5 Makanan yang Ampuh Atasi Mual Selama Kehamilan

Tak selalu harus mengonsumsi obat untuk meredakan mual, coba makanan-makanan ini yuk

30 April 2020

5 Makanan Ampuh Atasi Mual Selama Kehamilan
Freepik/Comzeal

Trimester pertama kehamilan merupakan saat-saat yang cukup menantang bagi sebagian ibu hamil. Di trimester pertama ini tubuh banyak menyesuaikan terhadap perubahan yang terjadi. Salah satu yang seringkali muncul di trimester pertama adalah mual di pagi hari alias morning sickness.

Nyatanya, mual di pagi hari yang cukup menyiksa ini dapat diatasi dengan pengobatan yang bisa dilakukan di rumah, tanpa harus pergi ke dokter. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, kita harus membatasi diri pergi ke layanan kesehatan apabila sakit yang dialami tidak memerlukan tindakan khusus dan segera. Berikut ini Popmama.com punya rekomendasi makanan yang dapat mengurangi rasa mual saat hamil, dilansir dari parents.com:

1. Makanan asam

1. Makanan asam
Pexels/Julia Zolotova

Mungkin Mama merasa bingung, saat perut terasa 'asam', apakah ampuh melawannya dengan makanan yang asam pula? Anehnya, hal ini ternyata dapat bekerja dengan baik lho. 

Cobalah mengisap permen asam, menyeruput air dengan sari lemon, atau pun sekadar mencium aroma yang asam. Aromaterapi berbahan dasar citrus juga dapat membantu meringankan mual lho, Ma.
 

Editors' Picks

2. Mint

2. Mint
Freepik/Jcomp

Mint punya minyak atsiri yang beraroma pedas-segar. Aroma dan rasa mint ini dapat mengurangi rasa mual. Selain itu, bonusnya adalah bau mulut dan rasa asam selepas muntah dapat hilang seketika dengan mengonsumi makanan yang mengandung mint.

3. Smoothies

3. Smoothies
Freepik

Percaya atau tidak, Ma, minuman yang enak ini ternyata ampuh untuk meredakan rasa mual saat hamil. Tekstur smoothies yang lembut tapi mengenyangkan karena berasal dari buah-buahan dapat menenangkan gejolak lambung. 

Setelah mual dan muntah, makanan yang dimuntahkan perlu digantikan supaya nutrisi Mama tetap tercukupi. Mengonsumsi makanan padat saat mual, mungkin terasa tak begitu enak. Smoothies dapat menetralisir asam lambung dan meningkatkan gula darah, sehingga membuat Mama merasa lebih tenang.

4. Kraker dan trail mix

4. Kraker trail mix
Freepik

Camilan yang terbuat dari tepung, seperti kraker atau biskuit, juga dapat menenangkan perut. Selain itu, bisa juga mengonsumsi trail mix atau campuran kacang-kacangan, buah kering, dan kepingan cokelat. Makanan-makanan ini akan memuaskan rasa lapar setelah mual dan muntah, tanpa menimbulkan rasa mual atau begah berlebihan.

5. Vitamin B6

5. Vitamin B6
Freepik/xb100

Di awal kehamilan, Mama memerlukan tambahan suplemen vitamin B6 untuk menguatkan tubuh. Selain itu, tambahan vitamin B6 telah terbukti dapat menekan gejala morning sickness pada sebagian besar ibu hamil. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Mama, apakah bisa menambahkan dosis vitamin B6 untuk konsumsi sehari-hari selama mengalami morning sickness.

Apabila cara-cara di atas telah dilakukan, tetapi Mama masih merasakan mual yang intens, bahkan mengganggu kegiatan sehari-hari, pertimbangkan untuk berkonsultasi ke dokter. Mual non-stop diiringi dengan sulitnya menerima makanan dan minuman, dapat membahayakan diri Mama dan janin yang sedang dikandung. Dokter kandungan mungkin akan meresepkan obat-obatan tertentu untuk meringankan mual.

Semoga informasi ini bermanfaat. Tetap sehat dan semangat ya, Ma.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.