5 Penyebab Perempuan Sulit Hamil. Ini Solusinya!

Sulit hamil ternyata juga bisa disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat

5 Juni 2019

5 Penyebab Perempuan Sulit Hamil. Ini Solusinya
telegraph.co.uk

Setelah pernikahan lebih dari 3 tahun, pasti kamu dan pasangan sering mendapat pertanyaan, “kapan berencana untuk memiliki momongan?” Sebenarnya ini kadang malah membuat kamu stres, pada akhirnya sebagian perempuan yang mengalami hal ini akan berpikir bahwa mendapat kesempatan untuk menjadi seorang mama adalah hal yang sulit. 

Kehamilan merupakan anugerah Tuhan yang pasti sangat dinanti-nantikan oleh pasangan yang sudah menikah. Jika sudah berusaha namun belum juga mendapatkan keturunan, padahal sudah rutin melakukan hubungan suami istri bahkan usaha terus dilakukan selama bertahun-tahun menikah mungkin ini bisa menjadi solusi untuk kamu dan pasangan.

Ini lho, penyebab kehamilan terhambat!

1. Menopause dini

1. Menopause dini
Pixabay/AlexVan

Ini adalah kasus yang cukup jarang terjadi. Seorang perempuan mengalami menopause dini, yaitu kondisi saat menstruasinya sudah berhenti pada usia yang relatif muda. Pada kondisi normal, wanita akan mengalami menopause pada usia 40 tahun ke atas.

Pada kasus menopause dini, perempuan tiba-tiba akan berhenti mengalami menstruasi sebelum 40 tahun. Inilah yang membuat kamu tidak memiliki sel telur yang dapat dibuahi oleh sperma setelah melakukan hubungan intim dengan suami.

2. Pola hidup tidak sehat

2. Pola hidup tidak sehat
freepik.com

Ini adalah penyebab sulit hamil yang paling sering terjadi. Jika saat ini kamu bekerja dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja dibanding di rumah, mungkin ini bisa jadi salah satu pemicunya. sebenarnya tidak ada masalah dengan perempuan yang bekerja, ini bisa menjadi kendala jika tekanan yang kamu dapat dari apa yang kamu kerjakan benar-benar menyita waktu dan pikiran kamu.

Saat bekerja, kamu sering kali dihadapkan dengan deadline yang bisa membuat waktu makan terlewatkan. Kadang kamu memilih fast food dan kurang memerhatikan gizi dari menu yang kamu pilih. Semua itu bisa menjadi penyebab sulit hamil.

Selain waktu makan yang berantakan, biasanya pola tidur juga tidak teratur. Terlalu memikirkan pekerjaan, sampai waktu istirahat di malam hari juga tetap merasa tidak nyaman. Selalu terbayang tugas-tugas di kantor, sampai kadang mood kamu rusak karena masih harus melanjutkan pekerjaan setelah sampai di rumah.

Editors' Picks

3. Gila olahraga

3. Gila olahraga
Unsplash/Bruno Nascimento

Olahraga memang penting dilakukan demi kesehatan. Melakukan olahraga secara rutin baik untuk kesehatan. Tapi bukan berarti olahraga boleh dilakukan secara berlebihan, terutama jika kamu sedang menyiapkan kehamilan.

Seringkali kita jumpai para wanita karier yang menghabiskan waktunya untuk bekerja, kemudian pulang langsung ke tempat gym. Hal itu memang baik untuk pembentukan badan dan pembakaran lemak. Padahal lemak itu sendiri dapat merangsang produksi hormon estrogen yang berperan penting dalam kehamilan.

Maka, sebaiknya kurangi aktivitas fisik berlebihan jika kamu ingin cepat hamil. Paling tidak, kalau kamu memang tidak bisa mengurangi jam kerja, cobalah untuk mengurangi waktu gym. Ini  bisa jadi solusi cepat hamil untuk kamu.

4. Menunda kehamilan terlalu lama

4. Menunda kehamilan terlalu lama
Freepik/makyzz

Kasus ini sering sekali terjadi pada pasangan nikah muda atau pasangan yang ingin meniti karier terlebih dulu sebelum memiliki keturunan. Sebagian orang merasa punya anak bisa menghambat langkahnya dalam mencapai karier ke level yang lebih tinggi. Atau ada juga yang memiliki alasan masih ingin menikmati waktu berdua.

Mereka pun kemudian menunda kehamilan sampai beberapa tahun. Sayangnya, penundaan ini tidak bisa berhenti saat itu juga ketika pasangan tersebut menginginkan kehamilan. Penundaan kehamilan biasanya menyimpan efek jangka panjang. Jika kamu sudah punya rencana memiliki anak namun kenyataan tidak sesuai dengan harapan pasti membuat kamu kecewa.

Hal ini disebabkan oleh berkurangnya produksi sel telur seiring bertambahnya usia. Jadi, cobalah untuk mempertimbangkan penundaan kehamilan.

Jika memang perlu menunda, konsultasikanlah ke dokter kandungan atau bidan apakah penundaan ini bisa dihentikan sewaktu-waktu ketika ingin memiliki momongan. Diskusikan juga ke dokter kamu, apa yang perlu dilakukan jika sewaktu-waktu kamu ingin segera mendapatkan keturunan tanpa menunda-nundanya lagi.

5. Sperma kurang sehat

5. Sperma kurang sehat
Freepik/brgfx

Pada saat pembuahan, jumlah sel sperma akan bergerak mencapai angka 20 jutaan. Nah, jika jumlah yang diproduksi lebih sedikit dari itu, maka kehamilan pun menjadi sulit untuk didapatkan. Oleh karena itu, yang perlu berkonsultasi soal kesuburan bukan hanya wanita, namun pria juga perlu.

Itulah tadi penjelasan beberapa penyebab sulit hamil yang dan solusi cepat hamil. Jika mama merasa salah satunya, maka sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter spesialis kehamilan atau bidan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga penjelasan tadi menjadi jawaban atas sulitnya mendapat kehamilan.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!