Demi Cepat Punya Anak, Ini 6 Cara Program Hamil yang Terbukti Berhasil

Ada berbagai cara yang perlu diperhatikan saat program hamil agar cepat berhasil

28 Oktober 2020

Demi Cepat Pu Anak, Ini 6 Cara Program Hamil Terbukti Berhasil
Freepik/yanalya

Setiap orang tentu mendambakan kehidupan yang sempurna ketika sudah memiliki keluarga, termasuk dengan hadirnya seorang anak. Bagi sebagian pasangan, tanpa kehadiran anak di samping mereka dapat membuat kehidupan rumah tangga menjadi hampa dan tidak sempurna. 

Keinginan untuk memiliki anak pun bisa ditempuh dengan berbagai program hamil yang telah terbukti berhasil. Langkah tersebut ditempuh agar mampu meningkatkan peluang kehamilan. 

Jika kamu ingin mengetahui beberapa program hamil yang terbukti berhasil dengan berbagai strategi penunjang agar cepat mendapatkan anak, kali ini Popmama.com telah merangkumnya. 

Penasaran apa saja? Langsung disimak yuk, Ma!

1. Pastikan untuk menghitung masa subur secara tepat  

1. Pastikan menghitung masa subur secara tepat  
Freepik

Menghitung dan memperkirakan masa subur perempuan setelah haid bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan peluang kehamilan. Maka dari itu, penting sekali untuk setiap perempuan memiliki catatan periode haid secara detail. 

Karena siklus haid dan masa subur perempuan berbeda-beda, maka perlu menghitung masa subur sendiri. Agar lebih mudah, cobalah untuk menggunakan Popmama Tools bernama Ovulation Calculator

Selama masa subur pun, usahakan untuk terus menjaga gaya hidup dan asupan makanan yang dikonsumsi agar meningkatkan peluang kehamilan. 

2. Berusaha untuk menciptakan hubungan intim yang berkualitas bersama pasangan

2. Berusaha menciptakan hubungan intim berkualitas bersama pasangan
Freepik/lookstudio

Ketika sedang program hamil, pasangan suami istri bisa melakukan dua hingga tiga kali hubungan intim selama satu minggu. 

Hanya saja perlu diperhatikan bahwa berhubungan intim sehari sebelum waktu ovulasi akan meningkatkan peluang kehamilan. Ini dikarenakan peluang yang lebih besar ketika sperma bertemu sel telur setelah dilepaskan.

Apabila siklus haid konsisten terjadi selama 28 hari, maka ovulasi akan terjadi pada hari ke-14. Ovulasi pun akan ditandai oleh perubahan pada lendir serviks yang terlihat lebih bening. 

Editors' Picks

3. Tetap berusaha untuk menjaga berat badan tubuh agar ideal 

3. Tetap berusaha menjaga berat badan tubuh agar ideal 
Freepik/jcomp

Menurut pakar kesehatan kandungan dari Harvard Medical School, Alice Domar, PhD dijelaskan bahwa kualitas sel telur juga sangat dipengaruhi oleh gaya hidup sehari-hari. 

Kelebihan berat badan mampu meningkatkan risiko komplikasi pada masa kehamilan, seperti diabetes atau hipertensi. Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga berat badan ideal agar mampu meningkatkan peluang kehamilan. 

4. Menerapkan pola hidup sehat, sehingga dapat meningkatkan peluang kehamilan 

4. Menerapkan pola hidup sehat, sehingga dapat meningkatkan peluang kehamilan 
Freepik/Jcomp

Pola hidup sehat menjadi salah satu pendukung ketika sedang menjalani program kehamilan. Untuk mempercepat kehamilan, kamu perlu memastikan diri untuk selalu menjalani pola hidup sehat. 

Mulailah dari memperbaiki asupan makanan yang lebih bergizi seimbang. Jenis sayuran yang dipilih untuk dikonsumsi selama program hamil pun harus mengandung vitamin C, zat besi, seng, omega 3, antioksidan, dan berbagai gizi lainnya agar mendukung tubuh untuk segera bisa cepat hamil. 

Kurangi kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji, merokok, dan mengonsumsi alkohol. Usahakan konsisten menjaga pola hidup sehat, termasuk dengan rutin berolahraga. 

5. Mengonsumsi asam folat agar dapat menunjang keberhasilan program hamil 

5. Mengonsumsi asam folat agar dapat menunjang keberhasilan program hamil 
Unsplash/Noah Buscher

Ketika ingin meningkatkan program hamil agar cepat berhasil, maka perlu menunjangnya dengan asupan asam folat. 

Perlu diketahui bahwa asam folat bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan, baik itu laki-laki atau perempuan. Bagi perempuan sendiri, asupan asam folat mampu menjaga kesehatan serta fungsi dari indung telur. 

Selain itu, ketika asupan asam folat terpenuhi dengan baik, maka dapat mendukung proses pembuahan dan pembentukan bakal janin di dalam kandungan. 

Jika Mama ingin mencari sumber asam folat yang alami, maka dapat ditemui di dalam buah yang termasuk dalam keluarga sitrus. Buah jeruk, lemon, jeruk nipis hingga jeruk bali memiliki kandungan asam folat yang alami. 

6. Usahakan untuk terhindar dari stres ketika sedang menjalani program hamil

6. Usahakan terhindar dari stres ketika sedang menjalani program hamil
Freepik/cookie_studio

Stres bukanlah sesuatu yang baik untuk tubuh. Ketika stres mulai datang, maka dapat berpotensi memiliki dampak negatif untuk kesehatan termasuk untuk seseorang yang sedang merencanakan program kehamilan. 

Saat stres, hormon seperti kortisol dan prolaktin dapat menghambat serta menghentikan ovulasi. Hormon inilah yang justru dapat menghambat produksi telur. 

Demi menghindari tingkat stres agar peluang kehamilannya semakin terwujud, maka ada baiknya untuk mencari berbagai kegiatan positif. 

Carilah hiburan yang menyenangkan, misalnya meditasi, mendengarkan musik favorit, atau mungkin menghabiskan waktu bersama pasangan. Pastikan juga untuk memiliki kualitas istirahat yang cukup agar terhindar dari stres. 

Nah, itulah beberapa rangkuman terkait program hamil yang terbukti ampuh dan berhasil. 

Siap untuk mencobanya di rumah?

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.