Tips Hamil Anak Kedua, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Berencana hamil anak kedua? Cari tahu apa saja yang harus kamu siapkan ya

26 April 2021

Tips Hamil Anak Kedua, Apa Saja Harus Dipersiapkan
Freepik

Apakah kamu berencana menambah anak? Apalagi kamu merasa anak pertama membutuhkan `teman`.

American College of Obrolaster dan Ginekologi (ACOG) merekomendasikan bahwa kamu bisa memiliki anak lagi, enam bulan sejak melahirkan anak pertama.

Namun idealnya menunggu setidaknya 18 bulan untuk memberikan tubuh fit seperti sedia kala.

Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan agar hamil anak kedua? Popmama.com merangkum berbagai informasinya untuk kamu!

1. Melakukan pemeriksaan prakonsepsi

1. Melakukan pemeriksaan prakonsepsi
Pexels/Pixabay account

Sebelum kamu secara resmi mulai mencoba mendapatkan anak kedua, lebih baik kamu melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Tanyakan kepada dokter tentang vitamin prenatal yang memiliki asam folat.

Asam folat membantu melindungi terhadap cacat lahir, seperti Spina Bifida. Juga bekerja selama tahap awal kehamilan, jadi itu sebabnya penting untuk memastikan mendapatkan cukup asam folat bahkan sebelum kamu hamil.

2. Hitung masa subur kamu dengan ketahui siklus menstruasi

2. Hitung masa subur kamu ketahui siklus menstruasi
Freepik

Jika kamu ingin segera hamil lagi, kamu mulai mengetahui sikulus masa subur. Kamu bisa melakuannya dengan menghitung siklus menstruasi.

Dengan kata lain, ovulasi adalah waktu terbaik untuk hamil. Ini adalah waktu untuk fokus pada berhubungan seks.

Joanne Piscitelli, MD, seorang profesor Ginekologi di Duke University Medical Center di Durham, menyebutkan, siklus 28 hari cenderung berovulasi pada hari ke 14. Tapi ada juga yang waktu suburnya bisa lebih panjang atau pendek. Itu lah fungsi mengetahui siklus menstruasi.

Editors' Picks

3. Jangan khawatirkan posisi seks

3. Jangan khawatirkan posisi seks
Freepik

Posisi seks terbaik untuk hamil sangat banyak disarankan. Salah satunya, posisi misionaris lebih baik untuk memaksimalkan peluang kamu bisa segera hamil. Namun itu hanya mitos.

Posisi serviks perempuan tidak akan berubah. Jadi, bagaimana posisi yang kamu lakukan, hasilnya tetap sama.

Apa lagi, kalau kamu sudah mulai menggunakan tantra atau gaya lainnya, tetap saja sperma akan bekeja sebagaimana mestinya.

4. Tetap di tempat tidur setelah hubungan intim

4. Tetap tempat tidur setelah hubungan intim
Freepik/bearfotos

Kamu mungkin pernah mendengar mitos ini, berbaring di tempat tidur dengan kaki diangkat setelah berhubungan seks untuk meningkatkan peluang kamu untuk hamil. Tidak sepenuhnya benar!

Hal yang benar, kamu harus berbaring setelah berhubungan seks sekitar 10 hingga 15 menit. Untuk memastikan sperma akan masuk ke serviks.

"Ini saran yang bagus untuk berbaring di tempat tidur selama 10 hingga 15 menit setelah hubungan seksual, tetapi kamu tidak perlu mengangkat kaki. Jika kamu menunggu 10 hingga 15 menit, sperma yang akan masuk ke serviks akan berada di serviks," kata Goldfarb. 

5. Jangan berlebihan berhubungan seks

5. Jangan berlebihan berhubungan seks
Freepik/master1305

Demi segera hami, kamu dan pasangan memforsir hubungan seks. Berhubungan seks setiap hari bahkan selama ovulasi tidak harus meningkatkan peluang kamu untuk hamil. Kamu hanya perlu memastikan waktu ovulasi terbaik kamu, dilakukan secara teratur.

"Secara umum, setiap malam di sekitar waktu ovulasi membantu meningkatkan peluang kamu untuk hamil. Sperma dapat hidup hingga 5 hari di dalam tubuh kamu. Saran terbaik adalah melakukan hubungan seks secara teratur ketika kamu berovulasi," tambahnya.

6. Kurangi stres

6. Kurangi stres
Pexels/alex-green

Cobalah untuk tidak stres jika kamu ingin hamil lagi. Stres sebenarnya bisa mengganggu ovulasi. Jadi semakin santai kamu, semakin baik! Apa pun yang membantu kamu menghilangkan stres, asalkan sehat.

"Ada beberapa bukti bahwa akupunktur dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan peluang kamu untuk hamil. Atau lakukan apapun yang bisa membuat kamu lebih rileks," kata Goldfarb.

7. Jalani hidup yang sehat

7. Jalani hidup sehat
Freepik/pressfoto

Berolahraga adalah kebiasaan sehat, terutama jika itu membantu kamu tetap pada berat badan ideal. Namun juga jangan terlalu berlebihan dalam berolahraga, membuat tubuh tidak bisa berovulasi.

Cara terbaik untuk meningkatkan peluang kamu hamil dengan olahraga ringan dan teratur, seperti jogging atau yoga. Kamu disarankan berolahraga dua setengah jam setiap minggu (atau setidaknya 30 menit setiap hari).

Berhenti merokok untuk meningkatkan peluang kamu untuk hamil. Kebiasaan buruk ini juga mengurangi kesuburan. Juga memengaruhi kadar estrogen dan ovulasi. 

Ternyata apapun yang dilakukan berlebihan memang tidak bagus. Jadi, jika kamu ingin hamil lakukan hubungan seks secara rutin di masa ovulasi. Juga berolahraga teratur.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.