Demi Cepat Hamil, Dapatkan 6 Manfaat Buah Durian untuk Kesuburan

Peluang untuk segera hamil dan memiliki anak memang membutuhkan usaha, salah satunya makan durian

11 Agustus 2020

Demi Cepat Hamil, Dapatkan 6 Manfaat Buah Durian Kesuburan
Freepik/mrsiraphol

Setelah menikah rasanya kurang lengkap jika kehadiran anak tidak kunjung datang. Faktor kesuburan menjadi sesuatu yang perlu diperhatikan dengan baik oleh pasangan suami istri ketika menginginkan keturunan. 

Tak jarang beberapa pasangan berusaha melakukan beragam cara untuk mengatasi permasalahan ketidaksuburan, termasuk dengan mengonsumsi buah durian.

Buah yang diberi julukan King of Fruits ini memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jika dikonsumsi sesuai dengan porsinya, kandungan yang ada di dalam buah durian mampu meningkatkan peluang kehamilan. 

Jika ingin mengetahui beberapa manfaat buah durian untuk kesuburan laki-laki dan perempuan, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Yuk, disimak baik-baik informasi kali ini agar bisa cepat hamil!

1. Membantu untuk menjaga berat badan ideal 

1. Membantu menjaga berat badan ideal 
Unsplash/Jim Teo

Penting untuk terus menjaga berat badan ideal agar nantinya dapat memperoleh kehamilan yang sehat. Maka dari itu, kamu sebaiknya menjaga pola makan bahkan sebelum hamil.  

Buah durian memiliki kandungan serat, mineral, air, dan lemak sehat yang seimbang. Kandungan inilah yang mampu menjaga berat badan tetap terkendali dan ideal, sehingga dapat mencegah terjadinya masalah kesuburan. 

Perlu diketahui bahwa estrogen tidak hanya dapat diproduksi oleh indung telur saja, melainkan beberapa jaringan adiposa (sel-sel lemak). 

Ketika berat badan normal, maka dapat membantu estrogen diproduksi secara seimbang sehingga dapat meningkatkan peluang kehamilan. 

2. Meningkatan motilitas atau pergerakan sperma

2. Meningkatan motilitas atau pergerakan sperma
thehealthsite.com

Buah durian yang dikonsumsi oleh laki-laki bisa membantunya meningkatkan kesuburan. Durian bersifat afrodisiak, sehingga dapat meningkatkan dorongan serta fungsi seksual pada laki-laki. 

Stamina laki-laki menjadi lebih bergairah ketika melakukan hubungan intim bersama pasangan. Bukan hanya itu saja, buah durian yang dikonsumsi oleh laki-laki dapat meningkatkan motilitas atau pergerakan sperma. 

Ketika pergerakan sperma cukup baik, maka ini menjadi tanda bahwa sperma yang dimilikinya tergolong sehat dan berkualitas. 

Semakin cepat sperma bergerak, ini juga akan meningkatkan peluang untuk bisa segera hamil. Pergerakan tersebut akan membantu sperma sampai ke sel telur, sehingga dapat melakukan proses pembuahan. 

Editors' Picks

3. Mencegah anemia yang sewaktu-waktu dapat menurunkan peluang kehamilan

3. Mencegah anemia sewaktu-waktu dapat menurunkan peluang kehamilan
Freepik/topntp26

Buah durian yang dikonsumsi oleh pasangan suami istri dapat membantu mereka dalam mencegah anemia. 

Sebuah penelitian mengatakan bahwa anemia atau kadar sel darah merah yang rendah akan menyulitkan seorang perempuan untuk bisa hamil. 
Hal ini dikarenakan perempuan yang kurang mendapatkan asupan zat besi dapat meningkatkan risiko anovulasi atau tubuhnya tidak berovulasi (tidak melepaskan sel telur). Padahal syarat untuk meningkatkan peluang hamil yakni tubuh harus terus berovulasi secara teratur. 

Demi mencegah anemia sekaligus meningkatkan kesuburan, maka asupan buah durian bisa dikonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan. 

Durian mengandung asam folat dalam jumlah besar yang penting dalam produksi sel darah merah, sehingga dapat meningkatkan kesuburan perempuan. Selain itu, kandungan tembaga dan zat besi mampu meningkatkan peran dalam pembuatan sel darah merah. 

4. Membantu kinerja fungsi seksual pada perempuan

4. Membantu kinerja fungsi seksual perempuan
Freepik

Kandungan afrodisiak pada buah durian bukan hanya dapat meningkatkan gairah seksual pada laki-laki. Jika dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan, maka akan meningkatkan kinerja fungsi seksual pada perempuan

Buah durian dapat dikonsumsi dengan membuatnya menjadi berbagai olahan sesuai selera, sehingga tidak mudah bosan dan memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. 

Kinerja fungsi seksual ini dapat meningkatkan kesuburan perempuan sehingga peluang kehamilan menjadi semakin tinggi.

5. Mencegah insomnia yang dapat menganggu kebiasaan pola hidup sehat

5. Mencegah insomnia dapat menganggu kebiasaan pola hidup sehat
Freepik/Mrsiraphol

Pola tidur yang tidak berkualitas dapat menganggu hormon dan menyebabkan ketidaksuburan. Ketika seseorang kekurangan tidur akibat insomnia, maka menyebabkan organ di dalam tubuhnya semakin tidak dapat bekerja secara optimal. 

Demi mencegah insomnia yang dapat menganggu kebiasaan pola hidup sehat, ada baiknya untuk mengonsumsi buah durian. 

Perlu diketahui bahwa ada kandungan tritofan di dalam buah durian. Tritofan disebut juga sebagai zat kimia organik, sehingga dapat menyebabkan rasa kantuk.  

Tritofan juga bisa berubah menjadi serotonin ketika rasa kantuk sudah masuk ke dalam otak. Ini membantu relaksasi otot dan membuat tidur menjadi lebih berkualitas. 

6. Meminimalisir gejala PCOS yang menghambat untuk bisa hamil 

6. Meminimalisir gejala PCOS menghambat bisa hamil 
Unsplash/Jonny Clow

Polycystic ovary syndrome (PCOS) adalah masalah kelainan hormon yang umum terjadi pada perempuan, khususnya saat memasuki usia reproduksi yang aktif.

Dilansir Mayo Clinic, perempuan dengan PCOS mungkin memiliki periode haid yang jarang atau berkepanjangan. Kondisi inilah yang menjadi hambatan untuk bisa segera memiliki anak. 

Demi meningkatkan kesuburan perempuan serta meringankan gejala PCOS, alangkah baiknya untuk mulai konsisten mengonsumsi durian. Apalagi buah ini memiliki beragam manfaat karena bersifat antiradang, antioksidan, antiobesitas, antikolesterol dan antipoliglikemik.

Secara alami, mengonsumsi durian dapat meredakan gejala-gejala dari PCOS dan meningkatkan peluang untuk bisa hamil. 

Demikian beberapa manfaat buah durian untuk program hamil yang dapat meningkatkan kesuburan. Hanya saja perlu diingat untuk tetap mengonsumsinya dalam jumlah yang normal. 

Usahakan tidak berlebihan ketika mengonsumsi durian ya!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.