8 Manfaat Bayam untuk Promil, Salah Satunya Bisa Memperbaiki Mood

Simak selengkapnya di sini manfaat mengonsumsi bayam saat program hamil

9 Desember 2021

8 Manfaat Bayam Promil, Salah Satu Bisa Memperbaiki Mood
Pexels/ Jacqueline Howell

Mengonsumi bayam saat program hamil memiliki banyak manfaat untuk calon Mama. Hal ini dikarenakan bayam mengandum vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh calon Mama. 

Selain untuk calon Mama, bayam juga bermanfaat untuk janin. Penasaran apa saja manfaat bayam untuk calon Mama?

Di bawah ini Popmama.com merangkumnya. Langsung disimak yuk, Ma!

1. Membantu perkembangan kognitif bayi

1. Membantu perkembangan kognitif bayi
Pexels/Lisa

Bayam kaya akan asam folat yang berperan penting untuk perempuan yang sedang menjalani program hamil untuk mencegah keguguran. Bayam juga berkontribusi terhadap perkembangan tulang belakang dan kognitif janin. 

2. Membantu meningkatkan mood saat promil

2. Membantu meningkatkan mood saat promil
Pexels/Lisa

Vitamin B yang terkandung di dalam bayam dapat membantu meningkatkan mood kamu selama dalam program hamil ataupun masa kehamilan.

Mengonsumsi bayam juga dapat membantu mencegah depresi dan menurunkan stres serta kecemasan. Jadi, mulailah konsumsi bayam dengan rutin untuk kesehatan janin dan juga mood calon Mama.

Editors' Picks

4. Membantu menyeimbangkan kadar kolesterol

4. Membantu menyeimbangkan kadar kolesterol
Freepik

Vitamin E dapat membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas, memperbaiki penglihatan, dan menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuh selama program hamil.

Mama bisa makan bayam yang dimasak selama kehamilan untuk mendapatkan Vitamin E yang optimal.

Mama tinggal melihat berbagai resep yang Mama suka untuk mengelola bayam sebagai sayur sehar-hari selama menjalankan program hamil. 

5. Meningkatkan imunitas tubuh selama promil

5. Meningkatkan imunitas tubuh selama promil
vegetariantimes.com

Bayam kaya akan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan imunitas Mama selama program hamil. Vitamin C dikenal dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menangkal penyakit.

6. Mengatur tekanan darah agar tetap normal

6. Mengatur tekanan darah agar tetap normal
Freepik/Racool_studio

Nitrat yang terkandung di bayam dikenal untuk mengatur tingkat tekanan darah dalam tubuh.

Tekanan darah tinggi adalah masalah umum pada ibu hamil, untuk itu cegah masalah yang satu ini sejak awal merencanakan kehamilan. 

Kandungan potasium yang tinggi dalam bayam juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan membawanya ke tingkat normal, Ma. 

7. Membantu meningkatkan penglihatan

7. Membantu meningkatkan penglihatan
Pixabay/Showmeyourflowers

Bayam merupakan sumber yang kaya akan Vitamin B1 dan Vitamin B2. Kedua vitamin ini berperan besar dalam perkembangan penglihatan dan sistem saraf janin. Vitamin B2 membantu perkembangan jaringan dan organ reproduksi di dalam tubuh. 

Jika kamu kekurangan vitamin B1 saat promil ataupun kehamilan, kemungkinan akan mengalami kondisi yang disebut neuropati perifer, yaitu kerusakan pada saraf perifier yang sering menyebabkan gejala kelemahan, mati rasa dan juga nyeri. 

8. Menjadikan kulit lebih glowing

8. Menjadikan kulit lebih glowing
Freepik/Racool_studio

Bayam merupakan sumber protein yang baik. Protein diperlukan untuk memperbaiki sel, memproduksi asam amino dalam tubuh, dan untuk menjaga kesehatan kulit, otot, dan tulang yang baik. 

Kabar baiknya, bayam bisa memenuhi kebutuhan protein calon Mama sampai batas tertentu, lho! Jadi mulai saat ini jika kamu belum mengetahui manfaat bayam yang sebanyak ini, disarankan untuk mengonsumsinya demi kesehatan selama promil dan kehamilan. 

Itulah tadi 7 manfaat bayam untuk promil. Banyak sekali manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengonsumsinya selama promil. 

Baca juga: 


 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.