertamanya Mikhail Zayn Muhsin.

Eriska mengatakan bahwa bekas stretch mark saat kehamilan pertama tersebut membekas hingga kini ia mengandung anak kedua.

Karena telah belajar dari kehamilan pertama, maka pada kehamilan keduanya ini, Eriska lebih ekstra menjaga penampilannya.

Ditemui dalam acara peluncuran Stretch Mark Serum dari Mama’s Choice pada Rabu (16/02/2022), Eriska Rein membagikan tips memudarkan stretch mark saat hamil. Yuk, kita simak, Ma!

Apa itu Stretch Mark

Apa itu Stretch Mark
Pinterest.com/Medical News Today

Stretch mark merupakan kondisi kulit yang di mana timbul guratan atau garis beruntai. Kondisi ini biasanya muncul pada bagian kulit tubuh yang mengandung banyak lemak, seperti bokong, perut, payudara, dan lengan serta paha.

Guratan yang baru muncul pada permukaan kulit pada awalnya akan bewarna merah, berulah ketika pembuluh darah sudah turun dan kembali merapat, warna merah ini perlahan akan memudar dan menjadi warna putih.

Biasanya efektivitas stretch mark cream akan semakin menurun ketika stretch mark telah berubah warna menjadi putih.

Penyebab terjadinya Stretch Marks

Penyebab terjadi Stretch Marks
Pinterest.com/Healthline

Stretch mark umumnya disebabkan karena peningkatan berat badan yang membuat kulit merenggang, sehingga akan muncul guratan pada kulit. Selain itu, ada beberapa kondisi lain yang menyebabkan seseorang mengalami stretch mark, yaitu:

  • Kehamilan
    Saat hamil, tubuh akan mengalami peningkatan berat badan yang signifikan, terutama pada trimester kedua dan ketiga. Hal inilah yang memicu kulit jadi merenggang, terutama pada area perut, paha, betis, dan pinggul. Pada masa ini, kulit akan menjadi kering dan mudah gatal, jika Mama terpancing untuk menggaruk kulit yang gatal ini, stretch mark mungkin sekali akan muncul

  • Masa pubertas
    Masa pubertas juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya stretch mark. Karena pada fase ini, remaja mengalami perubahan hormon yang mempercepat pertumbuhan tubuh.

  • Sindrom Cushing atau Marfan
    Mengidap sindrom Cushing dan Marfan dapat meningkatkan risiko timbulnya stretch mark. Hal ini disebabkan, karena sindrom Marfan menurunkan elastisitas pada jaringan kulit, sedangkan sindrom Cushing menyebabkan kenaikan berat badan yang cepat.

Editors' Picks

Tips Memudarkan Strecth Mark a la Eriska Rein

Tips Memudarkan Strecth Mark a la Eriska Rein
Instagram.com/eriskarein

Bagi Mama yang ingin memudarkan stretch mark, bisa lho menggunakan bahan-bahan alami atau produk  kecantikan, seperti yang dilakukan oleh Eriska Rein. Berikut tipsnya:

1. Menggunakan stretch mark cream dan serum yang aman untuk ibu hamil

1. Menggunakan stretch mark cream serum aman ibu hamil
Instagram.com/eriskarein

Karena telah belajar dari kehamilan pertama, maka di kehamilan keduanya, Eriska melakukan perlindungan ekstra terhadap kulitnya. 

Sejak trimester pertama kehamilan kedua ini, Eriska mulai mencari tahu produk apa saja yang dapat digunakan untuk membantu memudarkan strech mark yang aman digunakan ibu hamil.

“Jadi aku percayainlah stretch mark cream. Happy banget karena memang works banget di aku dan lebih excited lagi karena sekarang sudah keluar stretch mark serum yang lebih mengoptimalkan hasilnya,” ujar Eriska.

2. Rutin mengaplikaskan stretch mark cream dan serum setelah mandi dan sebelum tidur

2. Rutin mengaplikaskan stretch mark cream serum setelah mandi sebelum tidur
Freepik/senivpetro

Eriska Rein menjelaskan bahwa ia rutin menggunakan stretch mark cream dan serum, dua kali dalam sehari, yaitu setelah mandi dan sebelum tidur. Eriska menyarankan para Mama agar mengaplikasikan stretch mark serum terlebih dahulu baru menggunakan krim setelahnya.

3. Stretch mark cream dan serum sebaiknya diaplikasikan pada area yang benar-benar membutuhkan perawatan

3. Stretch mark cream serum sebaik diaplikasikan area benar-benar membutuhkan perawatan
Freepik/yanalya

Dalam mengaplikasikannya, Eriska juga menyarankan agar Mama fokus dan sebaiknya diaplikasikan secara merata pada bagian tubuh yang membutuhkan perawatan ekstra. Hal ini diharapkan agar cream dan serum yang dioleskan dapat bekerja dengan baik untuk memudarkan stretch mark pada tubuh.

Itulah tadi tips memudarkan stretch mark a la Eriska Rein. Apa yang Mama lakukan untuk memudarkan stretch mark?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk