TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Apakah Test Pack Garis 2 Samar Positif Hamil? Ini Faktanya

Tandanya hamil atau tidak hamil, ya? Temukan jawabannya di ulasan ini!

24 November 2022

Apakah Test Pack Garis 2 Samar Positif Hamil Ini Faktanya
Freepik/Freepik

Telat haid adalah tanda awal kehamilan. Ketika sadar telah telat haid, biasanya perempuan akan segera melakukan tes kehamilan dengan test pack. Tes kehamilan mandiri ini dapat dilakukan di rumah.

Setelah melihat hasil dua garis, biasanya ia dan pasangan akan memeriksakan kehamilan ke dokter. Tujuannya, untuk mendapatkan tes hamil yang lebih akurat. Namun, bagaimana bila test pack menunjukkan dua garis yang samar?

Apabila mendapati hal tersebut, pasti muncul pertanyaan di dalam benak.

Apakah test pack garis 2 samar positif hamil?

Lantaran menunjukkan dua garis kurang jelas, tanda kehamilan pun diragukan. Nah, jika kamu mengalami hal serupa, coba baca penjelasan berikut, ya.

Popmama.com telah merangkum fakta tentang dua garis samar di test pack. Simak, yuk!

1. Tanda test pack menunjukkan kehamilan

1. Tanda test pack menunjukkan kehamilan
Freepik/4045

Sebelum menjawab pertanyaan 'apakah test pack garis 2 samar positif hamil?', kamu perlu tahu tanda test pack menunjukkan kehamilan terlebih dulu. Dengan begitu, kamu bisa memahami hasil test pack dengan cukup tepat.

Jika melihat tanda garis dua dengan jelas, maka kemungkinan besar kamu hamil. Dilansir Healthline, beberapa garis tampak memudar, tapi masih cukup jelas terlihat. Umumnya, garis positif yang memudar disebabkan kadar hormon kehamilan yang rendah.

Nah, cara kerja test pack adalah dengan mendeteksi kadar hormon kehamilan yang sering disebut human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urine. Makin banyak hormon kehamilan terdeteksi, maka makin jelas dua garis positif di test pack.

Editors' Picks

2. Tanda test pack menunjukkan tidak ada kehamilan

2. Tanda test pack menunjukkan tidak ada kehamilan
Freepik/Jcomp

Selain tanda kehamilan, test pack juga bisa menunjukkan garis penguapan atau garis evaporasi lho. Istilah ini muncul karena garis positif yang ditunjukkan test pack bisa jadi 'menipu'.

Dilansir Healthline, test pack bisa jadi menunjukkan dua garis samar.

Lantas, apakah test pack garis 2 samar positif hamil? Jawabannya adalah bisa jadi.

Garis samar bisa berarti dua kemungkinan, yakni kamu hamil atau kamu tidak hamil. Kamu tidak hamil bila garis evaporasi muncul beberapa menit sesuai dengan waktu yang ditentukan dalam keterangan penggunaan test pack.

Jika hasil cukup meragukan, coba ulangi tes kehamilan 2-3 hari kemudian. Jeda tersebut untuk memberikan waktu pada tubuh agar produksi hormon kehamilan makin banyak. 

Bila hasilnya masih garis samar maka kemungkinan kamu memang tidak hamil. Artinya, tubuh memang tidak memproduksi hormon kehamilan.

3. Inilah arti dua garis samar di test pack

3. Inilah arti dua garis samar test pack
Freepik/Jcomp

Melihat dua garis di test pack adalah harapan banyak pasangan yang sedang menjalani program hamil (promil).

Namun, terkadang hasil test pack cukup membingungkan. Alih-alih memberikan hasil dua garis jelas, tapi malah muncul dua garis samar.

Apakah test pack garis 2 samar positif hamil?

Dilansir Mayo Clinic, tanda tersebut bisa jadi adalah tanda kehamilan. Namun, tanda cukup samar karena hormon kehamilan masih sedikit dalam tubuh. Seiring dengan perkembangan janin, hormon kehamilan akan makin banyak diproduksi.

Jadi, test pack belum mendeteksi banyak hormon kehamilan dalam urine.

Perlu diingat, sebaiknya jangan buru-buru memberikan kesimpulan. Garis dua samar di test pack juga bisa berarti garis evaporasi. 

Sebaiknya, bila mendapatkan garis samar, lakukan pemeriksaan kehamilan dengan dokter. Sehingga, kamu mendapatkan hasil yang lebih akurat.

4. Penyebab dua garis samar di test pack

4. Penyebab dua garis samar test pack
Freepik/Freepik

Hasil test pack dipengaruhi oleh beragam faktor. Makanya, hasil test pack kadang tidak terlalu jelas atau samar. Berikut penyebab test pack menunjukkan garis samar:

  • Pengujian terlalu dini
  • Menggunakan tes pack kadaluwarsa
  • Tidak memeriksa hasil tepat waktu
  • Urine sangat encer. Sebaiknya, lakukan tes kehamilan di pagi hari ketika urine masih pekat.

Jadi, ada baiknya mengikuti aturan dan ketentuan yang disarankan untuk melakukan tes kehamilan. Sehingga, hasil test pack mendekati akurat.

5. Tanda kehamilan selain hasil test pack yang perlu diperhatikan

5. Tanda kehamilan selain hasil test pack perlu diperhatikan
Freepik/Freepik

Selain memperhatikan hasil test pack, kamu juga perlu mencermati perubahan tubuh. Setelah terjadi pembuahan dan embrio berkembang, tubuh akan beradaptasi secara otomatis. Tubuh akan memproduksi hormon kehamilan untuk mendukung pertumbuhan janin.

Jadi, selain menemukan jawaban atas pertanyaan 'apakah test pack garis 2 samar positif hamil?', coba perhatikan ciri-ciri hamil muda berikut:

  • Muncul bercak atau flek darah
  • Mudah lelah
  • Rasa logam di lidah
  • Payudara membengkak atau lebih sensitif
  • Kram perut
  • Mual dan muntah
  • Pusing
  • Mudah lelah, dan sebagainya.

Itulah penjelasan tentang hasil test pack. 

Ketika ragu dan mulai bertanya, "Apakah test pack garis 2 samar positif hamil?", kamu bisa melakukan tes kehamilan dengan dokter. Sehingga, hasilnya lebih akurat dan jelas.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk