Kenali Gejala Dysgeusia Saat Trimester Pertama

Duh sedih! kue favorit Mama juga terasa pahit saat hamil muda

13 April 2019

Kenali Gejala Dysgeusia Saat Trimester Pertama
mumsgrapevine.com.au

Bukan hanya pusing atau mual, salah satu gejala yang akan dialami oleh ibu hamil di trimester pertama adalah dysgeusia atau metallic taste.

Gejala ini cukup mengganggu ketika ibu sedang hamil muda.

Sebenarnya apa itu dysgeusia. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Mengenal dysgeusia saat awal kehamilan

1. Mengenal dysgeusia saat awal kehamilan
infozuby.ru

Saat masuk masa kehamilan pertama, apakah Mama pernah merasakan makanan yang masuk ke mulut terasa pahit? Duh, rasanya seperti orang yang sedang sakit. Ini merupakan gejala dysgeusia.

Dysgeusia adalah rasa pahit yang sangat tajam pada mulut yang biasanya akan dirasakan ketika makan bahkan minum air putih, tapi kadang kala rasa pahit itu tidak dirasakan.

Rasa pahit ini akan muncul ketika adanya peningkatan estrogen yang mengubah sensasi rasa metalik yang dapat menghilangkan selera.

Gejala ini cukup mengganggu, karena makanan yang seharusnya menjadi tambahan gizi bayi yang ada di dalam kandungan menjadi sulit masuk ke mulut karena rasa pahit tersebut. Biasanya gejala ini akan mulai surut pada trimester kedua.

Editors' Picks

2. Perubahan pada rasa

2. Perubahan rasa
amazonaws.com

Dilansir dari whattoexpect.com, rasa pahit yang diakibatkan dysgeusia seperti meletakkan metalik atau logam di mulut.

Satu studi menemukan bahwa 93 persen ibu hamil melaporkan beberapa perubahan selera selama kehamilan diakibatkan dysgeusia, jadi ini merupakan gejala yang normal dialami setiap ibu hamil di trimester pertama.

Bukan cuma pahit, dysgeusia dapat mengubah rasa pada mulut Mama menjadi rasa asin, rasa gosong, dan rasa tengik. Sebagian Mama juga akan merasakan mulut terasa kering, jantung berdebar, dan dehidrasi.

3. Bagaimana mengatasinya?

3. Bagaimana mengatasinya
growingyourbaby.com

Berikut ini adalah cara sederhana untuk menyingkirkan metallic taste sehingga dapat mengembalikan selera makan Mama.

1. Makan atau minum buah asam

Rasa pahit ini akan hilang jika Mama rutin mengonsumsi makanan asam, seperti jeruk, mangga muda, minum jus buah, atau makan permen asam.

2. Air asin

Siapkan satu sendok teh garam dalam 237ml air. Larutkan garam dan air. Kumur-kumur dengan baik. Larutan air asin ini dapat menetralkan tingkat pH dan menyingkirkan rasa yang pahit saat hamil trimester pertama.

3. Ubah vitamin prenatal

Tidak semua vitamin prenatal sama dan beberapa vitamin justru akan menimbulkan pahit pada lidah. Mama perlu berkonsultasi pada dokter untuk mengganti vitamin yang lebih bersahabat untuk kondisi lidah dan mulut. Vitamin yang tepat dan tidak menimbulkan rasa pahit kemungkinan tidak akan merusak selera makan Mama.

4. Makan rujak

Hmmmm...ibu hamil mana yang nggak memilih rujak untuk mengatasi rasa pahit saat hamil muda. Meski makan sedikit, dengan tingkat kepedasan yang wajar, rujak yang lengkap dengan beraneka ragam buah-buahan asam cukup membantu menghilangkan dysgeusia.

Itulah hal-hal yang perlu ibu hamil ketahui mengenai dysgeusia. Apakah kamu mengalaminya?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!