Kisah Ifan Seventeen dan Citra Monica Jalani Program Bayi Tabung

Ini dia cerita Ifan Seventeen dan Citra Monica saat menjalani tindakan Ovum Pickup (OPU)

19 Juli 2021

Kisah Ifan Seventeen Citra Monica Jalani Program Bayi Tabung
Instagram.com/ifanseventeen

Pasangan hangat yang baru saja menikah pada 29 Mei 2021 lalu, Ifan Seventeen dan Citra Monika kini tengah menjalankan program bayi tabung. 

Melalui unggahan video Youtube oleh akun Ifan Seventeen TV, mereka mengabadikan momen tentang perjalanannya saat melakukan proses menjalani tindakan OPU (Ovum Pick Up) di Morula IVF, Jakarta Pusat. 

Jika Mama penasaran seperti apa cerita yang dibagikan oleh keduanya, berikut Popmama.com telah menyiapkannya khusus untuk Mama. Disimak yuk! 

Alasan Menjalankan Program Bayi Tabung

Setiap pasangan yang telah menikah, ada yang ingin langsung melakukan program hamil (promil) dan ada juga yang ingin berselancar di dunia karir terlebih dahulu. 

Setelah dua minggu menikah, pasangan Ifan Seventeen dan Citra Monica berencana untuk langsung melakukan promil dengan program bayi tabung. Netizen penasaran mengapa Ifan dan Citra melakukan bayi tabung. Dalam unggahan Instagram Ifan, ia menuliskan dalam captionya, "Banyak yang nanya kenapa kami harus menjalani proses bayi tabung, apa citra sakit? Atau aku yang tidak sehat?"

Kemudian dilanjut oleh ifan, "Slide ke2 alhamdulillah bisa menjawab pertanyaannya. Kalau kami berdua alhamdulillah sehat, cuma bayi tabung adalah salah satu saran terbaik yang diberikan setelah konsul dengan dokter canggih @carolinehutomo." 

"Faktor pertimbangannya ada beberapa, selain karna umur, kita juga pengen ini berjalan lebih cepet InsyaAllah, satu lagi ini bentuk ihtiar kita dalam meminta anak cowo sama Allah" ungkap Ifan berusaha menjelaskan. 

Nah, melalui vlog-nya, mereka tengah membagikan cerita dalam menjalani tindakan pengambilan sel telur dan sel sperma, seperti apa ya, Ma? Ini dia ceritanya.

1. Telah mempersiapkan sebelumnya sebelum melakukan operasi

1. Telah mempersiapkan sebelum sebelum melakukan operasi
Youtube.com/Ifan Seventeen TV

Dalam vlog tersebut, Ifan telah menjelaskan bahwa sebelumnya selama dua minggu ia dan Citra sudah melakukan persiapan sebelumnya. 

Persiapan itu guna menghasilkan hormon yang bagus ketika diambil saat hari di mana melakukan tindakan OPU. 

Ifan juga menceritakan apa saja yang dilakukan demi menjaga hormonnya agar tetap baik, "selama ini kita sekitar dua minggu lebih preparation buat hari ini, pada intinya memperbaiki kualitas sperma, minum vitamin, gaya hidup yang sehat, makanan dijaga,"
 

Editors' Picks

2. Diawali dengan pengambilan sperma terlebih dahulu

2. Diawali pengambilan sperma terlebih dahulu
Youtube.com/Ifan Seventeen TV

Awal cerita pada vlog-nya, dimulai dari Ifan yang melakukan pengambilan sperma terlebih di dahulu di ruang khusus untuk laki-laki. Sperma tersebut nantinya akan diletakkan dalam sebuah tabung kecil. 

Ifan menyebutkan, ia diberikan dua pilihan saat pengambilan sperma, dapat dilakukan sendiri atau dibantu oleh sang Istri. "dan aku memilih untuk dibantu oleh istri saya, begitu.." ujar Ifan. 
 

3. Penjelasan Ifan mengenai proses bayi tabung

3. Penjelasan Ifan mengenai proses bayi tabung
Youtube.com/Ifan Seventeen TV

Setelah selesai pengambilan sperma, Ifan berbagi sedikit dalam vlog-nya mengenai proses menjalankan program bayi tabung.

Ia ingin menanggapi bahwa ada tanggapan kalau proses bayi tabung itu disertai pembedahan, namun dalam vlog-nya, Ifan mengatakan "bahwa proses bayi tabung tidak sampai pembedahan, tidak ada operasi,"

Kemudian Ifan menambahkan, bahwa proses pengambilan sel telur itu menggunakan jarum yang dimasukkan untuk mengambil sel telur menggunakan bius total. 
 

4. Setelah Ifan, gantian Citra untuk mengambil sel telur

4. Setelah Ifan, gantian Citra mengambil sel telur
Youtube.com/Ifan Seventeen TV

Kalau tadi Ifan sudah melakukan pengambilan sperma, kini gantian untuk Citra Monica dengan pengambilan sel telurnya. 

Dalam vlog-nya, terlihat Citra memasuki ruangan khusus untuk tindakan pengambilan sel telur dengan menggunakan pakaian, hair cap, dan masker untuk operasi. 

"Tadi aku dibius, tidur, trus tiba-tiba bangun di ruangan yang sama," tutur Citra. 

Ifan juga menjelaskan bahwa Citra sebelum menjalankan tindakan OPU, ia berpuasa selama enam jam. 
 

5. Cerita Citra Monica setelah melakukan operasi

5. Cerita Citra Monica setelah melakukan operasi
Youtube.com/Ifan Seventeen TV

Selesai sudah aktivitas Ifan dan Citra selama di Morula IVF demi mensukseskan program bayi tabungnya. Di akhir video, Citra menceritakan bagaimana proses setelahnya.

Citra mengatakan sel telurnya berjumlah sembilan, namun yang ada isinya hanya ada lima. Lalu kelima sel telur tersebut akan dikawinkan oleh sperma yang berasal dari Ifan. 

Kemudian Citra menambahkan penjelasannya, "waktu untuk menjadi embrio itu sekitar tiga sampai lima hari, jadi nanti hari ke tiga dan hari ke lima observasi dilihat hasilnya kemudian dibekukan,"

Setelah itu, Citra mengatakan bahwa embrionya akan dibekukan terlebih dahulu, baru jika rahim siap akan dilakukan Frozen Embrio Transfer (FET).

Itulah cerita dari Ifan dan Citra yang tengah berjuang saat melangsungkan program bayi tabung. Semoga cepat diberikan kabar bahagianya ya, Ma! 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.