Demi Istri Cepat Hamil, Begini Tips Alami Mengentalkan Sperma

Wajib dibaca untuk keberhasilan program kehamilan!

18 Januari 2019

Demi Istri Cepat Hamil, Begini Tips Alami Mengentalkan Sperma
Pixabay/sasint

Dalam menjalani program kehamilan, peran sperma sangat diperlukan untuk keberhasilan program. Organ reproduksi laki-laki yang optimal tentu menjadi penentu kualitas sperma.

Namun, tak jarang banyak laki-laki yang memiliki masalah karena sperma yang dihasilkan terlalu encer dan tidak berkualitas. Kondisi inilah yang membuat program kehamilan memiliki kemungkinan untuk gagal. 

Perlu diketahui kalau penurunan kualitas sperma ditandai dengan tekturnya terlalu cair dan berwarna bening. Sementara untuk bisa dikatakan normal, sperma seharusnya berwarna kelabu pucat, kental dan memiliki aroma khas seperti bunga akasia. 

Masalah sperma yang encer tidak bisa dianggap remeh. Sperma yang kurang dari jumlah normal dan tidak berkualitas dapat menimbulkan gangguan kesuburan pada laki-laki. 

Untuk memperbaiki kualitas sperma dan mendukung keberhasilan program kehamilan, ada baiknya untuk mulai membiasakan pola hidup sehat. Perubahan pola hidup dapat dilakukan sebagai pendukung agar sperma kembali normal dan mengental, sehingga meningkatkan kesuburan. 

Kali ini Popmama.com sudah merangkum beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai cara mengentalkan sperma agar istri cepat hamil. 

1. Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat 

1. Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat 
Freepik/javi_indy

Tidak perlu khawatir saat merasa sperma terlalu encer. Tingkat kekhawatiran yang tinggi hanya akan memicu stres. Saat stres terlalu berlebihan, kualitas sperma yang diproduksi pun bisa memburuk dan akan membuat peluang kehamilan menjadi lebih kecil. 

Kualitas sperma yang encer bisa kembali normal dan mengental dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup. Bila biasanya sering merokok, banyak mengonsumsi kafein, alkohol dan makanan cepat saji mulai sekarang perlu dikurangi. 

Kebiasaan buruk ini hanya akan membuat peluang kesuburan menurun. Ada baiknya mulai dikurangi agar benar-benar bisa menghilangkan segala pola hidup tidak sehat yang akan berdampak buruk pada kualitas sperma. 

Selain itu, untuk menjaga kesuburan selalu upayakan tidak terlalu sering begadang. Kualitas tidur yang kurang atau terlalu larut juga bisa berpengaruh. Berusahalah untuk tidur cukup, setidaknya 8 jam sehari. 

Yuk, dari sekarang perbaiki gaya hidup menjadi positif dan lebih sehat! 

Baca juga: Bahaya Rokok Terhadap Kesehatan Sperma dan Kesuburan Pria

Baca juga: Awas! 7 Makanan Ini Bisa Membunuh Sperma!

2. Mengonsumsi susu dan kurma 

2. Mengonsumsi susu kurma 
Pexels/Suzy Hazelwood

Rutin mengonsumsi susu dan kurma setiap harinya dapat membantu dalam meningkatkan kebugaran. Selain itu, keduanya juga mampu mengentalkan sperma menjadi lebih baik. 

Banyak masyarakat yang tinggal di daerah Mediterania, seringkali mengonsumsi susu dan kurma dengan mengombinasikan keduanya agar vitalitas tubuhnya terjaga setiap hari. 

Bila ingin mencoba, pastikan untuk merendam 5-7 buah kurma kering ke dalam semangkuk susu. Diamkan terlebih dahulu sekitar 2-3 jam hingga tekstur kurma menjadi lebih lembut. Setelah itu baru bisa dikonsumsi. 

Buah kurma memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dalam menjaga kualitas sperma seperti karbohidrat, serat, mineral, vitamin B1, B2, B3 dan B5.

Dari banyaknya kandungan yang ada di dalam kurma dapat meningkatkan stamina tubuh, produksi sperma dan memperbaiki kualitas sperma yang encer.

Baca juga: Meningkatkan Kesehatan Sperma dengan Lakukan 7 Cara Ini!

Baca juga: Stres Jangka Panjang pada Pria Bisa Merusak Produksi Sperma

Editors' Picks

3. Mengurangi ejakulasi terlalu sering

3. Mengurangi ejakulasi terlalu sering
Unsplash/Charles Deluvio ????

Perlu diketahui kalau frekuensi ejakulasi terlalu sering dapat memengaruhi produksi sperma semakin encer. Beberapa kali onani dalam sehari dapat membuat keluarnya sperma semakin cair. 

Jika cukup aktif secara seksual atau seringkali masturbasi setiap hari, frekuensi ejakulasi bisa berpengaruh besar terhadap penampilan fisik sperma. 

Padahal tubuh memerlukan waktu dalam beberapa jam untuk memproduksi kualitas sperma yang sehat dan normal. 

Baca juga: Selamat! Ini Dia Tanda Awal Sel Telur Berhasil Dibuahi oleh Sperma

Baca juga: Begini lho Kondisi Sperma Berkualitas agar Peluang Hamil Meningkat

4. Memperbanyak asupan zinc

4. Memperbanyak asupan zinc
Freepik

Zinc merupakan mineral yang sangat baik untuk membantu meningkatkan kesuburan laki-laki. Zinc mampu menjaga kesehatan testis dan menjaga jumlah serta bentuk sperma. Untuk itu, bila kekurangan asupan zinc akan langsung memengaruhi kualitas sperma. 

Demi meningkatkan peluang keberhasilan program kehamilan, ada baiknya untuk mulai mengonsumsi makanan yang mengandung zinc seperti kacang almond, kerang, bayam, biji labu hingga daging sapi dan domba. Selain zinc, beberapa makanan ini juga memiliki kandungan selenium yang tinggi dan efektif untuk mengentalkan kualitas sperma. 

Untuk melengkapi nutrisi lain yang mampu membantu kesuburan laki-laki usahakan untuk tidak meninggalkan asupan asam amino, asam folat, kalsium, dan vitamin D. 

Mulailah rutin dalam mengonsumsi susu, yogurt, ikan salmon, telur dan berbagai jenis sayuran hijau. Kualitas sperma bisa normal dan mengental kembali dengan rutin berbagai asupan yang menyehatkan. 

Baca juga: Cara Menjaga Sperma Tetap Sehat dengan Asupan Nutrisi yang Tepat

5. Rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E

5. Rutin mengonsumsi makanan mengandung vitamin E
Pixabay/FoodieFactor

Memperbanyak asupan makanan yang bernutrisi memang akan membantu selama program kehamilan. Selain perlu mengonsumsi vitamn B dan zinc, vitamin E juga diperlukan untuk tubuh.

Vitamin E memiliki peran dalam menyeimbangkan  hormon di dalam tubuh serta memperbaiki kualitas sperma menjadi normal kembali. Tidak perlu bingung kesulitan mencari makanan yang memiliki vitamin E karena vitamin ini bisa ditemukan pada telur, sereal, alpukat, brokoli, lobak hijau, bayam hingga kacang-kacangan. 

Itulah beberapa cara yang membantu dalam mengentalkan sperma menjadi lebih berkualitas. Semoga beberapa tips di atas bisa diterapkan dan mampu meningkatkan peluang keberhasilan saat menjalani program kehamilan. 

Baca juga: Agar Cepat Hamil, Begini Cara Melakukan Tes Pemeriksaan Sperma

Baca juga: Ciri-Ciri Sperma Sehat yang Perlu Diketahui Laki-Laki