Hasil Tes Kehamilan Positif, Ini 5 Daftar Hal yang Harus Dilakukan

Apa yang harus dilakukan setelah mendapatkan hasil positif dari alat tes kehamilan?

27 April 2021

Hasil Tes Kehamilan Positif, Ini 5 Daftar Hal Harus Dilakukan
Freepik/yanalya

Kehamilan merupakan hal yang dinantikan oleh sebagian besar perempuan. Ketika Mama mendapatkan hasil positif dari alat tes kehamilan, beragam emosi pun muncul. Mulai dari bahagia hingga panik karena harus mempersiapkan berbagai hal.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan di awal trimester pertama ini agar kehamilan berjalan dengan lancar. Apa saja ya?

Untuk membantu Mama, Popmama.com merangkum lima daftar hal yang sebaiknya dilakukan ketika hasil alat tes kehamilan menunjukkan positif.

1. Jadwalkan janji temu prenatal pertama

1. Jadwalkan janji temu prenatal pertama
Freepik/Freepik

Sebelum Mama mulai berfantasi tentang nama-nama bayi yang lucu dan desain kamarnya, buat janji temu prenatal pertama. Ini biasanya terdiri dari pemeriksaan lengkap, pemeriksaan darah, dan seringkali USG.

Siapkan daftar pertanyaan sebelum kunjungan, agar dokter dapat memberikan penjelasan sesuai dengan harapan mama.

Editors' Picks

2. Segera konsumsi vitamin prenatal

2. Segera konsumsi vitamin prenatal
Freepik/Wirestock
Dok. Jovee

Beragam merek dan jenis vitamin prenatal dijual di pasaran, mana yang harus dipilih? Mama mungkin akan kewalahan memilih mana yang paling tepat untuk kondisi mama. Konsultasikan dengan dokter dan sumber tepercaya lainnya terlebih dahulu.

Untungnya, ada banyak vitamin berkualitas tinggi di pasaran sekarang, jadi Mama akan memiliki banyak pilihan. Vitamin prenatal dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk merawat janin.

Jika Mama mengalami efek mual atau pusing setelah mengonsumsi vitamin prenatal, ini normal kok, Ma.

3. Bersiaplah untuk mulas dan mual di awal kehamilan

3. Bersiaplah mulas mual awal kehamilan
Freepik

Mulas dan mual bisa menyerang kapan saja selama trimester pertama dan persiapkanlah mental mama. Salah satu strategi terbaik untuk ini adalah menyimpan camilan atau permen yang dapat menghilangkan mual. Letakkan permen dan camilan itu di beberapa tempat, sehingga Mama dapat dengan cepat mengambilnya jika mendadak mual.

Tidur siang yang cukup juga dapat membantu mengatasi rasa mual dan mulas yang cenderung muncul di trimester pertama. Namun tenang, ini tidak akan berlangsung sepanjang masa kehamilann. Memasuki trimester kedua, rasa mual biasanya akan mulai berkurang. Tetapi ada ibu hamil yang mengalami mual dan muntah di sepanjang kehamilan mereka.

4. Kurangi asupan kafein

4. Kurangi asupan kafein
Freepik/KamranAydinov

Meskipun sebagian besar dari kita menyukai secangkir kopi atau teh di pagi hari, penting untuk membatasi asupan kafein saat hamil.

Ini tidak berarti Mama harus berhenti menikmati secangkir kopi kesukaan. Mama hanya perlu memerhatikan berapa banyak kafein yang masuk ke dalam tubuh.  

Bila Mama ingin benar-benar berhenti untuk mengonsumsi kopi atau teh, lakukan dengan perlahan ya. Menghentikan asupan kafein secara mendadak mungkin akan menyebabkan Mama mengalami sakit kepala dan kelelahan.

5. Buat anggaran

5. Buat anggaran
Pexels/Pixabay account

Saat bayi lahir dan bertumbuh, Mama akan membutuhkan biaya yang cukup besar untuk merawat dan mendidiknya. Jadi, buatlah anggaran untuk segala kebutuhan di masa depan sehingga Mama dan suami dapat mulai menabung dari sekarang.

Merencanakan anggaran sejak dini adalah salah satu bantuan terbaik untuk tetap tenang dan teratur ketika semua detail dan kebutuhan anak mulai bertambah banyak.

Mama juga dapat mempertimbangkan untuk menyisihkan dana khusus untuk apa pun yang tidak terduga yang muncul setelah bayi lahir.

Nah, itu daftar hal yang harus dilakukan setelah positif hamil, yang dapat membantu Mama melewati masa-masa awal kehamilan. 

Semoga bermanfaat, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk