30 Kata-Kata Bijak untuk Menghibur Teman yang Keguguran

Apakah kamu pernah bingung bagaimana cara merespons saat teman mengatakan bahwa dirinya keguguran?

24 Mei 2022

30 Kata-Kata Bijak Menghibur Teman Keguguran
Pexels/Liza Summer

Ada kalanya kita bingung dan tidak tahu bagaimana harus merespons kabar teman yang baru saja keguguran. Karenanya, kamu mungkin butuh inspirasi kata-kata yang bisa dikirimkan untuk teman yang baru saja keguguran.

Saat mendengar kabar teman yang keguguran, apalagi jika itu teman dekat, tak jarang kita jadi kesulitan merespons dan tidak tahu harus berkata apa karena takut salah ucap.

Jika biasanya kita mudah dalam menenangkan teman tersebut di situasi lain, tapi kehilangan bayi tentu kondisi yang berbeda. Apalagi, jika itu adalah bayi yang sangat temanmu nantikan.

Karena itulah, Popmama.com akan memberikan beberapa inspirasi kata-kata bijak untuk menghibur teman yang keguguran.

Editors' Picks

Pesan Singkat yang Penuh Simpati

Pesan Singkat Penuh Simpati
Freepik/karlyukav
  • My whole heart is with you right now. Yang artinya: Seluruh hatiku sedang bersamamu.
  • No need to reply, I just want you to know that I love you and I’m so sorry that you’re going through this. Yang artinya: Tidak perlu dibalas, aku hanya ingin kamu tahu kalau aku menyayangimu dan aku turut bersedih mengetahui kamu harus melewati ini.
  • I wish more than anything that your baby was still with us. Hoping that the passing days will bring healing and peace in time. Yang artinya: Aku berharap lebih dari apa pun bahwa bayimu masih bersama kita. Semoga waktu yang berlalu membawa kesembuhan hati dan kedamaian.
  • I am truly so sorry for your loss. You’re in my heart and in my prayers. Yang artinya: Aku benar-benar turut bersedih atas kehilanganmu. Kamu ada di dalam hati dan doaku.
  • I know how badly you wanted this baby and I am truly so very sorry that this happened. Yang artinya: Aku tahu seberapa ingin kamu memiliki bayi ini dan aku turut bersedih karena kejadian ini.
  • Learning about your miscarriage broke my heart, but I know it’s nothing compared to what you’re going through. Praying for you, always. Yang artinya: Belajar dari pengalaman keguguranmu mematahkan hatiku, namun aku tahu ini tidak ada apa-apanya dibandingkan apa yang kamu lalui. Aku mendoakanmu, selalu.
  • I’m so sorry that you won’t get to hold your precious baby in your arms, but please know that they’ll always be in your heart and you’ll both always have a place in mine. Yang artinya: Aku turut bersedih karena kamu tidak bisa menggendong bayi yang kamu sayangi, tapi ketahuilah bahwa bayi itu akan selalu di hatimu dan kalian berdua selalu punya tempat di hatiku.
  • Your baby was so loved and right now, I hope you’re feeling all of that love through the pain. Yang artinya: Bayimu sangat dicintai dan saat ini, aku harap kamu bisa merasakan semua cinta itu melalui rasa sakit yang sedang kamu rasakan.
  • Sharing in your sorrow and remembering the precious life you carried. Yang artinya: Berbagi dalam kesedihanmu dan mengingat kehidupan berharga yang pernah kamu bawa.
  • There are no words I can say to take your pain away, but please know that you are loved and cherished. Yang artinya: Tidak ada satu kata pun yang bisa menghilangkan lukamu, tapi ketahuilah kamu dicintai dan dihargai.
  • Remembering your precious baby and sending you as much love and sympathy as you can possibly imagine. Yang artinya: Mengingat bayimu yang berharga dan mengirukkan sebanyak mungkin cinta dan siplmpati yang bisa kamu bayangkan.
  • I can’t imagine how you’re feeling. I’m so sorry for your loss and I’m thinking of you. Yang artinya: Aku tidak bisa membayangkan perasaanmu sekarang. Aku turut bersedih atas kehilanganmu dan aku sedang memikirkanmu.

Pesan Singkat yang Menyatakan Kamu Pernah di Posisi yang Sama

Pesan Singkat Menyatakan Kamu Pernah Posisi Sama
Youtube.com/TYF Support Group
  • I know this pain all too well. I see you and I’m here for you. Yang artinya: Aku memahami perasaan sakit ini dengan baik. Aku melihatmu dan aku di sini untukmu.
  • Please know that you’re not alone right now. Yang artinya: Ketahuilah bahwa kamu tidak sendirian saat ini.
  • This feels so wrong, it’s not fair, and I’m so sorry that you’re having to experience it. Yang artinya: Ini terasa seperti sebuah kesalahan, ini tidak adil, dan aku turut bersedih kamu harus mengalaminya.
  • Please be gentle with yourself right now and grieve in whatever way that you need to. Yang artinya: Tolong untuk bersikap lembut dengan dirimu saat ini dan berdukalah dengan cara apa pun yang kamu butuhkan.
  • I know this grief feels heavy. Please know that I can be a listening ear with an open heart who’s been there when you need it. Yang artinya: Aku tahu duka ini terasa berat. Ketahuilah bahwa aku bisa menjadi pendengar dengan hati yang terbuka karena pernah mengalaminya, jika kamu membutuhkan.
  • As hard as it is, know that this was not your fault and there was nothing you could have done differently. Yang artinya: Sekeras apa pun, ketahuilah bahwa ini bukan salahmu dan tidak ada yang perlu diubah dari apa yang sudah terjadi.
  • Wherever you’re at right now mentally, physically, and emotionally is OK. Don’t listen to anyone who tries to tell you otherwise. Yang artinya: Tak ada yang perlu kamu khawatirkan di mana pun mental, fisik, dan emosionalmu saat ini berada. Jangan dengarkan apa yang orang lain katakan tentang itu.
  • Pregnancy loss is a club that nobody wants to join, but I’m here with you and I’ll do whatever I can to support you through this. Yang artinya: Keguguran adalah perkumpulan dimana tidak ada yang ingin bergabung, tapi aku di sini untukmu dan aku akan melakukan apa pun yang aku bisa untuk membantumu melewati ini.
  • If you feel isolated right now, know that I’m here for you and you don’t ever have to be alone in your grief. Yang artinya: Jika kamu merasa diasingkan saat ini, ketahuilah aku di sini untukmu dan kamu tidak harus sendirian melewati duka ini.
  • Everyone experiences their loss differently, so please know that whatever you’re feeling is valid and you’re not alone. Yang artinya: Semua orang mengalami duka dengan cara yang berbeda, jadi ketahuilah bahwa apa pun yang kamu rasakan saat ini adalah sah dan kamu tidak sendirian.

Pesan Singkat untuk Memberi Dukungan dan Menawarkan Bantuan

Pesan Singkat Memberi Dukungan Menawarkan Bantuan
Freepik/katemangostar
  • I’m here for you always. When you need me, just let me know and I’ll be there. Yang artinya: Aku selalu di sini untukmu. Saat kamu membutuhkanku, katakan saja dan aku akan berada di sana.
  • I’m not sure what you need right now, but I do know that I will do anything in my power to help you while you grieve. Yang artinya: Aku tidak yakin tentang apa yang kamu butuhkan saat ini, tapi aku tahu bahwa aku akan melakukan segala yang kubisa untuk membantumu saat sedang berduka.
  • I’m going to drop off dinner on Tuesday at 6. You don’t have to answer the door or do anything, just be where you’re at in your grief. Yang artinya: Aku akan mengantarkan makan malam di hari Selasa jam 6. Kamu tidak perlu membuka pintu atau melakukan apa pun, aku tidak ingin mengganggumu saat sedang berduka.
  • Take as much time as you need to heal and grieve. I’m here for you if you need anything. Yang artinya: Ambil sebanyak mungkin waktu yang kamu butuhkan untuk merasa lebih baik dan berduka. Aku di sini untukmu jika kamu membutuhkan sesuatu.
  • I’m just devastated for you. I don’t know the right thing to say or do, but I know that I’m here for you if you need anything at all. Yang artinya: Aku juga merasa hancur. Aku tidak tahu apa yang sebaiknya diucapkan dan dilakukan, tapi aku tahu bahwa aku tetap di sini jika kamu membutuhkan sesuatu, apa pun itu.
  • I promise to honor your baby’s memory, always. Anytime you need me, I’m here. Yang artinya: Aku berjanji akan selalu menghargai kenangan tentang bayimu. Kapan pun kamu membutuhkanku, aku di sini.
  • I want to support you through this, but know that you might not be ready to talk yet. Just know that I’m here for you when you are ready. Yang artinya: Aku ingin membantumu melewati ini, tapi aku tahu kamu mungkin belum siap diajak bicara. Ketahuilah aku selalu ada saat kamu butuh teman bicara.
  • I don’t care what time it is or what else is going on, I will be here for you through this whenever you need me. Yang artinya: Aku tidak peduli sekarang jam berapa dan apa yang sedang terjadi, aku akan di sini kapan pun kamu membutuhkan bantuanku melewati ini.

Nah, itu dia tadi berbagai kata-kata bijak untuk menghibur teman yang keguguran. Semoga bisa menjadi inspirasi ya Ma!

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk