Murah dan Enak, 6 Manfaat Buncis untuk Ibu Hamil

Yuk, cari tahu manfaat buncis selama hamil, Ma

28 Agustus 2020

Murah Enak, 6 Manfaat Buncis Ibu Hamil
Unsplash/Bob Bowie

Ibu hamil harus mengonsumsi makanan bernutrisi. Selain untuk menunjang kesehatan selama hamil, nutrisi tersebut dibutuhkan oleh janin untuk tumbuh dan berkembang.

Konsumsi sayur dan buah dapat memenuhi kebutuhan nutrisi mama selama hamil. Salah satu jenis sayuran yang murah, mudah diperoleh, serta kaya nutrisi adalah buncis.

Dalam 150 gram buncis mengandung 28 kalori, 5,66 karbohidrat, 2,6 gram serat, 1,94 gram gula, 1,42 gram protein. Selain itu, buncis juga kaya akan mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, vitamin A, vitamin K, dan folat.

Maka tidak heran jika konsumsi buncis dapat memberikan Mama segudang manfaat saat hamil. Apa saja manfaatnya? Popmama.com merangkumnya untuk Mama.

1. Menurunkan risiko penyakit jantung dan mencegah anemia

1. Menurunkan risiko penyakit jantung mencegah anemia
Freepik

Kandungan serat yang ada pada buncis membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat) dan kadar kolesterol total. Hal ini tentu baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Buncis mengandung zat besi. Seperti yang sudah diketahui, saat hamil, tubuh membutuhkan banyak darah untuk perkembangan janin. Kekurangan sel darah merah, selain dapat menyebabkan anemia, juga dapat mengganggu perkembangan janin.

2. Memperkuat tulang

2. Memperkuat tulang
maddencoindonor.com

Dalam secangkir buncis mengandung 14 mikrogram vitamin K. Ini memenuhi sekitar 20 persen kebutuhan harian kita.

Vitamin K sendiri berperan untuk mengubah protein dalam tulang, mengoptimalkan penyerapan kalsium, serta mengurangi ekskresi kalsium dari urine.

Tidak hanya ibu hamil, janin pun memperoleh manfaat vitamin K untuk pertumbuhan tulangnya.

Editors' Picks

3. Melancarkan sistem pencernaan

3. Melancarkan sistem pencernaan
babycenter.com

Sembelit menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil. Serat yang terkandung di dalam buncis cukup tinggi, yang berperan untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Sehingga Mama terhindar dari risiko sembelit.

4. Mendukung kesehatan dan perkembangan janin

4. Mendukung kesehatan perkembangan janin
Babycenter.uk

Kandungan asam folat dalam buncis berperan untuk menjaga kesehatan janin di awal pertumbuhannya. Selain itu, folat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan otak dan sumsum tulang belakang janin.

Sedangkan untuk ibu hamil, folat dapat mencegah anemia.

5. Meredakan depresi kehamilan

5. Meredakan depresi kehamilan
Freepik/tirachardz
ilustrasi

Konsumsi folat yang cukup juga dapat mencegah kelebihan homosisteine dalam tubuh. Homosistein sendiri merupakan molekul yang dibutuhkan tubuh untuk mensintesis semua protein dalam tubuh.

Kelebihan homosistein justru dapat menghentikan suplai darah dan nutrisi lain ke otak.

Suplai darah yang menurun ke otak dapat mengganggu produksi hormon serotonin, dopamin, dan norepinefrin. Ini adalah hormon yang berperan untuk mengatur suasana hati, keinginan untuk tidur, hingga nafsu makan. Nah, jika Mama mulai merasa sedih tanpa sebab, coba deh, konsumsi buncis.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

6. Meningkatkan daya tahan tubuh
freepik.com/yanalya

Vitamin C berperan dalam hal penyembuhan dan juga mencegah luka hingga kanker. Selain itu, kandungan antioksidan yang ada pada vitamin C juga bermanfaat untuk membantu ibu hamil dalam melindungi pembentukan DNA. Antioksidan juga akan melindungi tubuh dari serangan penyakit, Ma.

Beberapa manfaat buncis untuk ibu hamil tersebut bisa Mama Dapatkan bila mengonsumsinya secara berjalan. Buncis sangat mudah diperoleh, harganya pun terjangkau. Mama dapat mengolah buncis menjadi beragam masakan agar tidak mudah bosan. Apa hidangan buncis kesukaan mama?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.