5 Hal Yang Paling Mengejutkan Mama tentang Kehamilan Kembar

Selain membahagiakan, ada hal-hal yang mungkin membuat Mama terkejut

23 Juli 2020

5 Hal Paling Mengejutkan Mama tentang Kehamilan Kembar
Freepik

Saat pertama kali Mama mengetahui bahwa Mama akan memiliki bayi kembar, Mama mungkin akan terkejut sekaligus bahagia.

Di saat yang bersamaan, Mama juga mengalami morning sickness serta gejala kehamilan lainnya. Tapi mungkin ada beberapa hal yang mengejutkan Mama yang berhubungan dengan kehamilan kembar ini.

Nah, untuk mempersiapkan diri mama lebih baik lagi, berikut Popmama.com merangkum lima hal yang mengejutkan Mama tentang kehamilan kembar.

Apapun itu, pada akhirnya Mama akan memiliki dua bayi mungil yang lucu.

1. Komentar “unik” dari orang lain akan kehamilan mama

1. Komentar “unik” dari orang lain akan kehamilan mama
Freepik/Senivpetro

Ada banyak antusiasme saat Mama mengumumkan soal kehamilan kembar. Tapi ada juga komentar yang sulit diterima dari keluarga atau kerabat.

Mungkin ada rekan atau teman yang merasa perlu untuk mencari tahu bagaimana Mama dapat mengandung bayi kembar. Bahkan ada juga yang langsung memaparkan semua kerepotan jika bayi kembar mama lahir.

Apapun itu, jangan dimasukkan ke dalam hati, Ma. Jangan biarkan komentar negatif orang lain merusak kebahagian mama, ya!

Editors' Picks

2. Merasa takjub

2. Merasa takjub
Freepik/cookie_studio

Tentu saja tidak semua komentar berkonotasi buruk. Bahkan beberapa komentar negatif itu tidak dapat menghilangkan perasaan takjub mama.

Jika Mama mengalami kehamilan kembar, baik itu alami atau buatan, ini adalah hal yang mengagumkan, Ma.

Ada kehidupan di dalam perut mama dan bukan cuma satu! Setiap ibu kembar akan memahami perasaan ajaib ini, tetapi tidak ada cara untuk benar-benar menggambarkannya.

Rasa takjub ini mungkin bisa menjadi cara alami untuk mengatasi rasa lelah akibat mual sepanjang hari di trimester pertama.

3. Betapa lelahnya mama

3. Betapa lelah mama
Freepik/katemangostar

Mama mungkin merasa takjub karena hamil kembar. Namun tidak ada tongkat ajaib yang dapat membantu Mama untuk mengatasi perasaan lelah yang Mama rasakan sepanjang hari.

Hamil kembar berarti tubuh mama bekerja dua kali lebih keras dibanding dengan ibu hamil lainnya. Mama membawa beban dua kali lipat, demikian juga dengan perubahan hormon yang menguras energi.

Tidur siang akan membantu Mama mengatasi rasa lelah. Jadi cobalah untuk tidur siang di setiap kesempatan yang Mama miliki.

Ada begitu banyak perubahan yang dialami tubuh dan tingkat kelelahan berubah seiring berlalunya waktu.

4. Bagaimana tubuh berubah drastis dan kembali normal

4. Bagaimana tubuh berubah drastis kembali normal
Freepik.tirachardz

Mama akan mengalami kenaikan berat badan seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Apakah Mama pernah mendengar kalau tubuh akan bertumbuh saat hamil? Nah, salah satunya adalah perubahan pada kaki. Mama bahkan mungkin membutuhkan sepatu dengan ukuran baru yang lebih besar.

Tentu saja perut juga ikut bertumbuh untuk menampung dua janin. Mama mungkin tidak dapat percaya bagaimana kulit dapat meregang sedemikian rupa seiring pertumbuhan janin. Itulah keajaiban tubuh!.

Tetapi jangan khawatir, Ma. Setelah melahirkan, semuanya akan kembali ke ukuran dan bentuk sebelumnya.

5. Meski merasa takut, Mama akan merasa cantik dan bersinar

5. Meski merasa takut, Mama akan merasa cantik bersinar
Freepik/bristekjegor

Ibu hamil semuanya cantik dan bersinar. Meski tubuh berubah dan Mama mendengarkan komentar negatif yang membuat Mama takut, Mama harus melewati bagian itu. Percayalah pada tubuh dan sadari betapa menakjubkannya kehamilan mama ini.

Bayangkan Mama sedang memelihara dan memberi kehidupan dua janin luar biasa yang ada dalam tubuh mama.

Kehamilan adalah waktu yang indah dan perlu dirayakan, walaupun Mama merayakannya dengan tubuh yang semakin besar dan sepatu yang semakin sempit. Nikmatilah!

Nah, itulah lima hal tentang kehamilan kembar yang akan mengejutkan Mama. Tetap semangat hingga hari persalinan tiba ya, Ma.

 Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.