Baik untuk Diamalkan, 7 Doa agar Janin Kuat, Sehat, dan Normal

Doa menjadi usaha penting selain memenuhi asupan nutrisi selama kehamilan

28 Juli 2021

Baik Diamalkan, 7 Doa agar Janin Kuat, Sehat, Normal
Freepik

Sebagai bentuk usaha dalam menjaga kesehatan calon Buah Hati, tak hanya mengonsumsi makanan bernutrisi dan menerapkan gaya hidup sehat, tetapi juga berserah diri dan membaca doa-doa sesuai dengan ajaran agama yang diyakini.

Dalam Islam, terdapat kumpulan doa yang bisa Mama panjatkan dan amalkan selama masa kehamilan, tujuannya tak lain adalah mengharapkan kandungannya tumbuh dengan kuat, sehat, dan sempurna tanpa kekurangan.

Meski masih tahap awal kehamilan, Mama bisa mulai membacakan kumpulan doa baik agar dapat didengar janin sejak usia dini.

Seperti beberapa doa yang sudah Popmama.com rangkum berikut terkait doa agar janin kuat, sehat, dan normal. Panjatkan dan amalkan sejak dini yuk, Ma!

1. Perbanyak membaca Al-Fatihah

1. Perbanyak membaca Al-Fatihah
Freepik

Sebagai surat pembuka dalam Al-Quran, Al Fatihah memiliki banyak keutamaan bagi umat muslim yang mengharap petunjuk akan jalan yang lurus dan dijauhkan dari sifat merugi kepada Sang Pencipta.

Ketika hamil, Mama dianjurkan memperbanyak membaca surat Al-Fatihah untuk memohon keselamatan dan kesehatan bagi Mama dan janin yang dikandung. Tak ada waktu khusus, Mama bisa mengamalkan surat Al Fatihah kapan saja.

2. Doa agar janin diberi kekuatan

2. Doa agar janin diberi kekuatan
Pexels/Leah Kelley

Pada fase awal kehamilan atau trimester pertama, umumnya ibu hamil rentan mengalami perdarahan. Ketika mengalami hal tersebut, banyak pula ibu hamil yang merasa cemas akan kandungannya.

Selain lakukan bed rest sebagaimana yang dianjurkan, Mama bisa berserah diri kepada Allah SWT dan membaca surat Fatir ayat ke-41, yang tertulis sebagai berikut:

Innallaha yumsikus-samawati wal-arda an tazula, wa la'in zalata in amsakahuma min ahadim mim ba'dih, innahu kana haliman gafara.

Artinya: "Sungguh, Allah yang menahan langit dan bumi agar tidak lenyap; dan jika keduanya akan lenyap tidak ada seorang pun yang mampu menahannya selain Allah. Sungguh, Dia Maha Penyantun lagi Maha Pengampun." (QS.Fatir 35:41)

Editors' Picks

3. Doa agar janin diberikan kesehatan

3. Doa agar janin diberikan kesehatan
Pexels/tr-n-long

Tak hanya kuat, Mama pun berharap janin dalam kandungan selalu diberi kesehatan. Untuk itu, berikut doa yang bisa Mama bacakan agar janin sehat dalam kandungan. Bunyinya sebagai berikut:

Allahummah fazh waladii maa daama fii bathnii. Wasyfihi ma'ii. Anta asy-syaafii laa syifaa 'an illaa syifaa 'uka syifaa 'an laa yughaadiru saqama.
Artinya:

Artinya: "Ya Allah, semoga Engkau lindungi bayiku ini selama ada dalam kandunganku. Berikanlah kesehatan kepadanya bersamaku. Sesungguhnya Engkaulah Maha Penyembuh. Tidak ada kesehatan selain kesehatan yang Engkau berikan, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lain."

4. Doa agar janin tumbuh dengan baik

4. Doa agar janin tumbuh baik
Freepik

Sebagai orangtua, tentu mengharapkan calon Buah Hati yang tumbuh dengan baik serta dalam keadaan sehat dan normal. Untuk itu, lafal doa berikut bisa Mama bacakan dengan harapan si Kecil nanti tumbuh sebagaimana mestinya.

Adapun bunyi bacaannya adalah sebagai berikut:

Allaahummaj ‘alhu shahiihan kaamilan wa’aaqilan haa dziqan wa’aaliman’aamilan, Allaahumma thawwil umrahu washahhih jasadahu wahassin khuluqohu wafashshih lisaa nahu, Wa ahsin shautahu li qiraa atil hadiitsi wal qur’aan, Wawasi’rijqahu, Wajalhu insaanan kaamilan saaliman fiddunya wal aakhirah, Bibirakati sayyidinaa Muhammaddin shallallaahu’alaihi wasallam wal hamdu lillahi rabbil’aalamiina Aaamin, aamin aamin yaa robbal aalamin.

Artinya: "Ya Allah semoga Engkau jadikan bayi ini sehat, sempurna, berakal cerdas dan mengerti dalam urusan agama. Ya Allah semoga Engkau memberikan kepada bayi ini umur yang panjang, sehat jasmani dan rohani, bagus budi perangainya, fasih lisannya Serta bagus suaranya untuk membaca dan Al Quran Dan tinggikanlah derajatnya Dan luaskanlah rizkinya Dan jadikanlah bagi manusia yg sempurna selamat di dunia dan akhirat. Dengan berkahnya Nabi besar Muhammad SAW dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam aamin, aamin aamin yaa robbal aalamin Kabulkanlah doa kami, kabulkanlah doa kami."

5. Membaca tiga surat terakhir dalam Al-Quran

5. Membaca tiga surat terakhir dalam Al-Quran
Freepik

Selain Al-Fatihah dan ayat-ayat sebelumnya, Mama juga dianjurkan melafalkan ketiga surat terakhir dalam Al-Quran berupa An-Nas, Al-Falaq, dan Al-Ikhlas. Adapun ketiga surat tersebut memiliki keutamaan sebagai penjaga umat muslim sekaligus membuat diri mudah merasa cukup.

Mama bisa membacanya selepas salat atau kapan saja. Dengan membaca ketiga surat ini, diharapkan calon Buah Hati nanti selalu diberikan kesehatan dan keselamatan sampai waktu persalinan nanti.

6. Membaca surat Al-Hasyr

6. Membaca surat Al-Hasyr
Freepik

Surat ke-59 dalam Al-Quran atau surat Al-Hasyr juga menjadi doa yang bisa dipanjatkan dan diamalkan bagi semua ibu hamil. Jika dibaca secara rutin, maka manfaat yang akan dirasakan di antaranya adalah terhindar dari gangguan jin serta didoakan oleh 70.000 tentara malaikat yang dikirim Allah SWT.

Mama bisa membacakan surat Al-Hasyr sambil mengusap perut mama, atau bisa dibacakan juga oleh Papa sebanyak tujuh kali yang kemudian ditiupkan ke perut mama.

7. Doa yang bisa dipanjatkan Papa untuk kesehatan Mama dan calon buah hati

7. Doa bisa dipanjatkan Papa kesehatan Mama calon buah hati
Pexels/amina-filkins

Tak hanya bacaan doa di atas, berikut terdapat doa yang bisa dibaca oleh Papa selama masa kehamilan mama. Doa berikut diharapkan dapat senantiasa menjaga dan melindungi Mama serta janin yang dikandung.

Berikut doa yang dianjurkan untuk Papa bacakan selama Mama mengandung, ialah:

“Allahummahfadz waladî mâ dâma fî bathni zaujatî wasyfihi anta asy-syâfi lâ syifâ`an illâ syifâuka syifâ`an lâ yughâdiru saqaman. Allahumma shawwirhu fî bathni zaujatî shûratan hasanatan watsabbit qolbahu îmânan bika wa bi-Rasûlika. Allahumma akhrijhu mim bathni zaujatî waqta wilâdatihâ sahlan wa taslîman. Allahumma ij’alhu shahîhan kâmilan wa ‘âqilan hâdziqan ‘âmilan. Allahumma thowwil ‘umrohu wa shahhih jasadahu wa hassin khuluqohu wa afshah lisânahu wa ahsin shautahu liqirooatil hadîtsi wal qur`ânil ‘adzîm bibarokati Muhammadin shallallâhu ‘alaihi wasallam. Walhamdulillâhi Robbil ‘âlamîn.

Artinya: “Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkan ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit.

Ya Allah, bentuk ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu pada Rasul-Mu. Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat.

Ya Allah, jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, banyak beramal. Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca hadits dan Al-Qur’an Yang Agung, dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam.”

Itu dia kumpulan doa agar janin kuat, sehat, dan normal. Semoga bacaan doa di atas bermanfaat dan bisa diamalkan untuk Mama yang tengah mengandung.

Selamat menjalani kehamilan yang sehat, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.