Ini Dia 5 Larangan Bagi Penderita Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Usahakan istirahat yang cukup ya Ma

12 Juni 2019

Ini Dia 5 Larangan Bagi Penderita Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)
Instagram.com/fitrop

Setelah menikah selama 5 tahun dengan Irvan Hanafi, akhirnya Fitri Tropica meng-upload cuplikan video di akun instagramnya mengenai kehamilan anak pertamanya.

Sebelumnya perempuan yang biasa dipanggil Fitrop ini harus menunda kehamilan karena menderita TBC dan divonis menderita PCOS yang membuatnya lebih sulit mendapat kehamilan secara alami.

Kamu pernah mendengar istilah PCOS?

Ya, PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome merupakan kondisi terganggunya fungsi ovarium pada perempuan yang berada di usia subur, pada kasus ini hormonnya menjadi tidak seimbang.

PCOS tidak bisa disembuhkan, namun gejala-gejalanya dapat dikendalikan, yakni dengan mengubah pola hidup yang lebih sehat.

Berikut ini ada 5 larangan yang sebaiknya dihindari bagi penderita PCOS. Langsung simak ulasannya dari Popmama.com, yuk!

1. Begadang

1. Begadang
Freepik/Dragana_Gordic

Sebenarnya tidur memiliki peran sangat penting bagi tubuh seseorang. Dengan tidur maka akan menjaga tubuh tetap sehat dan mengembalikan energi yang hilang setelah seharian penuh beraktivitas.

Pada umumnya waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tidur berkualitas yakni selama 8 hingga 10 jam setiap harinya.

Nah, larangan bagi penderita sindrom ovarium polikistik adalah begadang di malam hari.

Apabila tidak memiliki cukup tidur justru dapat membuat kamu merasa terus lapar dan mengonsumsi banyak kalori. Akibatnya berisiko terkena obesitas yang bisa berujung pada berbagai komplikasi.

2. Malas bergerak

2. Malas bergerak
Freepik/Katemangostar

Sudah barang tentu olahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Jika kamu divonis PCOS oleh dokter, maka sebaiknya jangan malas bergerak. Cobalah untuk bangkit dari rasa malas itu dan berolahraga di pagi hari.

Dengan olahraga maka dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan obesitas yang sangat rentan bagi penderita PCOS.

Kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 30 menit sehari. Manfaat yang didapat yaitu meningkatkan metabolisme tubuh dan menurunkan tekanan darah.

Baca juga: 

Editors' Picks

3. Mengonsumsi makanan tinggi gula

3. Mengonsumsi makanan tinggi gula
Freepik/Doucefleur

Sebenarnya sumber makanan utama bagi penderita PCOS ialah memiliki indeks glikemik rendah seperti sayur-sayuran, buah-buahan, gandum utuh, protein dan lemak sehat.

Sementara penderita PCOS biasanya mengalami resistensi insulin. Kondisi yang mengakibatkan tubuh tidak dapat mengolah dan memproses gula dalam darah secara normal.

Oleh sebab itu perempuan yang menderita PCOS sangat tidak disarankan untuk makan makanan yang tinggi gula, karena dapat menyebabkan diabetes.

Jadi hindari makanan olahan yang tinggi akan gula maupun asupan gula cair dengan berbagai nama seperti sukrosa, sirup fruktosa jagung dan dekstrosa pada berbagai minuman kemasan.

4. Merokok

4. Merokok
Freepik/Gelpi

Kini sudah menjadi hal yang umum bahwa banyak perempuan yang merokok.

Sebenarnya merokok pada dasarnya tidak memiliki manfaat sama sekali dan membahayakan kesehatan, terutama orang yang menderita PCOS.

Hal tersebut memiliki risiko jauh lebih tinggi terhadap penyakit yang diakibatkan oleh rokok, seperti penyakit jantung, aterosklerosis dan diabetes.

Oleh karenanya perempuan yang memiliki sindrom ovarium polikistik sangat dilarang menghisap rokok. Sebaiknya selalu menjaga kesehatan diri dengan menghindari batang rokok dari hidupmu.

5. Tidak teratur minum obat

5. Tidak teratur minum obat
Freepik

Sering dianggap sepele, namun pada kenyataannya konsumsi obat tepat waktu tidak semudah yang dibayangkan. Banyak orang yang lupa dan melewatkan waktu minum obatnya.

Sementara larangan bagi penderita PCOS berikutnya ialah menyepelekan waktu minum obat. Kondisi tersebut justru bisa menimbulkan gangguan lain untuk tubuh.

Jadi berbagai obat yang sudah diberikan untuk membantu mengatasi kondisi kamu, sebaiknya diminum secara teratur sesuai dosis dan anjuran yang diresepkan oleh dokter.

Itulah kelima larangan yang harus kamu hindarkan jika terdiagnosa PCOS.

Mengalami ketidaksuburan karena PCOS, maka usahakan tidak melewatkan jadwal konsultasi dengan dokter agar perawatan yang sedang dijalani membuahkan hasil maksimal.

Baca jugaPenantian Panjang Setelah Bebas TBC Kelenjar, Fitri Tropica Hamil!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;