7 Rekomendasi Aplikasi untuk Melihat Informasi Terkait Siklus Haid

Beberapa aplikasi yang memberi informasi terkait period cycle Mama secara tepat

2 Maret 2018

7 Rekomendasi Aplikasi Melihat Informasi Terkait Siklus Haid
Pixabay/kaboompics

Sebagai perempuan, kita pasti tahu betul bahwa period cycle atau siklus haid tidak semata-mata merupakan hal yang dilalui dengan begitu saja setiap bulannya.

Ada berbagai gejala yang turut memengaruhi kondisi tubuh, baik secara fisik maupun psikologi. Belum lagi, hormonal sex turut disentuh oleh perubahan hormon yang terjadi akibat haid.

Atas dasar itu, kebutuhan untuk mengetahui segala informasi terkait mengenai siklus haid yang kita alami secara pribadi sangatlah penting untuk Mama.

Mama memang dapat mengonsultasikannya kepada dokter. Tetapi, tidak memungkiri fakta bahwa Mama turut memerlukan informasi secara langsung, dimanapun dan kapanpun setiap harinya.

Menariknya, hal tersebut dapat terwujud melalui penggunaan beberapa aplikasi khusus untuk siklus haid perempuan.

Setidaknya ada 7 aplikasi terkait yang highly recommended karena manfaatnya yang memberikan semua informasi yang dibutuhkan, termasuk saran-saran yang disesuaikan pada kondisi Mama saat menghadapi haid.

1. Clue

1. Clue
vitals.lifehacker.com

Sebagai salah satu dari tiga aplikasi terkait masa haid dan proses ovulation pada iOS dan Android, Clue tidak hanya membantu Mama untuk lebih cermat mengetahui jadwal haid yang akan dialami setiap bulannya.

Sebaliknya, aplikasi yang dirancang sedemikian rupa oleh American College of Obstetricians and Gynecologists's journal ini turut menyediakan bantuan efektif melalui penyediaan informasi terkait berbagai gejala PMS. Mereka meliputi hal-hal seperti, hormonal sex, beberapa jenis rasa sakit, kondisi psikologi dan mental, emosi, cervical fluid dan semacamnya. Adapun, solusi juga disertakan dengan turut memberikan berbagai rekomendasi produk haid yang sekiranya dibutuhkan. Sangat membantu, bukan?

2. Eve Tracker App

2. Eve Tracker App
memeburn.com

Menyesuaikan karakter seorang perempuan pada umumnya, Eve Tracker App pertama-tama memberikan impression yang menggemaskan melalui tampilan aplikasi yang manis. Dalam tampilan tersebut, aplikasi khusus siklus haid perempuan ini menyediakan fitur utama yang mengusung tema seperti "Cyclescope."

Fitur ini memberikan informasi terkait gejala PMS dan proses yang akan dilalui berdasarkan horoskop atau zodiak. Hal ini dimaksudkan untuk memberi pendekatan yang nyata secara personal bagi pengguna.

3. Flo Period & Evolution

3. Flo Period & Evolution
digitaltrends.com

Menjadi sebuah keunggulan saat sebuah aplikasi yang bersifat personal menyediakan sistem yang terproteksi melalui penggunaan password. Hal inilah yang menjadi kelebihan utama dari aplikasi Flo Periode & Evolution yang turut menyediakan berbagai informasi penting mengenai siklus haid yang dijalani Mama secara personal.

Dalam perihal tersebut, aplikasi lebih lanjut lagi menghadirkan akses yang terhubung pada Apple Health App untuk pengguna iOS. Dari situ, Mama dapat melihat berbagai informasi yang akurat saat menjalani siklus haid karena aplikasi ini turut mengawasi durasi tidur, konsumsi air, aktivitas fisik dan rutinitas lainnya.

Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk mengawasi rencana kehamilan Mama sebagaimana Flo Period & Evolution turut mencatat basal temperature dan memperlihatkan masa subur Mama.

Editors' Picks

4. Period Diary

4. Period Diary
cosmopolitan.com

Jika aplikasi sebelumnya memberi proteksi melalui penyediaan sistem password yang mengunci aplikasi, Period Diary memberikan satu hal tambahan yang jauh lebih menarik, yaitu tampilan ikon dengan nama singkat "P.D" yang membuat siapapun tidak akan mengetahui bahwa Mama menggunakan aplikasi untuk masa menstruasi.

Hal ini tentu sangat efektif untuk membuat teman dan keluarga Mama tidak terdorong dengan rasa ingin tahu. Benar sekali! Cukup Mama saja yang akan mengetahui lebih dari 30 gejala dan 20 emosi yang akan dijabarkan Period Diary sesuai dengan keadaan menstruasi Mama setiap hari.

5. Ovia Fertility Period Trackee

5. Ovia Fertility Period Trackee
wareable.com

Sesuai namanya, Ovia Fertility Period Trackee sebenarnya sangat direkomendasikan untuk Mama yang sedang menbangun rencana kehamilan. Pasalnya, aplikasi tidak hanya mencatat segala informasi terkait masa menstruasi yang Mama jalani secara personal dari berbagai rutinitas fisik yang dilakukan.

Tetapi, Mama turut dibantu dengan adanya fitur "Fertility Score" yang diberikan setiap hari guna membantu Mama mengetahui masa kesuburan yang paling berpotensi untuk kehamilan.

Mama turut diberikan informasi mengenai nutrisi yang dibutuhkan dalam mempersiapkan rencana kehamilan.

6. Dot

6. Dot
itkconnect.com.au

Nama sebuah aplikasi Dot yang unik ini merupakan kepanjangan dari Dynamic Optimal Timing™. Sesuai namanya, aplikasi ini menggunakan large-sce data yang diatur untuk mengakulasi setiap  gejala, resiko dan hal-hal yang mungkin dialami lainnya saat Mama menjalani siklus haid.

Menariknya, hal tersebut dihadirkan setiap hari sehingga Mama dapat mengetahui setiap progress yang berbeda dari bulan ke bulan.

7. Cycles

7. Cycles
isl.co

Jika sebelum aplikasi terkait masa menstruasi hadir dengan mengusung konsep yang sangat pribadi, Cycles justru memilih cara yang berbeda. Aplikasi dengan tampilan yang minimalis ini dirancang dengan dorongan agar Mama dapat membagikan setiap informasi terkait masa PMS dan kesuburan Mama kepada pasangan.

Hal ini ditujukan agar pasangan dapat mengetahui dan secara otomatis memberikan sikap yang dibutuhkan Mama saat mengalami berbagai perubahn fisik, hormon dan emosi.

Jadi, Mama tidak perlu merasa risih lagi dengan Papa yang terkadang bersikap acuh saat Mama sedang menjalani masa menstruasi. Juga, tidak ada pertanyaan ini lagi, "Kamu sedang dapat, ya?"

Sekarang, Mama sudah mengetahui beberapa aplikasi khusus masa menstruasi yang baik untuk digunakan. Kira-kira, Mama akan memilih menggunakan aplikasi yang mana, nih? Selamat mencoba ya, Ma!

Itulah rekomendasi aplikasi yang bisa memberikan Mama seputar informasi yang berkaitan dengan siklus haid. Semoga bisa berguna juga bagi kamu yang sedang mempersiapkan kehamilan.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!