7 Tips Jitu untuk Mengatasi Rasa Cemas Selama kehamilan

Lakukan tips ini untuk mengurangi rasa cemas berlebih selama kehamilan, Ma

11 Mei 2020

7 Tips Jitu Mengatasi Rasa Cemas Selama kehamilan
healthline.com

Kecemasan adalah salah satu konsep yang sulit dipahami sampai seseorang mengalaminya sendiri. Rasa cemas yang dialami setiap orang berbeda-beda. Bagi orangtua, ada kecemasan saat kehamilan, ada juga kecemasan pasca melahirkan.

Jika Mama mengalami kecemasan, ini normal. Rasa cemas bisa berarti Mama menginginkan hal yang terbaik bagi janin dan keluarga. Namun, kecemasan yang berlarut-larut dapat membahayakan janin maupun Mama.

Jika Mama menderita kecemasan, ketahuilah bahwa Mama tidak sendirian dalam hal ini. Bahkan, wanita dua kali lebih berisiko mengalami gangguan kecemasan dibandingkan dengan pria.

Untuk mengatasi kecemasan selama kehamilan, Popmama.com mengulas beberapa tips untuk Mama. Apa saja ya?

1. Kelas hypnobirthing

1. Kelas hypnobirthing
Popmama.com/Sari Dewi

Kelas hypnobirthing dapat mengubah ramalan emosional Mama untuk kehamilan dan persalinan. Kelas ini diselenggarakan untuk mempersiapkan Mama menghadapi persalinan dengan tenang. Beberapa manfaat yang akan Mama peroleh dari mengikuti kelas ini antara lain:

  • Memberikan pikiran positif selama masa kehamilan,
  • lebih mengenal kondisi tubuh selama hamil,
  • meningkatkan peran pasangan,
  • Mama belajar berkomunikasi dengan janin,
  • menanamkan sugesti positif saat akan melahirkan,
  • melenturkan tubuh.

Jika Mama belum sempat mengikuti kelas ini, terutama pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, Mama dapat mengunduh aplikasi. Salah satunya adalah Headspace yang memiliki paket khusus yang dapat membantu Mama mengurangi rasa cemas dan mempererat ikatan dengan calon bayi.

2. Menulis jurnal

2. Menulis jurnal
freepik.com/evening_tao

Rasa cemas Mama mungkin disebabkan oleh beberapa hal misalnya ketika Mama membutuhkan waktu lama untuk hamil atau mungkin Mama pernah mengalami keguguran. Hal ini menyebabkan Mama menjadi cemas secara berlebihan dan semakin memburuk ketika mendekati tanggal kelahiran.

Apa yang bisa Mama lakukan? Salah satu hal yang dapat membantu adalah dengan menulis jurnal. Pertama, tulis ketakutan Mama secara terperinci, apa yang Mama rasakan, dan apa penyebabnya. Kemudian tulis juga rencana Mama untuk mengatasi rasa cemas itu.

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa rutin menulis jurnal, terutama tulisan yang mencurahkan luapan emosi, akan membantu pikiran menjadi lebih rileks dan mengurangi tekanan yang dirasakan.

Ketika Mama menulis jurnal dan berkonsentrasi dengan apa yang ditulis, Mama akan mengalami penurunan dalam hal berpikir negatif. Ini dapat mengurangi tingkat kecemasan.

Editors' Picks

3. Tetapkan beberapa aturan dasar

3. Tetapkan beberapa aturan dasar
Freepik

Fokus pada kegiatan harian yang harus Mama jalani.

Mama harus menyadari bahwa ada hal-hal yang dapat dikendalikan dan ada yang tidak. Ini akan membuat Mama lebih santai tentang segala hal.

Mungkin ini lebih mudah untuk dikatakan daripada dilaksanakan, namun jika Mama merasa tertekan, paksa diri untuk menarik napas dalam-dalam. Dan coba untuk membatasi rasa cemas tersebut.

4. Terapi musik

4. Terapi musik
Freepik/wavebreakmedia

Kecemasan bisa menjadi bagian normal dari menjadi orangtua, dan merupakan ide yang bagus untuk mempersiapkan diri sebelum bayi lahir. Meskipun selama kehamilan atau bahkan setelah bayi lahir, hidup Mama akan penuh dengan hal-hal yang tidak dapat ditebak, setidaknya Mama sudah mempersiapkan diri.

Terapi adalah salah satu cara mama mempersiapkan diri untuk menyambut kelahiran. Misalnya terapi musik. Terapi ini dapat membantu Mama untuk mengurangi kecemasan selama hamil sampai menjelang kelahiran. Selain itu, musik juga dapat meningkatkan kualitas tidur Mama, lho.

5. Membaca buku

5. Membaca buku
Freepik/tirachardz

Salah satu kegiatan yang dianjurkan untuk mengisi waktu luang selama hamil adalah membaca buku. Buku-buku tentang kehamilan, kelahiran, dan bayi akan menambah informasi Mama sehingga akan mengurangi rasa cemas.

Membaca merupakan salah satu medium relaksasi selama kehamilan. Luangkan waktu untuk membaca buku yang Mama sukai. Tidak punya waktu banyak? Sekitar 15 menit setiap hari dapat membuat pikiran menjadi lebih santai, Ma.

Selain itu, membaca buku untuk calon bayi juga dapat membangun kedekatan Mama dan calon bayi. Suara Mama memberikan efek menenangkan bagi janin yang ada di dalam kandungan.

6. Temukan dokter kandungan yang tepat

6. Temukan dokter kandungan tepat
Freepik/pressfoto

Salah satu cara untuk mengurangi kecemasan adalah dengan menemukan dokter kandungan yang tepat untuk Mama. Dokter ini mungkin memiliki pengetahuan dan cara penyampaian yang baik sehingga membuat Mama menjadi lebih santai.

Tanyakan kepada mereka tentang apa saja pemantauan yang akan mereka lakukan untuk Mama di trimester ketiga. Diskusikan tentang rencana darurat.

Selain dokter kandungan, Mama juga dapat berkonsultasi dengan terapis. Mama dapat menjelaskan tentang ketakutan dan kecemasan Mama. Mengikuti grup ibu hamil juga dapat memberikan Mama tambahan semangat untuk mengurangi rasa cemas.

7. Yoga, olahraga, dan meditasi

7. Yoga, olahraga, meditasi
Freepik

Yang harus Mama ketahui adalah bahwa semua kekhawatiran itu tidak membuat perbedaan. Itu tidak membuat Mama merasa lebih siap atau baik-baik saja. Alih-alih menyelesaikan masalah, kecemasan malah membatasi Mama dalam menikmati masa-masa hamil.

Yoga, olahraga, atau meditasi merupakan beberapa hal yang dapat Mama lakukan. Selain baik untuk kebugaran, aktivitas tersebut akan membuat Mama menjadi lebih santai dan siap ketika waktunya melahirkan.

Itulah tujuh tips jitu yang mampu menghilangkan kecemasan selama masa kehamilan. Rasa cemas adalah normal, Ma. Namun yang terpenting, jangan terlalu keras pada diri sendiri, nikmati masa kehamilan, dan jangan terlalu khawatir dengan segala sesuatu.

Semoga bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.